Tiga Jenis Perangkat Penyimpanan

Discussion in 'Computer' started by Faizalr, Jan 5, 2021.

  1. Faizalr

    Faizalr New Member

    Joined:
    Dec 2, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Tiga Jenis Perangkat Penyimpanan yang kompatibel

    Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras fisik yang digunakan untuk menyimpan data. Dalam kebanyakan kasus, semua jenis file dapat ditambahkan ke perangkat penyimpanan. Beberapa perangkat penyimpanan bersifat universal dan dapat digunakan dengan berbagai perangkat keras. Saat membeli perangkat penyimpanan untuk perangkat keras tertentu (seperti komputer atau ponsel), penting untuk mengetahui perangkat apa yang paling sesuai dan kompatibel.

    Perangkat keras

    Meskipun umumnya dihubungkan dengan komputer, hard drive dapat ditemukan pada elektronik rumah tangga lainnya (seperti DVR atau camcorder). Di dalam hard drive adalah disk fisik (disebut sebagai platter) yang berputar terus-menerus. Kecepatan putaran disk disebut sebagai RPM atau putaran per menit. Kinerja hard drive akan berbeda-beda, sebagian besar didasarkan pada kecepatan RPM yang diperingkat hard drive.

    Flash disk

    USB flashdisk berukuran kecil (kira-kira seukuran satu pak permen karet), perangkat penyimpanan portabel yang paling umum digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain. Tidak diperlukan penginstalan dan tidak diperlukan perangkat lunak tambahan untuk mentransfer file ke atau dari flash drive USB. Flash drive USB dilindungi oleh casing shell, yang membuatnya lebih andal saat diangkut.

    Kartu memori

    Kartu memori adalah perangkat penyimpanan terkecil. Mereka portabel dan paling sering digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan perangkat lain (seperti pemutar MP3 atau ponsel). Kartu memori memiliki antarmuka berbeda (seperti SD atau MMC), yang harus kompatibel dengan perangkat yang ingin Anda gunakan dengannya. Tidak seperti drive flash USB, kartu memori umumnya memiliki sedikit perlindungan dan lebih mudah rusak.
     
    Last edited: Jan 5, 2021
    Junior20 likes this.
Loading...

Share This Page