Ternyata Beginilah Mata Tua!

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, Apr 7, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Presbiopi pada mata sangat mengganggu?
    Atasi hingga tuntas dengan Obat Alami Mata Presbiopi paling ampuh, aman, dan efektif!

    [​IMG]

    Sekilas Mengenai Mata Presbiopi

    Presbiopi adalah istilah untuk kondisi mata manusia yang kehilangan kemampuan secara bertahap untuk fokus pada objek jarak dekat. Presbiopi atau yang juga dikenal dengan istilah mata tua ini merupakan salah satu hal yang akan dirasakan manusia sebagai bagian dari proses penuaan tubuh secara alami. Lebih rincinya disebabkan karena daya akomodasi lensa mata tak bekerja dengan baik akibatnya lensa mata tidak dapat memfokuskan cahaya ke titik kuning dengan tepat, sehingga mata tidak bisa melihat yang jauh maupun dekat. Daya akomodasi adalah kemampuan lensa mata untuk mencembung dan memipih. Presbiopi dapat diatasi dengan lensa ganda yang berisi lensa plus (+) dan minus (-). Biasanya seseorang baru menyadari menderita presbiopi saat dirinya harus merentangkan lengan agar bisa membaca buku atau koran, atau ketika melihat ponselnya.

    Penyebab Mata Presbiopi

    [​IMG]
    Untuk membentuk gambar, mata manusia sangat mengandalkan kornea dan lensa mata untuk memfokuskan cahaya yang memantul dari benda. Lensa mata manusia fleksibel, bisa mengubah bentuknya untuk memfokuskan cahaya. Seiring bertambahnya usia, lensa mata mengeras dan kehilangan fleksibilitasnya. Lensa yang kaku dan mengeras ini menyebabkan lensa tidak bisa fleksibel berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya dari benda yang berjarak dekat ke retina mata, sehingga benda terlihat tidak fokus. Adapun beberapa faktor yang meningkatkan terjadi presbiopi pada mata, diantaranya :
    • Usia. Hampir semua orang akan merasakan gejala presbiopi setelah berusia 40 tahun ke atas.
    • Obat-obatan. Beberapa obat, termasuk antihistamin, antidepresan, diuretik, dihubungkan dengan terjadinya gejala presbiopi prematur atau dini.
    • Kondisi medis lainnya, seperti menderita diabetes, multiple sclerosis, atau penyakit kardiovaskular.
    • Anemia, yang merupakan kekurangan sel darah merah.
    • Trauma mata atau penyakit mata.
    • Insufisiensi vaskular, atau aliran darah yang buruk.
    Gejala Presbiopi Pada Mata

    Presbiopi berkembang secara bertahap, sehingga seseorang bisa saja baru menyadari gejalanya setelah usianya melewati 40 tahun. Beberapa gejala umum presbiopi adalah:
    • Kecenderungan untuk memegang bacaan lebih jauh, agar bisa lebih jelas melihat huruf.
    • Menyipitkan mata.
    • Penglihatan kabur ketika membaca dengan jarak normal.
    • Butuh lampu lebih terang saat membaca.
    • Sakit kepala atau mata menegang setelah membaca.
    • Kesulitan membaca cetakan huruf yang berukuran kecil.
    Pengobatan Presbiopi Pada Mata

    Pengobatan presbiopi bertujuan untuk membantu meringankan ketidakmampuan mata untuk fokus pada benda berjarak dekat. Beberapa cara pengobatan presbiopi dapat dilakukan dengan :
    • Memakai kacamata. Penggunaan kacamata adalah cara sederhana dan aman untuk menangani presbiopi. Jika kacamata baca biasa tidak bisa menangani, pasien mungkin akan diresepkan kacamata berlensa khusus untuk presbiopia.
    • Menggunakan lensa kontak. Alat ini bisa digunakan bagi pasien yang tidak ingin mengenakan kacamata. Namun, lensa kontak mungkin tidak bisa digunakan jika penderita juga mengidap kondisi tidak normal pada kelopak mata, saluran air mata, dan permukaan mata.
    • Bedah refraktif. Prosedur ini bertujuan untuk mengubah bentuk kornea mata untuk meningkatkan penglihatan jarak dekat. Namun, pasien tetap membutuhkan kacamata usai pembedahan untuk aktivitas yang membutuhkan penglihatan jarak dekat.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,469
    Likes Received:
    106
    Trophy Points:
    63
    Kalau obat-obatan herbal atau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin a tidak bisa mengatasi mata tua ya gan
    kebanyakan memang faktor umur yang membuat mata kabur.
     
    Sri Mulyani likes this.
  3. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Jikapun obat herbal atau obat alami tidak bisa mengatasi, setidaknya dapat meringankan dan mencegah kemungkinan kemungkinan yang dapat ditimbulkan dari faktor presbiopi itu sendiri.
     
Loading...

Share This Page