Ternyata Ini Warna yang Berpengaruh Untuk Design Packaging Makanan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Raka Joon, Jun 23, 2020.

  1. Raka Joon

    Raka Joon New Member

    Joined:
    Jun 9, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    chocolate-1875967_1280.jpg

    Pemilihan warna yang ada di sebuah kemasan produk rupanya tidak bisa dipilih asal-asalan. Hal ini karena sebuah warna bisa menjadi media yang menimbulkan reaksi dan respon psikologi yang sangat beragam dari orang yang melihatnya. Maka dari itu, sebelum cetak plastik kemasan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu warna yang akan digunakan pada packaging makanan Anda.

    Untuk produk makanan, tidak hanya rasa yang menjadi kunci utama keberhasilan sebuah produk. Kesesuaian desain dengan produk yang dijual pun menjadi hal lain yang perlu diperhatikan. Guna memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk, sebuah desain bahkan harus merepresentasikan dan merangkum informasi dari produk yang dijual.

    Perkara desain produk memang bisa sangat membingungkan dan cukup rumit. Apalagi jika Anda tidak ahli terkait desain produk yang sesuai dengan standar dan bisa berdampak ke konsumen. Sebagus dan seberkualitas apapun produk yang sudah diproduksi, bisa tidak berdampak dan menarik minat konsumen jika tidak mendesain kemasan dengan baik. Sekarang ini untuk desain produk sudah lebih mudah karena banyak vendor jual plastik kemasan yang menyediakan jasa design.

    Merah
    Tanpa disadari sebenarnya ada begitu banyak produk makanan yang menggunakan warna merah. Dari segi psikologi, warna merah rupanya bisa memicu rasa lapar atau nafsu makan orang-orang yang melihatnya. Terlebih jika warna tersebut ada di logo produk makanan, kemasan, atau warna produk itu sendiri.

    Menggunakan warna merah untuk produk makanan bisa juga diasosiasikan dengan rasa pedas. Maka tepat sekali jika produk makanan yang Anda jual memang memiliki cita rasa pedas yang bisa bikin konsumen menelan ludah walau hanya melihat kemasan produk. Namun, jangan khawatir jika produk makanan yang Anda jual tidak memiliki cita rasa pedas. Pasalnya ada banyak juga restoran cepat saji yang menggunakan warna merah untuk kemasan makanannya.

    Kuning
    Selain warna merah, ada pula warna kuning yang banyak digunakan pada desain packaging produk makanan. Kerap kali warna merah dan kuning memang digunakan berbarengan karena warna kuning menciptakan kesan segar dan ceria. Perpaduan warna kuning dan merah untuk desain packaging makanan sangat dianjurkan karena keduanya bisa memicu rasa ketertarikan konsumen lebih jauh.

    Warna kuning pada desain kemasan produk bisa menjadi representasi dari produk yang segar dan memiliki rasa seperti jeruk, dan lemon. Tidak hanya itu, warna kuning juga bisa digunakan utnuk desain packaging produk makanan anak-anak.

    Oranye
    Selain warna kuning yang punya makna cerah dan energik, warna oranye pada packaging produk juga dianjurkan untuk digunakan pada produsen makanan maupun minuman. Warna oranye melambangkan semangat, kehangatan, dan kekuatan.

    Pada umumnya warna oranye akan digunakan untuk produk minuman yang memberikan rasa segar dan menyenangkan. Biasanya warna oranye akan sangat erat dan mudah dipadukan dengan situasi musim panas sehingga produk yang dijual juga bisa mencerminkan produk yang bisa dikonsumsi ketika cuaca panas.

    Hijau
    Hijau sangat berkaitan dengan warna tumbuhan dan dedaunan hijau yang sedap dipandang mata. Hal ini bisa sangat memudahkan Anda yang memiliki produk organik untuk menciptakan nuansa damai, ketenangan, segar, alami, dan organik.

    Produk-produk yang diproduksi tanpa bahan kimia dan hanya mengandalkan kekuatan alami dari bahan pangan yang digunakan bisa menggunakan warna hijau. Representasi yang tepat untuk menunjukkan produk Anda menggunakan bahan berkualitas dan ramah lingkungan.

    Cokelat
    Warna cokelat sering kita temukan di produk yang terbuat dari biji kakao. Ciri khas produk yang menggunakan warna cokelat pasti sangat lekat dengan rasa manis, kehangatan, dan kenyamanan.

    Penggunaan warna cokelat pada desain packaging bisa menunjukkan bahwa produk yang Anda jual memiliki rasa manis seperti olahan biji kakao. Cokelat juga bisa menjadi representasi dari produk yang manis dan lezat. Maka tidak heran jika hidangan pencuci mulut seperti kue, eskrim, permen, dan roti pun sering menggunakan warna cokelat.

    Itulah warna-warna yang dapat digunakan pada kemasan produk Anda. Dengan teknologi yang semaju sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan harga plastik kemasan Anda meskipun kemasan produk Anda memiliki berbagai macam warna.
     
  2. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    99
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Iya juga ya, jarang ketemu produk makanan pakai warna biru, atau sayanya yang tidak tau... :/
     
  3. Raka Joon

    Raka Joon New Member

    Joined:
    Jun 9, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ada, tp memang jarang
     
  4. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    soalny warna biru punya efek menenangkan gt jd katany bs menahan rasa lapar. makany jrg dipake buat packaging makanan
     
  5. Raka Joon

    Raka Joon New Member

    Joined:
    Jun 9, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    terima kasih atas infonya
     
Loading...

Share This Page