Terungkap! Ternyata Ini Alasan Angka 4 & 13 Hilang di Deretan Lantai Lift!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Feb 2, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kamu yang bekerja atau sering mendatangi gedung-gedung pencakar langit pasti sudah nggak asing dengan lift yang nggak memasukkan angka 4 dan 13 pada deretan lantainya. Kalau kamu berpikir bahwa hal ini disebabkan oleh keteledoran developer, kamu salah besar! Sebenarnya, hilangnya angka 4 & 13 ini memang disengaja lho.

    Ada beberapa mitos yang menyebabkan angka 4 dan 13 dihilangkan dari urutan lantai lift. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Misteri Angka 4

    Mirip Kursi Terbalik

    Bentuk angka 4 mirip sekali dengan gambar kursi terbalik. Nah, kursi yang terbalik memiliki analogi dimana jatuhnya kepemimpinan atau kedudukan seseorang yang memiliki pangkat yang tinggi. Karena memiliki makna yang kurang baik, angka 4 ini dihapus dari urutan lantai lift.

    Angka 4 Dikaitkan dengan ‘Kematian’

    Dalam Bahasa Mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati” pada Bahasa Mandarin. Hal inilah yang membuat angka 4 dianggap membawa pesan negatif serta membawa sial.

    Tetraphobia

    Nggak Cuma ketinggian, ada juga lho orang phobia dengan angka 4 atau disebut juga tetraphobia. Orang-orang yang mengidap phobia ini memiliki rasa takut berlebih pada angka tersebut. Hal inilah yang membuat angka 4 dihapuskan dari lift.

    Karena mitos-mitos itulah banyak developer yang sengaja menghapus angka 4 pada urutan liftnya. Lalu, bagaimana dengan angka 13? Apa saja mitos dibalik angka ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Misteri Angka 13

    Angka Sial

    Selain 4, angka 13 juga sering disebut sebagai angka sial lho. Dasar dari pemikiran ini adalah Friday, 13th yang dianggap hari sial di negara barat. Nggak hanya itu, jika kedua unsur dari 13 ditambah, yakni 1+3, maka hasilnya akan menjadi 4, yakni angka yang dianggap membawa kesialan bagi pengguna. Inilah alasan mengapa angka 13 nggak dimasukkan dalam deretan lantai lift.

    Triskaidekaphobia

    Mirip dengan tetraphobia, triskaidekaphobhia merupakan phobia terhadap angka 13. Para pengidap phobia ini merasa sangat takut dengan hal-hal yang berunsur 13. Hal ini juga yang membuat angka 13 hilang dari deretan lantai.

    Nah, itulah beberapa mitos yang menyebabkan angka 4 dan 13 dihilangkan dari lift. Apakah kamu percaya dengan hal-hal tersebut? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!
     
  2. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    itu sih sebenarnya mitos angka 4 dan 13. Kalau negera lain udah ada tuh lantai 4 ama 13 nya
     
Loading...

Share This Page