Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

Discussion in 'E-Commerce' started by Triana A., Aug 19, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    51
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Belanja online merupakan salah satu cara mudah nan efisien untuk membeli barang. Hanya lewat smartphone, kita sudah bisa membeli berbagai kebutuhan. Apalagi belanja online memungkinkan kita untuk membandingkan harga dulu sebelum membeli barang sehingga kita bisa membeli harga minimum dari suatu barang.

    Namun kemudahan ini juga diikuti dengan sejumlah risiko, salah satunya penipuan online. Banyak orang yang melihat hal ini sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara-cara yang tidak benar. Berbagai macam cara dilakukan untuk melakukan penipuan, mulai dari barang palsu, barang yang tidak dikirim, dan banyak lagi.

    Agar tidak terjebak penipuan saat berbelanja online, baca dulu tips-tips berikut agar pengalaman berbelanja kamu jadi aman dan menyenangkan!

    Pilih Platform Belanja yang Terpercaya
    Saat ini ada begitu banyak pilihan platform maupun website untuk berbelanja online. Bahkan di media sosial pun ada begitu banyak pilihan toko online. Agar aman, pilihlah platform berbelanja yang terpercaya misalnya dari marketplace-marketplace yang sudah populer. Marketplace biasanya memiliki rekening bersama untuk menghubungkan penjual dengan pembeli sehingga lebih sulit untuk melakukan penipuan.

    Jika berbelanja dari website, pastikan toko online tersebut memiliki nomor telepon dan alamat atau bagian layanan pelanggan yang bisa dihubungi sehingga jika terjadi sesuatu, kamu bisa segera menghubungi toko tersebut.

    Cek Reputasi Toko Online

    Selain memilih platform belanja yang terpercaya, kamu juga perlu memeriksa reputasi toko online-nya. Jika kamu berbelanja dari marketplace, kamu bisa memeriksa rating dan review serta jumlah barang yang sudah terjual.

    Begitu pula apabila kamu berbelanja di media sosial, kamu juga perlu memeriksa testimoni dari pembeli sebelumnya. Jangan terlalu terpaku pada jumlah followers yang banyak karena followers bisa dinaikkan dengan cara membelinya. Kamu juga memeriksa kolom komentar untuk melihat apakah ada keluhan-keluhan dari pembeli.

    Perhatikan Foto & Deskripsi Produk

    Di media sosial ada banyak yang membagikan postingan lucu mengenai perbandingan antara foto barang di online dengan barang yang diterima pembeli. Hal-hal seperti ini memang bisa disebabkan kesalahan dari dua belah pihak, baik dari si penjual maupun si pembeli.

    Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya perhatikan dengan jelas foto dan deskripsi produk. Kalau bisa minta foto asli dari produk yang ingin kamu beli dari penjual agar kamu bisa memastikan apakah barang tersebut sesuai dengan yang kamu cari atau tidak. Jangan lupa juga untuk membaca deskripsi produk seperti ukuran, warna, bahan, dan sebagainya.

    Jangan Mudah Terbuai Harga Murah
    Banyak orang memilih untuk belanja online karena pilihan harga-harganya cenderung lebih murah dibanding membeli langsung dari toko. Selain itu toko online juga sering membagikan voucher diskon dan kode promo sehingga belanja bisa lebih hemat.

    Namun hati-hati jika kamu menemukan barang yang harganya terlampau murah dibandingkan harga pasaran. Bisa jadi barang tersebut palsu atau bahkan menjadi kedok penipuan. Ini bukan berarti kamu harus memilih harga yang mahal ya. Namun sebaiknya kamu bandingkan dulu harga barang yang ingin kamu beli dengan toko lainnya yang sudah terpercaya atau toko resminya.

    Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya
    Terakhir, pilihlah jasa pengiriman barang yang aman dan terpercaya. Hal ini terutama penting jika kamu membeli sesuatu yang perlu kamu terima dengan cepat. Selain agar barang bisa tiba dengan tepat waktu, menggunakan jasa pengiriman yang kredibel juga membantumu memastikan bahwa barang akan sampai dengan aman.

    Sumber: Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan
     
  2. Junior20

    Junior20 New Member

    Joined:
    Dec 15, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  3. mangdullaharny

    mangdullaharny New Member

    Joined:
    May 2, 2021
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page