Tingkatan Level Programmer Ini Wajib Antum Ketahui

Discussion in 'Programming' started by seotog, Aug 26, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Tingkatan atau level dari seorang Programmer bisa Anda lihat dari skill yang ddia miliki dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pemrogramannya.

    Secara singkat model ini membagi level skill menjadi 5 level yaitu Novice, Advance Beginner, Competent, Proficient, dan Expert. Berikut penjelasan mengenai level programmer berdasarkan Model Dreyfus.

    1. Novice Programmer


    Programmer jenis ini adalah tipe Programmer yang sangat pemula atau tingkatan paling rendah dalam skillnya. Ketika kita sedang mempelajari sebuah bahasa pemrograman yang baru, kita selalu melalui tahap ini. Ciri dari Programmer jenis ini adalah dia membutuhkan penjelasan mendetail (bahkan sangat mendetail) mengenai sebuah konsep dan tidak ingin terikat dengan konteks.

    2. Advance Beginner Programmer

    Tingkatan selanjutnya adalah Advance Beginner Programmer. Programmer yang berada di level ini sudah memiliki skill yang lebih tinggi dari pada Novice Programmer. Karena sudah lebih banyak belajar, Programmer di tingkatan ini bdiasanya sudah mengerti tentang programming dan apa yang dia lakukan dengan programming itu sendiri. Selain itu, Programmer di level ini sudah tidak terlalu kaku dengan konteks lagi, jika ddia mempelajari sesuatu, ddia bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhannya.

    3. Competent Programmer

    Level yang lebih tinggi selanjutnya adalah Competent Programmer. Pada tahap ini, seorang Programmer sudah mampu melakukan Troubleshooting. Hasil pekerjaan seorang Competent Programmer bdiasanya tergantung dari jumlah pekerjaan dan pengalaman dia mengerjakan project. Semakin banyak masalah yang telah dia pecahkan, semakin cepat pula kerjanya.

    4. Proficient Programmer

    Pada level ini adalah level yang semakin master, yaitu Proficient Programmer. Seorang Programmer yang sudah sampai pada tingkatan ini bdiasanya sudah cenderung melihat sesuatu secara keseluruhan.

    Kelebihan lain dari Proficient Programmer adalah mereka mampu belajar tanpa mempraktekan secara langsung. Contohnya, dia dapat memahami bagaimana cara kerja suatu framework hanya dengan membaca bagaimana orang lain menyelesaikan project dengan menggunakan framework tersebut.

    5. Expert Programmer

    ingkatan paling tinggi dari seorang Programmer dilihat dari skill-nya adalah seorang expert. Mereka juga sudah ahli di bidang pemrograman hingga mampu menciptakan sebuah bahasa pemrograman, framework, membuat IDE hingga mengajarkan kita akan konsep-konsep baru.
     

Share This Page