Ternyata Ini Alat yang Bisa Menyelamatkan Keluarga dari Bahaya Kesetrum Listrik

Discussion in 'Science' started by Abu Hanif, Feb 25, 2019.

  1. Abu Hanif

    Abu Hanif New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Nama alatnya adalah ELCB yang merupakan singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker atau istilah lain saklar pengaman arus sisa (SPAS), merupakan sebuah komponen proteksi instalasi listrik yang bekerja memutus arus listrik saat terdeteksi ada kebocoran arus listrik ke grounding atau tanah,dan yang lebih penting lagi ELCB bisa memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak antara listrik dan tubuh manusia yang bersentuhan dengan ground. ELCB mempunyai spesifikasi : Tegangan (Volt), kemampuan kontak dialiri arus (Amper), arus kebocoran sebagai syarat proteksi kerja (Amper).
    Gambar komponen dan cara instalasi lengkap bisa dilihat di artikel ELCB

    Harga kisaran IDR 350.000 s.d IDR 500.000, worthed lah jika dibandingkan fungsi atau manfaat yang kita terima.

    Prinsip kerja ELCB

    Alat ini bekerja dengan sistem differential, ELCB ini memiliki sebuah transformator arus dengan inti berbentuk gelang, inti ini melingkari semua hantaran supply ke beban atau peralatan yang diamankan, termasuk hantaran netral, ini berlaku untuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga-phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasa dengan netral. Untuk perlindungan di rumah kita memakai ELCB yang 1 phasa kecuali rumah anda dalah konsumen PLN 3 phasa.

    Dalam keadaan normal, jumlah arus yang deteksi oleh inti trafo dalam ELCB adalah sama dengan nol karena besaran arus L dan N saat normal tersebut mempunyai nilainya sama tetapi memiliki perbedaan dalam hal vektor arus yaitu arah arus yang saling berlawanan antara L dan N yang terbaca pada ELCB ini, sehingga resultan arus yang terjadi antara L dan N tersebut akan terbaca 0 Amper. Jika terjadi arus bocor ketanah, misalkan 0,4 ampere, maka keadaan seimbang ini akan terganggu, karena itu dalam inti trafo akan timbul medan magnet yang membangkitkan suatu tegangan dalam kumparan sekunder, Arus defferntial terkecil yang masih menyebabkan kontak ini bekerja disebut arus jatuh nominal (If) dari kontak. Kontak ini desain untuk suatu arus jatuh nominal dengan besaran tertentu.

    Pada saat terjadi gangguan arus yang mengalir dipenghantar phasa tidak sama lagi dengan arus yang mengalir pada netral. Mengacu pada hukum kirchof maka IL ( I Phasa ) = IN ( I Netral ) + If atau sistem dikatatakan dalam keadaan tidak seimbang, arus differensial ini dibandingkan dalam sebuat sistem trafo toroida.

    Ketidak seimbangan antara arus phasa dengan arus netral menandakan adanya arus bocor ketanah. Hal ini bisa disebabkan karena kegagalan isolasi ataupun kontak langsung antara phasa ke ground. Ketidak seimbangan arus ini akan menyebabkan fluks magnet pada toroida sehingga pada bilitan sekunder toroida akan dibangkitkan suatu tegangan yang berfungsi untuk menggerakan relai pemutus mekanisme kontak, kemudian kontak utama ELCB akan memutuskan hubungan dengan peralatan.

    Untuk instalasi rumah kita dapat memilih ELCB dengan kepekaan yang lebih tinggi yakni ELCB dengan ratting arus sisa 30 mA. Angka 30 mA tersebut adalah ambang batas kesetrum pada manusia yang jika melebihi akan membahayakan nyawa. Perlindungan yang ideal untuk instalasi listrik apapun seharusnya memiliki perangkat pengaman terhadap beban lebih ( MCB ), hubung singkat ( Fuse ) dan arus bocor ( ELCB ). Untuk mengamanka sistem dan peralatan yang kita gunakan sebaiknya sistem kita memilki pentanahan yang baik dalam arti nilai impedansi pentanahan harus sekecil mungkin agar pengaliran arus gangguan ketanah berlangsung dengan sempurna. Pentanahan yang baik bisa melindungi kita jika terjadi kebocoran arus pada body peralatan, jika peralatan tersebut ada kebocoran arus dengan ground, sebenarnya ELCB akan segera mengamankan, tetapi jika ELCB tersebut gagal mengamankan dan peralatan bocor tersebut menyentuh manusia maka arus listrik yang berbahaya akan lebih memilih mengalir pada tahanan yang lebih kecil. Oleh karena itu salah satu solusi pendukung juga selain ELCB untuk meng grounding kan setiap body peralatan listrik yang berpotensi terjadinya kebocoran arus yang membahayakan jika tersentuh manusia.

    Pada ELCB juga tersedia fasilitas tombol reset atau tes untuk meyakinkan bahwa ELCB bekerja sebagaimana mestinya. Lihat gambar, kontak reset dihubungkan dengan resistansi yang besarnya didesain untuk menghasilkan arus jika kontak reset dihubungkan, dimana besarnya arus yang dihasilkan akan terbaca seolah - olah arus bocor dan harus bisa membuat ELCB bekerja. Rangkaian reset tersebut merupakan simulasi dimana ELCB akan membacanya sebagai arus bocor dikarenakan arus yang mengalir menuju netral pada rangkaian tersebut tidak dialirkan didalam lingkaran inti trafo arus, sehingga jika tombol reset tersebut dioperasikan maka akan ada perbedaan arus L dan N yang terbaca ELCB seolah-olah sudah terjadi arus bocor, dan ELCB harus segera mengamankan dengan memutus kontaknya.

    Saya cukupkan sekian sebelum anda nambah bingung dengan penjelasan teknis diatas, dengan mengetahui informasi ini anda tinggal beli alatnya, pakailah jasa instalatir untuk memasangnya dan keluarga anda terlindungi dari bahaya listrik kesetrum terutama balita atau anak-anak yang super aktifnya bukan main, he,,he..

    Wassalam.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Keren nih, pemasanganya bagaimana
     
  3. Abu Hanif

    Abu Hanif New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    cara pemasangan langsung kunjungi tkp di signature gan, tinggal ketik di kolom pencarian "ELCB" dipandu lengkap deh, disini ga bisa posting gambar...
     
  4. Bang Roy Han

    Bang Roy Han Member

    Joined:
    Jan 28, 2015
    Messages:
    86
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Berarti ini dipasang di mana? apakah seperti travo atau semacamnya?
     
  5. Abu Hanif

    Abu Hanif New Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    dipasang
    di box mcb pembagi, jika tdk tersedia, dibuatkan box mcb yg baru sebagai tempat elcb
     
Loading...

Share This Page