Ternyata Selama Ini Ditipu Provider! Ini Bedanya Mbps dengan MBps

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by Bagas Pramudita, Mar 26, 2019.

  1. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Pernah lihat provider internet yang menjanjikan kecepatan internet hingga 10 Mbps, namun ketika di test kecepatannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan?

    Pasti kalian akan berpikir telah ditipu oleh provider tersebut ya. Padahal itu adalah kesalahan kalian sendiri yang tidak memahami perbedaan antara MBps dengan Mbps.

    [​IMG]
    Coba kalian perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut menunjukkan kecepatan paket internet Bolt. Kalau dilihat, kecepatan paling tinggi yang bisa Bolt sajikan dalam paketnya bisa mencapai 70 Mbps.

    Pasti kalian akan berpikiran mampu mendownload file berukuran 70 MB dalam waktu 1 detik atau 700 MB dalam 10 detik menggunakan paket internet itu kan?

    Padahal kenyataannya salah.

    Karena saat ini kalian mendownload file dengan ukuran 'MB', sedangkan kecepatan internet kalian menggunakan ukuran 'Mb'.

    Apa bedanya? Mari kita bahas!
    [​IMG]

    Mbps = Megabit Per Second
    MBps = Megabyte Per Second


    Yaps, perbedaannya terletak di 'Bit' dan 'Byte'. Bit memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Byte, dimana ukuran Byte 8x lebih besar dibandingkan ukuran Bit.

    Jadi bisa disimpulkan bahwa 1 byte = 8 bit.
    [​IMG]

    Contoh dalam kecepatan internet, misalnya kalian membeli paket dengan kecepatan mencapai 20 Mbps, maka kecepatan yang kalian dapatkan adalah 2.5 MBps (20/8=2.5).

    *sayonara*Nah, itulah perbedaan antara Mbps dengan MBps. Semoga dapat menambah wawasan kalian ya!
     
Loading...

Share This Page