TikTok Akan Menghadirkan Fitur Obrolan Grup

Discussion in 'General Internet' started by bimo dimas, Mar 18, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Platform yang tengah digandrung banyak anak muda yakni TikTok, kabarnya akan meluncurkan fitur perpesanan grup tahun ini.

    Seperti yang dilansir dari lama Reuters, kabar tersebut diketahui dari orang-orang yang mengetahui diskusi tentang hal itu.

    Dengan adanya fitur obrolan grup, secara tidak langsung aplikasi asal Tiongkok tersebut bersaing langsung dengan sejumlah media sosial ternama seperti halnya Facebook.

    Fitur obrolan grup tersebut merupakan bagian dari rencana ByteDance untuk mengembangkan TikTok menjadi lebih dari sekadar 'aplikasi interaksi sosial'.

    Tidak banyak yang tahu bahwa fitur tersebut sudah menjadi bagian dari TikTok versi Tiongkok, Douyin, sejak tahun 2019 lalu.

    Fungsi obrolan grup tersebut tentunya akan membantu Tiktok dalam mempertahankan pengguna berada di aplikasi lebih lama. Selain langkah tersebut, TikTok juga sudah memperluas penawaran streaming langsung dan e-commerce.

    Fitur obrolan grup tersebut juga memungkinkan bagi para influencer untuk lebih mudah terhubung dengan para penggemarnya.

    Tahun lalu, sempat tersiar kabar bahwa ByteDance mengadakan diskusi internal tentang fitur obrolan grup. Tetapi mereka menundanya karena banyak pembaruan pasca TikTok mendapat kecaman dari Pemerintahan Trump dan dilarang di India.

    Seorang sumber mengatakan, saat ini TikTok tengah mengevaluasi kapan dan dimana akan meluncurkan fitur obrolan grup di TikTok. Sumber tersebut menambahkan, bahwa fitur obrolan grup tersebut kemungkinan besar tidak dienkripsi.

    Sementara itu, Hany Farid, seorang ahli forensik digital yang berada di dewan penasihat Tiktok AS, menjelaskan bahwa mereka belum diberitahu tentang fitur obrolan grup yang akan diluncurkan oleh TikTok.

    Sebelumnya, pada awal Februari lalu TikTok menghadirkan toolkit keamanan bagi keluarga. Toolkit tersebut dilengkapi dengan panduan serta tool bagi orangtua, untuk memahami pengasuhan anak secara digital. Hal itu dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan siber yang aman.

    Menariknya toolkit tersebut sudah bisa diakses di pusat keamanan TikTok. Hal tersebut dipaparkan oleh Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

    "Upaya dan komitmen kami dalam menciptakan lingkungan siber yang aman, akan terus kami gaungkan demi kepentingan bersama," Jelas Donny pada konfrensi pers, Rabu (10/2).

    Selain menghadirkan toolkit baru, sejalan dengan tema Hari Internet Aman Sedunia 2021 yang bernama "Together for a Better Internet", TikTok ingin menyerukan upaya bersama, dalam menjadikan internet sebagai sebuah tempat yang lebih aman dan nyaman, bagi seluruh penggunanya.

    Sumber: Link
     
Loading...

Share This Page