Terapkan Tips Berikut Agar Paket Internet Lebih Hemat

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by bontilicious, Aug 14, 2017.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    36
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Ponsel pintar kini menjadi benda yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang. Semenjak teknologi di ponsel berkembang, kini masyarakat pun seolah kecanduan untuk terus menerus menggunakan ponsel pintar ini. Namun ponsel sepintar apapun jika tidak diisi dengan kuota atau paket internet tentu tidak bisa difungsikan juga sehingga pengguna akan terus-menerus dituntut untuk mengisi kuota internet. Itulah mengapa banyak yang mencari paket internet murah sehingga tetap bisa mengisi kuota data internet tanpa memberatkan isi dompet.

    Pada dasarnya jika dihitung kembali, paket internet yang disediakan oleh provider hampir sama harganya sehingga memilih yang murah juga menjadi hal yang sulit. Namun ketika memang tersedia paket yang murah meriah, justru jaringannya yang kurang bagus sehingga sama-sama tidak bisa digunakan sehingga pada akhirnya pengguna ponsel tetap harus mengeluarkan kocek dalam juga. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan langkah penghematan sehingga paket internet bisa lebih awet dengan cara berikut ini:

    [​IMG]

    1. Aktifkan hanya ketika diperlukan
    Kebiasaan hampir semua orang ketika menggunakan ponsel pintar adalah dengan selalu mengaktifkan paket data setiap waktu, setiap hari. Perlu diketahui, meski tidak sedang digunakan, namun kuota data Anda akan tetap tersedot meski sedikit sehingga jika ingin melakukan penghematan maka Anda perlu mematikan mode data pada waktu tertentu. Anda bisa mematikan mode data tersebut ketika Anda dalam posisi tidur ataupun bekerja.

    2. Pilihlah paket sesuai dengan pemakaian
    Setiap pengguna ponsel pintar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk internetnya. Untuk itu, Anda juga harus memahami seberapa besar kebutuhan Anda sehingga Anda bisa lebih mempertimbangkan agar tidak boros dalam pemakaiannya. Apabila Anda kerapkali bermain games atau suka mengunduh video dan sangat tergantung dengan internet, maka ada baiknya memilih paket internet murah tanpa batas atau unlimited sehingga bisa lebih hemat dan tidak perlu terpaku pada kuota. Namun jika penggunaan Anda normal, maka bisa memilih paketan biasa.

    3. Perhatikan kekuatan sinyal
    Perlu diketahui jika ketika di suatu lokasi sulit mendapatkan sinyal, maka sesungguhnya hal ini juga bisa menyebabkan pemakaian kuotanya menjadi lebih boros. Ketika mode data aktif, maka ponsel akan secara otomatis terus berusaha untuk bisa mencari sinyal sehingga berdampak pada pemakaian kuota yang sesungguhnya tidak diperlukan. Untuk itu, jika Anda ada di lokasi yang sulit untuk mendapat sinyal, maka non aktifkan sementara.

    4. Matikan Auto Sync
    Fitur yang satu ini memang dibutuhkan untuk bisa selalu mengupdate email otomatis. Namun hal ini akan terus menerus menarik paket kuota internet Anda. Pada dasarnya, gadget akan terus melakukan update untuk setiap saat sehingga akan memakan kuota tanpa Anda sadari.

    5. Manfaatkan Wifi

    Saat ini telah banyak tempat yang sudah menyediakan Wifi secara gratis. Untuk penghematan pulsa Anda, maka Anda perlu rajin-rajin mendatangi lokasi dengan Wifi di sana sehingga Anda tidak perlu khawatir akan memakan kuota. Pakailah Wifi jika memang Anda sengaja ingin mengunduh file dalam jumlah besar atau yang lainnya sehingga lebih hemat di kuota.

    Itulah beberapa tips pemakaian kuota internet agar bisa lebih hemat sehingga tak sering-sering isi pulsa elektrik. Paket internet murah terkadang banyak dijual secara promo atau dibatasi waktu. Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini. Jangan lupa untuk sering melakukan pengecekan pada sisa kuota Anda sehingga pengeluaran kuota bisa lebih terpantau.
     
    Rifa Firmansyah, tipkibags and Lucas like this.
  2. Lucas

    Lucas Member

    Joined:
    Aug 8, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    menarik gan infonya. Thanks
    Kasih cendol dikit! hahaha....

    [​IMG]










    kartu nama
     
  3. sangat membantu sekali gan, apalagi yang suka internetan*keren3*
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Memang harus disiasati penggunaan kuota internet, karena menurut pengalaman pribadi ane, kalo emang gak dipake ya mending matiin aja mobile network nya, daripada kuota kesedot buat hal-hal yang sebetulnya kita gak harapkan (update app yang jarang kita pakai, dan lain sebagainya) dan yang jelas manfaatkanlah wifi gratis dimana pun anda berada :D
     
  5. Gibraners

    Gibraners Member

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    127
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Pas banget nih triknya perlu buat di coba,,thanks gan atas infonya.
     
  6. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    418
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ini yang sepertinya paling susah bagi saya gan, lagi tidur aja akses internet gx pernah dimatikan kecuali ketika Smartphonenya mati baru akses internetnya ikut mati juga.
     
  7. DhyHost

    DhyHost Member

    Joined:
    Jan 22, 2019
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    tidak semua tipsnya hsa diterapkan, selama hpnya masih bisa menghasilkan duit harusnya ga masalah buloros kuota hehe
    kcuali anak muda yg hpnya hnya untuk sosmed dan game

    Sent from my Redmi Note 5 using Tapatalk
     
Loading...

Share This Page