Tips Belajar Mobil Transmisi Manual Bagi Pemula, agar Mesin Tak Bolak Balik Mati

Discussion in 'Otomotif' started by angkatandelapan, Nov 21, 2020.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Saat pertama kali belajar mengemudikan mobil bertransmisi manual, salah satu kendala yang dihadapi para pemula adalah memahami gaya dorong saat pedal dicabut dari kabel dan pedal gas ditekan. Ada sejumlah tips yang bisa Anda coba saat mempelajari mobil manual agar mesin tidak tiba-tiba berputar balik atau mati.

    Tip pertama saat belajar mengemudikan mobil manual adalah dengan rutin melatih perasaan saat mengangkat kopling, sekaligus meningkatkan tekanan pada pedal gas. Pertama-tama, jangan terlalu cepat mengangkat pedal kopling karena ada kemungkinan mesin akan mati jika momentum tidak memadai saat Anda tancap gas.
    [​IMG]
    Bagi pemula, pemula bisa memulainya dengan menekan pedal kopling sebanyak-banyaknya, kemudian memasukkan gigi 1. Sebelum melepas pedal kopling, tekan pedal akselerator secara perlahan yang diiringi dengan melepas pedal kopling secara perlahan.

    Saat mobil dalam keadaan persneling, cobalah untuk memindahkan mobil secara perlahan ke persneling kedua, lalu coba hentikan dengan menekan kopling dan pedal rem lalu kembalikan persneling ke netral atau pertama, kemudian mulai dari awal dengan menggerakkan mobil dari awal gigi 1. Lakukan ini berulang kali saat Anda belajar Mengontrol roda kemudi untuk merasakan berkendara yang benar.

    Saat sudah merasa pas, mulailah berlatih membiasakan diri dengan berbagai alat di dalam mobil, seperti menggunakan kaca spion. Saat Anda perlu berpindah jalur, berbelok atau mundur, gunakan kaca spion kiri dan kanan dan spion tengah. Sebaiknya, saat berolahraga, bawa mobil ke medan yang luas agar bisa melaju dengan sangat lancar.

    Tawaran Jasa Sewa Mobil Jogja Termurah hanya di ptacropolis.com

    Sebagian dari latihan dapat ditambahkan tergantung pada tingkat kompetensi. Jika Anda sudah pandai mengendarai mobil manual, Anda bisa menambah latihan berhenti dan pergi di tanjakan, parkir paralel, atau parkir di tempat dengan ruang terbatas.

    Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda baru belajar mobil. Hal diatas sangat bermanfaat dan menunjang keberhasilan anda yang mau cepat mengendarai mobil dengan lihai dan ahli. Terimakasih.
     
Loading...

Share This Page