Tidak Semua Mobil Bisa Diasuransikan. Bagaimana dengan Mobil Anda?

Discussion in 'Otomotif' started by IndriMaya12, Jun 25, 2019.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pengajuan polis asuransi mobil ACA All Risk kini semakin banyak. Kenaikan ini menunjukkan kesadarannya masyarakat yang meningkat tentang pentingnya mengasuransikan kendaraan mereka.

    Namun, tidak semua mobil bisa diasuransikan lho. Perusahaan asuransi tidak semerta-merta menerima pengajuan asuransi untuk semua jenis mobil.

    Apakah mobil Anda termasuk mobil yang tidak bisa diasuransikan?

    Yang pasti, ada alasan mengapa perusahaan asuransi tidak menerima pengejuan tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai mobil yang tidak bisa diasuransikan lengkap dengan alasan-alasannya.

    Jenis Mobil yang Tidak Bisa Mendapatkan Asuransi

    Setidaknya ada tiga mobil yang tidak bakal diterima oleh perusahaan asuransi. Semoga saja salah satunya bukan tipe mobil yang Anda miliki sekarang.

    Mobil CBU
    Apakah Anda tahu apa itu mobil CBU? Sebelum membahas mengapa perusahaan asuransi mobil ACA All Risk tidak akan menerima pengajuan asuransi mobil seperti ini, yuk ketahui dulu apa yang disebut dengan mobil CBU.

    CBU ini singkatan dari completely built-up. Artinya, mobil CBU ini dibuat secara utuh di negara eksportir. Contohnya saja mobil Honda. Ada beberapa mobil Honda CBU. Itu artinya mobil tersebut dibuat utuh di Negara Jepang. Lalu di ekspor ke negara lain termasuk Indonesia.

    Sementara itu, ada juga mobil Honda yang komponennya dirakit di Indonesia. Mobil tersebut dinamakan dengan CKD yang merupakan singkatan dari completely knocked down. Komponennya dari negara eksportir namun komponen tersebut dirakit di Indonesia.

    Lalu, mengapa mobil CBU tidak bisa diasuransikan? Hampir semua mobil CBU itu sparepartnya hanya ada di negara eksportir. Sparepart tidak dijual di Indonesia. Bisa dibayangkan kan bagaimana perusahaan asuransi harus membeli dan mendatangkan sparepart dari negara eksportir. Bisa sangat lama dan ribet.

    Karena itulah, perusahaan asuransi tidak menyetujui pengajuan polis asuransi mobil ACA All Risk untuk jenis mobil tersebut. Alasannya, mereka tidak ingin ribet.

    Apakah banyak mobil CBU di Indonesia? Cukup banyak. Kebanyakan mobil kelas premium dan juga sport. Namun, sekarang ini sudah ada juga mobil tipe city car dan mobil keluarga yang juga ternyata tipe CBU.

    Apakah mobil Anda termasuk mobil CBU?

    Mobil Antik
    Sekarang ini, banyak kolektor mobil antik. Mobil buatan tahun 70an masih ada di jalan raya. Namun, kebanyakan hanya untuk konvoi tertentu atau dipajang di garasi saja.

    Meskipun mobil antik tersebut tidak lagi digunakan, perusahaan asuransi sulit untuk meng approve pengajuan asuransi. Pasalnya, risiko rusak itu ada. Dan tentu sulit untuk mendapatkan sparepart yang dibutuhkan. Bisa saja sparepartnya sudah tidak diproduksi lagi. Jadi, masuk akal kan mobil antik sulit untuk diasuransikan apalagi jika yang dipilih adalah asuransi mobil ACA All Risk.

    Kemungkinan, mobil seperti itu bisa diasuransikan dengan asuransi jenis TLO. Tentu saja ini tergantung bagaimana Anda melakukan negosiasi dengan pihak asuransi.

    Mobil Tanpa Surat Resmi
    Sebelumnya, harus di clear kan dulu apa itu mobil tanpa surat resmi. Banyak yang menganggap bahwa ini adalah mobil curian. Padahal, belum tentu lho. Bisa saja ini mobil baru namun surat resminya belum diurus di kepolisian.

    Sekarang ini, banyak orang yang membeli mobil Off The Road. Artinya, mereka membeli mobil di dealer tanpa surat resmi. Sebenarnya, pembeli diwajibkan untuk mengurus surat sendiri. Berbeda dengan mobil On The Road di mana pihak dealer yang mengurus semua surat-surat kendaraan.

    Jika surat kendaraan tidak diurus meskipun mobil tersebut bukan mobil curian, tetap saja tidak bisa diasuransikan. Karena yang pertama diminta oleh pihak perusahaan asuransi mobil ACA All Risk adalah surat-surat kendaraan.

    Nah, sudah jelas kan mengapa ada beberapa jenis mobil yang tidak bisa diasuransikan? Apakah salah satunya merupakan mobil Anda?

    Mengasuransikan Mobil Bekas

    Muncul satu pertanyaan, Bagaimana dengan mobil bekas? Apakah bisa diasuransikan? Jika tidak berupa mobil antik, tentu mobil bekas bisa diasuransikan. Biasanya, mobil yang usianya di bawah 20 tahun masih bisa diasuransikan. Hanya saja, ada beberapa catatan yang harus Anda ketahui.

    Catatan pertama, premi asuransi mobil bekas bisa lebih tinggi daripada mobil yang baru lho. Kok bisa? Tentu saja bisa. Karena risiko terjadi kerusakan untuk mobil bekas jauh lebih tinggi. Maka dari itu, premi asuransinya pun lebih tinggi.

    Apalagi jika ditinjau dari hal yang lain. Contohnya saja security system. Secara umum, mobil bekas memiliki fitur keamanan yang kurang lengkap jika dibandingkan dengan fitur di mobil yang baru. Semakin canggih fitur keamanannya, maka premi asuransi bisa lebih rendah.

    Untuk mendapatkan asuransi mobil ACA All Risk untuk mobil bekas, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

    Cek Premi Asuransi Mobil Anda
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan simulasi berapa premi asuransi mobli Anda. Kunjungi saja website www.cekpremi.com untuk melakukan simulasi.

    Lengkapi Form Pendaftaran
    Setelah mengetahui premi asuransi, isi form pendaftaran.

    Lakukan Pembayaran
    Setelah pengisian form pendaftaran lengkap, lakukan pembayaran. Anda bisa transfer via ATM, internet banking, mobil banking, atau menggunakan kartu kredit.

    Tunggu Polis Asuransi Dikirim
    Setelah semua langkah selesai Anda lakukan, tunggu saja. Hard copy polis asuransi mobil Anda akan segera dikirim ke alamat rumah Anda.

    Mudah, bukan? Sekarang juga Anda bisa ajukan asuransi mobil ACA All Risk.
     
  2. MaxSenses

    MaxSenses Member

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    152
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Karena saya pakai kategori mobil antik, asuransinya pakai do’a sama sedekah aja. hehehe
     
Loading...

Share This Page