Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Sukses!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by digitalpromosidotcom, Jan 29, 2015.

  1. digitalpromosidotcom

    digitalpromosidotcom New Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Apa tolak ukur kesuksesan bagi seorang pengusaha? Umumnya kebanyakan orang akan menghubungkan dengan hal-hal yang bersifat materi, seperti punya uang banyak, rumah besar, mobil mewah dan seterusnya. Ada juga yang mengatakan bahwa sukses adalah saat mendapat pujian setinggi langit atau saat tingkat popularitas berada di posisi puncak. Maka, ketika ada orang-orang yang mencapai hal ini, langsung akan dikalungi label “sukses”!

    Hal tersebut tidak salah. Namun tidak juga 100 persen tepat. Bagi saya pribadi, definisi sukses adalah saat apa yang dimiliki (harta, tenaga, pikiran, waktu) bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Ada satu hadits yang selalu menjadi penyemangat saya dalam melakukan sesuatu, “Sebaik-baik manusia adalah dia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain.” (HR. Bukhari)

    Itulah sejatinya makna kesuksesan, yaitu bermanfaat bagi sekitar. Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak boleh hanya memikirkan keuntungan semata dari bisnis yang dijalankan. Tapi harus berpikir bagaimana bisnis yang dijalankan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

    Setiap manusia di muka bumi ini memiliki hak yang sama untuk sukses. Jadi jangan berkecil hati jika mungkin Anda merasa memiliki kehidupan yang tidak seberuntung teman-teman Anda. Begitu banyak contoh orang-orang yang tidak beruntung saat lahir namun meraih kesuksesan luar biasa dalam hidupnya. Berikut adalah 5 fakta tentang sukses yang harus dipahami oleh siapa saja yang ingin sukses.

    1) Sukses tidak ada kaitannya dengan usia

    Nelson Mandela menjadi Presiden Afrika Selatan di usia 76 tahun, Mark Zuckerberg menjadi miliuner di usia 23 tahun, Kolonel Sanders memulai bisnis di usia 65 tahun, Bill Gates menjadi terkaya di dunia di usia 40 tahun.

    2) Sukses tidak ada kaitannya dengan suku bangsa

    Obama menjadi Presiden Amerika Serikat pertama dari golongan kulit hitam, Charles Dickens kelahiran Tiongkok yang menjadi penulis terkenal di Inggris, Jokowi menjadi Presiden ke-7 Indonesia dari kalangan rakyat biasa.

    3) Sukses tidak ada kaitannya dengan bentuk fisik

    Beethoven seorang maestro nomor satu dunia yang menderita tuna rungu (tidak bisa mendengar), Hellen Keller seorang penulis terkenal di dunia yang menderita tuna netra (tidak bisa melihat), Napoleon Bonaparte sang penakluk memiliki badan yang sangat pendek dan tidak enak dilihat.

    4) Sukses tidak ada kaitannya dengan tingkat pendidikan

    Susi Pudjiastuti lulusan SMP yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Thomas Alfa Edison lulusan SD dengan 2000 paten, Li Ka Shing berhenti sekolah saat SMP dan menjadi orang terkaya di Hongkong, Wright Brother lulusan SMA yang menciptakan pesawat terbang, Larry Ellison dikeluarkan dari universitas dan mendirikan salah satu perusahaan ICT terbesar, Oracle.

    5) Sukses tidak ada kaitannya dengan keturunan

    Andrew Carnegie dari keluarga yang sangat miskin dan menjadi raja besi di dunia, Walt Disney terlahir dari ayah dan ibu yang tidak bekerja dan sukses menjadi pembuat kerajaan Walt Disney, Napoleon Hill banyak mengalami kekerasan saat kecil dan sukses menjadi motivator terkenal dengan karya-karya yang fenomenal.

    Pengusaha harus mampu memaksimalkan segala potensi yang ada dalam diri dan menggunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan selalu berpikir bahwa sukses hanya akan bisa dicapai jika memiliki modal uang yang banyak. Percayalah, bahwa uang itu bukanlah segalanya dalam memulai bisnis. Modal utama dalam memulai usaha adalah keyakinan, semangat dan kerja keras.

    Selain itu, ada 3 hal penting bagi seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya, yaitu 3P’s: People, Planet, Profit. Inilah esensi dari kewirausahaan, yaitu memberikan manfaat bagi sebanyak-banyaknya manusia, meninggalkan warisan serta hal yang berguna bagi lingkungan sekitar, dan tentu sebuah bisnis juga harus mencetak keuntungan untuk kelangsungan usahanya.

