Ternyata! Hal Ini Yang Membuat Wanita Tidak Subur

Discussion in 'General Lifestyle' started by Ahsanul basyar, Dec 8, 2017.

  1. Ahsanul basyar

    Ahsanul basyar New Member

    Joined:
    Dec 6, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Ternyata! Hal Ini Yang Membuat Wanita Tidak Subur - Setelah menikah, sepertinya tidak ada hal yang paling di inginkan oleh pasangan suami istri manapun selain hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga. Dengan hadirnya buah hati, tentu kebahagiaan sebuah pasangan suami istri akan terasa lebih lengkap dan sempurna.

    Namun bisa segera memiliki buah hati setelah menikah, terkadang sulit bagi sebagian pasangan suami istri. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah ketidaksuburan suami istri atau dikenal dengan istilah infertilitas.

    Berdasarkan statistik, penyebab susah hamil dikarenakan ketidaksuburan masing-masing pasangan. Ketidaksuburan oleh pihak istri sebesar 45%, meliputi masalah pada saluran telur, masalah ovulasi, endometriosis, rahim dan mulut rahim. Ketidaksuburan oleh pihak suami sebesar 40% , meliputi masalah pengeluaran sperma, pematangan dan produksi sperma, infeksi bawaan yang menyebabkan penyempitan saluran sperma, faktor imun, maupun faktor asupan gizi. Sedangkan 10-15% sisanya belum diketahui dan masih belum jelas.

    Oleh sebab itu, pasangan suami istri harus segera mengonsultasikan masalah infertilitas ini kedokter, supaya diketahui siapa yang memiliki masalah kesuburan agar dilakukan treatment atau terapi penyembuhan.

    Tidak perlu ada yang disalahkan ketika suami atau istri ternyata mengalami infertilitas, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi tubuh manusia sehinga bisa menyebabkan ketidaksuburan tersebut.

    Dan pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan beberapa penyebab infertilitas yang terjadi pada wanita, diantaranya:

    1. Faktor Usia

    Memasuki usia 35 tahun, kesuburan perempuan akan menurun, 95% diantaranya bisa hamil hanya setelah melakukan hubungan intim tanpa proteksi yang teratur selama tiga tahun. Pada usia 37 tahun kesuburan akan menurun drastis sampai masuk ke masa menopause yaitu usia 40-45 tahun.

    2. Gangguan Ovulasi

    Ovulasi adalah proses dikeluarkannya sel telur dari indung telur setiap bulannya. Gangguan ovulasi dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti sindrom ovarium polikistik dan gangguan kelenjar tiroid (hipertiroidisme atau hipotirioidisme).

    3. Endometriosis

    Sel selaput lendir rahim tumbuh di tempat yang salah, yaitu di indung telur. Kondisi ini dapat menimbulkan perlengketan atau kista di sekitar saluran telur atau organ reproduksi lainnya sehingga sel telur sulit dikeluarkan dan ditanamkan di rahim serta mengganggu pematangan folikel.

    4. Kelainan lendir leher rahim (serviks)

    Saat ovulasi lendir pada leher rahim lebih encer sehingga sperma dapat lewat dengan mudah. Bila lendir terlalu pekat, laju sperma bisa terhambat. Sedangkan bila terlalu asam, sperma akan mati.

    5. Kelainan mulut rahim

    Normalnya mulut rahim mengarah ke depan (antefleksi), berhadapan dengan dinding belakang vagina, sehingga sperma bisa sampai ke dalam saluran mulut rahim yang menghubungkan vagina dan rongga rahim. Penyimpangan posisi, seperti retrofleksi (rahim menghadap ke belakang), bisa menghambat kehamilan.

    6. Kelainan rahim

    Kelainan rongga rahim karena perlengketan, miom, atau polip, peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim, bisa mengganggu transportasi sperma. Kalau pun hamil, dapat terjadi persalinan prematur.

    7. Faktor lain

    Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah berat badan berlebih atau obesitas, infeksi menular seksual seperti chlamydia (dapat merusak tuba falopii), merokok, serta stres. Gaya hidup serba cepat, kompetitif, dan penuh stres ikut menyebabkan infertilitas, yaitu sebesar 15-20 persen.

    Sekian dulu ya,, Untuk Lainnya Silahkan cek di : Hidup Sehat
     
    edi sugianto likes this.
  2. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    wew, ternyata begitu ya, namun kalau masalah subur gak subur mau dihubungkan dengan kehamilan maka kehamilan itu tergantung rezeki dari yang diatas
     
Loading...

Share This Page