Tips Ampuh Hilangkan Virus Di Handphone Android

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by cikapoenk, May 5, 2018.

Tags:
  1. cikapoenk

    cikapoenk New Member

    Joined:
    Oct 9, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Selamat berjumpa kembali kawan dengan saya, sudah lama saya tidak mampir di bersosial.com, tapi gak apa apalah semoga kedepan bisa rutin berbagi dimari. Kali ini saya akan berbagi cara menghilangkan virus android, sebenarnya artikel ini sudah saya posting lengkap di kendedeskomputer.com bisa anda baca secara lengkap disana, tapi artikelnya memang penjelasannya lebih komplit. dari mulai bagaimana penyebaran, pencegahan dan teknik yang ampuh menghilangkan virus di android, tapi disini langsung keintinya saja dan penjelasan singkat sedikit mengenai bagaimana penyebaran virus di android agar semua kita waspada.

    Kita kitahui virus android itu memang jarang kita dengar, tapi bukan tidak ada berbagai kasus juga pernah terjadi penyebaran virus android yang sempat menghebohkan dunia maya seperti Gongpuder, Trojan Hantu, Googlian dan sebagainya. Layaknya virus komputer penyebaran virus itu sengaja disebarkan para pembuat virus untuk berbagai tujuan namun rata rata virus itu dibuat untuk tujuan dan kepentingan yang tidak baik.

    Penenyebaran virus paling nomer satu media penyebarannya adalah melalui aplikasi, oleh karenanya perlu selektif dalam menginstal aplikasi pada handphone android anda. Jangan sekali kali mengintal aplikasi yang bukan berasal dari situs resmi penyedia aplikasi seperti bukan dari Google Play dan sebagainya. Terutama menginstal aplikasi melalui apk. karena saat ini Apk tidak disediakan website resmi penyedia aplikasi.

    Lalu bagaimana jika sudah terinfeksi? ya jalan satu satunya adalah menghapusnya, tapi menghapus virus yang sudah menginfeksi syatem bukanlah perkara mudah harus melalui berbagai tahap dan terkadang cara itupun tidak berhasil. Nah jika sudah terinfeksi bisa anda mengikuti langkah langkah berikut untuk menghapusnya.

    1. Langkah pertama adalah lakukan scanning dengan antivirus yang anda pakai namun jika tidak bisa menghilangkannya silahkan ke tahap selanjutnya.

    2. Kita akan menghilangkannya dengan cara manual, yaitu dengan menghapus virus tersebut melalui Safe Mode atau mode aman, silahkan anda browisng cara masuk ke Safe Mode karena hampir semua merk handphone berbeda cara masuk ke Safe Mode tapi rata rata mengakses Safemode bisa dilakukan dengan menekan Tombol Power dan Volume saat menghidupkan pertama kali. Jika handphone berjalan dalam Safe Mode maka handphone akan berjalan lebih ringan daripada biasanya karena semua aplikasi yang anda instal tidak berjalan hanya aplikasi aplikasi bawaan handphone saja. Dan semua virus dan Malware tidak akan berjalan di mode ini. Ini saatnya anda menghapusnya. karena Virus yang sudah mengindveksi system biasanya akan tampil di mode ini.

    [​IMG]


    3. Langkah selanjutnya adalah cek aplikasi Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings - Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu. Sudah bisa dipastikan aplikasi asing itu adalah virus.

    [​IMG]


    4. Setelah selesai menghapus aplikasi aplikasi yang mencurigakan silahkan ada keluar dari Safemode.

    Itulah 3 langkah mudah untuk menjaga dan menghilangkan virus di handphone, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati karena kalau sudah virus menginveksi bisa anda harus melakukan beberapa langkah, terinveksi virus itu pedih jendral,,,hahahaha
     
  2. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  3. SendalJepit

    SendalJepit New Member

    Joined:
    May 6, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Praktek dlu om, sepertinya menarik
     
  4. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Boleh juga di coba nih caranya, semoga berhasil. makasih gan :)
     
Loading...

Share This Page