Tidak Mau Pusing Lindungi Kendaraan, Gunakan Saja Premi Asuransi Mobil All Risk Paling Murah!

Discussion in 'Otomotif' started by IndriMaya12, Apr 15, 2019.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Premi asuransi mobil all risk paling murah tentunya memberikan banyak keuntungan bagi pengguna layanan. Manfaat utamanya adalah mendapatkan perlindungan pada kendaraan secara maksimal. Dan yang paling penting, iuran bulanannya tidak membuat kantong jebol.

    Perlindungan pada kendaraan memang sangat dibutuhkan. Hal ini mengingat musibah bisa terjadi kapan saja. Bila ini membuat mobil rusak, adanya perlindungan akan lebih melegakan.

    Kenapa? Karena kerusakan yang terjadi pada kendaraan kesayangan akan ditanggung oleh penjamin. Pada kasus ini, pihak asuransilah yang akan bertanggung sepenuhnya.

    Untuk melindungi kendaraan secara maksimal, asuransi mobil all risk ini bisa menjadi pilihan paling bijak. Lalu, berapa besar biayanya? Inilah yang akan Anda temukan di sini. Tapi sebelumnya, mari perhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

    Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Mobil All Risk

    Asuransi mobil all risk merupakan satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan penuh. Manfaat yang ditawarkan jelas lebih besar ketimbang jenis lainnya. Bahkan, asuransi ini bisa diperluas jangkauannya sehingga membuat pengguna jasa lebih aman.

    Namun sebelum membeli premi tersebut, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangannya. Setidaknya, Anda tidak menyesali keputusan yang telah diambil.

    Kelebihan asuransi mobil all risk
    Kalau bicara mengenai kelebihan sebuah asuransi, jelas sekali jawabannya adalah pada tingkat perlindungannya. Untuk jenis ini, perlindunganya jauh lebih komplit. Makanya, banyak pemilik kendaraan yang memilihnya.

    Kerusakan kecil di bawah 75% akan ditanggung oleh pihak asuransi. Misalnya ketika kendaraan penyok akibat ditabrak oleh sepeda motor dan lain sebagainya.

    Biaya perbaikan ini bisa diklaim ke pihak asuransi. Tentunya, Anda harus menyerahkan buktinya. Kemudian melengkapi syarat yang dibutuhkan.

    Perlindungan seperti ini tentunya tidak didapatkan dari jenis asuransi mobil lainnya. Karena layanannya memang berbeda. Misalnya pihak asuransi hanya mau mengganti kerusakan parah. Sementara kerusakan kecil bukan tanggung jawabnya.

    Kekurangan asuransi mobil all risk
    Dengan adanya perlindungan lebih besar, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli premi ini lebih mahal. Ini bisa dikatakan sebagai kelemahannya. Namun jika Anda cermat, Anda bisa mendapatkan premi asuransi mobil all risk paling murah.

    Tidak hanya itu saja, Anda juga akan dikenakan biaya resiko kerusakan sebesar 300 ribu rupiah manakala ingin mengajukan klaim. Tapi ini lebih murah bila dibandingkan dengan biaya keseluruhan.

    Cara Menghitung Biaya Premi Asuransi

    Diasumsikan Anda ingin memperoleh perlindungan maksimal yang lebih murah, Anda tentunya harus jeli dalam menemukannya. Minimal, Anda bisa menghitung sendiri premi asuransi all risk yang ditawarkan.

    Memang Anda telah memperoleh penjelasan lebih detail dari petugasnya. Tapi kadang Anda tidak melihat pasti besaran persen premi tersebut. Hanya saja akan dijelaskan biaya yang akan dibayar setiap tahunnya.

    Kuncinya adalah besaran persen dari premi tersebut. Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Perhitungannya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mengalikan nilai beli kendaraan dengan nilai premi yang ditetapkan oleh asuransi. Biasanya, nilai preminya sekitar 2,5 %.

    Semisal Anda memiliki mobil dengan nilai jual 300 juta rupiah, maka tinggal hitung saja. 2,5 % x 300 juta. Hasilnya sekitar 7.5 juta rupiah.

    Artinya, tahun pertama yang Anda bayarkan sekitar 7.5 juta rupiah. Biaya ini bisa dicicil perbulan atau bisa dibayar langsung sesuai ketentuan perusahaan. Tapi bila ingin lebih ringan, lakukan pengangsuran saja.

    Perlu diingat bahwa di tiap tahunnya, biaya asuransi juga akan terus menurun. Alasan utamanya adalah nilai jual kendaraan semakin menurun. Makanya, butuh perhitungan baru yang merujuk pada nilai jual kendaraan tersebut.

    Cara Mendapatkan Asuransi Mobil All Risk Termurah

    Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa premi asuransi jenis all risk ini lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Tapi untuk urusan perlindungan, cakupannya lebih luas. Dan inilah yang dipertimbangkan oleh banyak pemilik kendaraan roda empat.

    Walaupun begitu, Anda masih bisa mengakalinya dengan cara-cara sederhana. Cara ini ditujukan untuk mendapatkan premi asuransi mobil all risk paling murah. Kuncinya adalah jangan tergesa-gesa untuk membeli premi asuransi.

    Cara yang bisa dipraktekkan adalah mencari beberapa perusahaan asuransi yang memberikan asuransi jenis all risk. Kalau sudah menemukannya, silahkan cermati besaran premi yang dibebankan.

    Membandingkan asuransi A dan B ini cukup bijak bila ingin memperoleh yang termurah. Dan inilah kuncinya para pengguna asuransi mobil. Setidaknya, ada selisih yang bisa dihemat oleh pemilik kendaraan.

    Semisal ada yang menawarkan premi sebesar 2,7 dan 2,5, tentunya Anda harusnya memilih yang 2,5 %. Karena perhitungannya akan lebih murah. Dan asuransi dengan biaya murah ini tersedia di sekitar Anda.

    Setelah itu, pastikan cakupan yang ditawarkan. Anda harus memperhatikan kebijakan yang diberlakukan. Minimal, bacalah cakupan perlindungan yang ditanggung oleh pihak asuransi.

    Jika dirasa butuh cakupan yang lebih luas, Anda masih bisa meningkatkannya. Misalnya menambah cakupan perlindungan untuk musibah banjir dan lain sebagainya.

    Di sini, Anda harus memperhatikan besaran biaya tambahan yang ditawarkan. Langkahnya juga masih sama. Yakni membandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

    Ingat, di sini Anda diasumsikan baru mencari perusahaan asuransi. Yang diperlukan adalah mencermati keseluruhan layanan. Mulai dari layanan all risk standard dan tambahan layanannya.

    Hitunglah keseluruhan biayanya. Anda akan memperoleh taksiran biaya yang bakal Anda keluarkan di tiap tahunnya. Dan selisih ratusan ribu rupiah mungkin akan Anda peroleh.

    Demikianlah caranya Anda memperoleh premi asuransi yang lebih murah dengan perlindungan maksimal. Jadi, sudahkah Anda menemukan premi asuransi mobil all risk paling murah saat ini?
     
  2. Agni Astuti

    Agni Astuti New Member

    Joined:
    Jul 31, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
Loading...

Share This Page