    Hidup ini sangat singkat, maka sukses jangka pendek tidaklah cukup, melainkan harus jangka panjang. Untuk bisa mendapatkan itu, ada hal-hal penting yang harus dipegang teguh saat sedang mendaki puncak kesuksesan, yaitu sebuah value atau ‘nilai’. Seperti judul tulisan ini, Success With Values, bahwa sukses harus dicapai dengan nilai-nilai kebaikan yang mengiringinya.

    ‘Nilai’ adalah hal yang sangat penting namun sering dilupakan. Ada dua bentuk bagaimana hal ini berperan penting dalam sebuah kesuksesan. Pertama, sebuah ‘nilai’ tentang prinsip-prinsip dasar kebaikan dalam membangun kesuksesan. Setiap manusia pastinya mempunyai prinsip-prinsip dasar kebaikan, seperti kejujuran, kerja keras, keikhlasan, dst. Jika di dalam perusahaan, hal ini sama persis dengan sebuah core values atau nilai-nilai inti yang harus dijalankan oleh seluruh karyawan.

    Cara meraih kesuksesan sama pentingnya dengan kesuksesan itu sendiri. Jangan sampai Anda menghalalkan segala cara untuk meraih sebuah kesuksesan atau memilih jalan pintas dengan menghilangkan prosesnya. Jika Anda hanya berpatokan bahwa sukses berbanding lurus dengan materi, maka selamanya hidup Anda akan menderita karena harus memenuhi syahwat yang tidak berujung.

    Kedua, makna ‘nilai’ berupa sebuah kekuatan yang ada dalam diri. Kekuatan ini berupa kelebihan-kelebihan yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa dan tidak bisa diambil oleh siapapun. Setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, hal yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa mengelola kelebihan menjadi sebuah kebaikan yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.

    ‘Nilai’ setiap orang tentunya berbeda, dan menjadi tugas Anda untuk selalu meningkatkan ‘nilai’ tersebut. Caranya adalah belajar lebih giat, bekerja lebih keras, dan berdoa lebih kencang. Dan akhirnya, dengan ‘nilai’ tersebut, cepat atau lambat, kesuksesan pasti akan menghampiri Anda.

    Sumber: http://www.digitalpromosi.com/smart/manajemen/6351-success-with-values
     
  2. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,853
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Share yang cukup bagus... Bisa jadi salah satu motivasi yang mungkin mampu mendorong keinginan untuk tidak putus asa
     
  3. deva09

    deva09 Member

    Joined:
    Nov 5, 2014
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    saya sangat setuju dengan ini, mungkin banyak orang yang berpikir begitu karena mindset mereka. "jika suskes, = pasti punya uang banyak, dan "jika punya uang banyak= pasti bisa mendapat apapun dan mendapat gengsi", kebanyakan dari riset yang saya temui mindsetnya begitu, padahal memang tidak salah akan tetapi lebih baik tidak "harus seperti itu", ungkapan tentang memberikan arti bagi sesama itu merupakan sukses yang luar biasa, nice share :D
    saat ini saya juga sedang merintis usaha mesin fotocopy warna, semoga dengan mindset saya, saya bisa mendapat apa yang saya inginkan (bukan hanya uang), doain ya supaya lancar hehehehe :D
     
  4. antara12

    antara12 New Member

    Joined:
    Mar 17, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bagaimana mengukur tingkat kesuksesan yang dimiliki.... manusia kan tidak pernah merasa untuk puas.....
     
  5. zoelfanovic

    zoelfanovic New Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sukses adalah mendapatkan sesuatu dengan mengorbankan sesuatu. jika 1 - 1 hasilnya tetep 0 maka hakikat sukses itu sebenernya tidak ada.
    salam ganteng *keren1*
     
  6. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Setuju banget sama tulisannya, thanks gan
     
  7. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Tulisan ini penuh inspirasi, motivasi dan menyenangkan bagi para pejuang dalam hidup ini.
    Ijin copy bang sebagai bahan renungan untuk memotivasi anak-anak didikku. Terima kasih
     
  8. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Tetap semangat dan jangan putus asa,selalu berdoa.
     
  9. Muamar Rauf

    Muamar Rauf New Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    82
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    keren nih gan... contoh zuckenberg...
     
  10. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Yang paling penting adalah TAKE ACTION gan :D !!!
     
Loading...

Share This Page