Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Discussion in 'Online Business' started by Balqis, Apr 30, 2018.

  1. Balqis

    Balqis Member

    Joined:
    Apr 25, 2018
    Messages:
    97
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    8
    Saat ini zaman sudah sangat modern. Semuanya menjadi serba praktis. Jika dulu kita harus keluar rumah untuk membeli barang-barang kebutuhan kita, kini sudah tidak perlu lagi! Semua aktivitas belanja bisa dilakukan di rumah dengan adanya online shopping. Namun sayangnya, online shopping ini ternyata juga digunakan oleh “orang-orang nakal” untuk meraup keuntungan secara tidak halal. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada beberapa kasus penipuan online shopping, di mana barang tidak dikirim padahal pembeli sudah membayar sejumlah uang ataupun barang yang dikirim ternyata jauh berbeda dengan gambar yang ditampilkan.

    Untuk menghindari kekecewaan semacam ini, saya ingin membagikan tips-tips agar pencinta belanja online tidak tertipu saat berbelanja online (mengingat saya pun dulunya adalah pencinta belanja online).

    1. Memilih website yang terpercaya: sebelum mulai berbelanja online, cari tahu terlebih dahulu website jual-beli mana saja yang terpercaya dan minim penipu. Cara mencari tahunya bisa dengan searching di google/yahoo mengenai website jual-beli yang sudah terpercaya lalu cari informasi mengenai orang-orang yang sudah pernah berbelanja di website tersebut (misalnya dengan melihat testimoni).

    2. Hindari harga yang terlalu murah (tidak wajar): jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Selalu ingat bahwa harga pasti sesuai dengan kualitas dan tidak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas hal tersebut akan merugikan mereka, kecuali kalau penjual itu adalah penipu.

    3. Adanya rekening bersama: rekening bersama adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual. Dengan adanya rekening bersama, tindak penipuan bisa diminimalisir karena uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekening bersama, sehingga tidak langsung sampai ke penjual hingga barang yang dibeli sampai ke pembeli.

    4. Kenali penjual: sebelum membeli produk, ada baiknya jika kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya, dll.

    5. Simpan bukti pembayaran, email, dan SMS: setelah melakukan transfer uang, sebaiknya simpan bukti pembayaran tersebut beserta email dan SMS antara Anda dan penjual. Jadi, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (barang tidak dikirim), maka Anda bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak berwajib (polisi) untuk menangani masalah tersebut.

    Demikian 5 tips aman dan menyenangkan belanja online ;)

    Sumber: dari berbagai sumber
     
    Damar likes this.
  2. Balqis

    Balqis Member

    Joined:
    Apr 25, 2018
    Messages:
    97
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    8
    Iyaps itu juga jangan sampai terlupakan
     
    Damar likes this.
  3. UmmuHanif

    UmmuHanif New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Bikin rekening bersama itu yang sulit kalau buat usaha kecil - kecilan,... kelasnya tokped si gampang ya
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul, solusinya buat yang Ragu, mending sih Langsung Belanja di MarketPlace terpercaya aja kayak Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, JD.id itu udah mudah banget ordernya, jaminan uang juga
     
  5. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    437
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page