Tips Bersaing Agar Bisnis Unggul dari Kompetitor

Discussion in 'General Business' started by Triana A., Jul 20, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    48
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Dalam berbisnis apapun usaha atau industrinya, pasti ada yang namanya kompetitor. Persaingan bisnis merupakan hal yang sangat wajar. Apalagi saat ini orang bisa memulai bisnis lewat berbagai platform mulai dari toko fisik, marketplace, website, media sosial, dan sebagainya. Hal ini membuat jumlah kompetitor bertambah dan persaingan semakin ketat.

    Di satu sisi, persaingan adalah hal yang bagus karena mendorong kita untuk terus berinovasi dan berkembang. Namun, persaingan juga bisa begitu mengintimidasi. Apalagi jika pesaing Anda adalah bisnis yang lebih besar.

    Sebagai pebisnis, penting bagi Anda untuk bisa mempertahankan posisi dan jadi lebih unggul dari kompetitor. Berikut beberapa cara menyusun strategi bersaing supaya bisnis Anda bisa unggul dari kompetitor.

    Kenali Kompetitor
    Kalau Anda tidak tahu siapa kompetitor bisnis Anda, bagaimana Anda bisa bersaing dengan mereka? Maka itu, pertama Anda harus mencari tahu dulu siapa kompetitor bisnis Anda, baik dari industri, target pasar, maupun model bisnis.


    Cari tahu apa kelebihan dan kelemahan mereka. Analisis strategi yang mereka jalankan. Bagaimana mereka berkomunikasi dengan konsumen dan memasarkan produk mereka? Keunggulan apa yang mereka tawarkan? Dengan melakukan ini, Anda bisa mencari celah dan peluang untuk bersaing.

    Kenali Konsumen

    Yang juga tak kalah penting adalah untuk mengenal siapa target konsumen Anda secara mendetail. Apa masalah yang mereka hadapi? Bagaimana kebiasaan berbelanja mereka? Anda bisa melakukan riset sederhana seperti lewat survei untuk mengenal konsumen lebih lanjut. Apalagi setelah pandemi, perilaku konsumen kemungkinan besar ikut berubah.

    Cari tahu apa yang menjadi prioritas mereka. Apakah harga yang terjangkau atau mereka lebih berfokus pada kualitas yang premium? Dari sana, Anda jadi bisa menyusun strategi yang tepat mulai dari strategi pemasaran hingga strategi pengembangan produk.

    Tunjukkan Diferensiasi
    Salah satu strategi bersaing yang paling mudah adalah dengan menunjukkan keunggulan produk Anda. Alih-alih menyerang kelemahan kompetitor, sebaiknya Anda lebih menunjukkan keunggulan dan nilai jual dari bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing. Cari tahu apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari kompetitor.

    Misalnya, jika Anda menjual makanan Anda bisa bilang bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan organik. Jika Anda menjual sepatu kulit, Anda bisa bilang bahwa kulit yang Anda gunakan merupakan kulit berkualitas premium. Tonjolkan keunggulan tersebut dalam strategi pemasaran sehingga target konsumen lebih memilih untuk membeli produk Anda dibanding produk kompetitor.

    Memperkuat Brand
    Memiliki brand yang solid dan konsisten juga penting supaya bisnis Anda dikenal dan diingat oleh konsumen. Anda bisa mulai dari elemen-elemen dasar seperti logo, warna, dan gaya komunikasi dari bisnis Anda. Citra dan seperti apa yang ingin Anda bangun?

    Misalnya jika Anda menjual produk kecantikan, Anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih soft dan gaya bahasa yang lembut, dengan menekankan pesan akan pentingnya kesehatan kulit wajah. Jika Anda menjual tanaman, gunakan warna-warna natural seperti hijau dan coklat. Anda juga bisa mengkomunikasikan pesan bahwa brand Anda peduli terhadap lingkungan. Dengan mempunyai pesan yang jelas, konsumen jadi bisa lebih dekat dengan bisnis Anda.

    Memberikan Pelayanan Terbaik
    Terakhir, berikan pelayanan pelanggan yang terbaik. Jika Anda bisa membuat konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka pun tidak akan ragu untuk kembali membeli produk yang dijual dan merekomendasikannya ke orang lain. Sebaliknya, jika pelayanan tidak memuaskan, pelanggan bisa kabur.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan bersaing dengan kompetitor adalah dengan memastikan pengiriman tepat waktu. Jika konsumen bisa menerima barang yang mereka pesan dengan lebih cepat, mereka pun akan lebih senang berbelanja dengan Anda. Namun di saat pengiriman sedang banyak dan Anda juga sedang sibuk, menjamin kualitas pengiriman bisa begitu merepotkan.

    Maka itu, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman barang yang berkualitas sehingga Anda dapat kirim barang dan paket dengan aman dan menjaga tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan.

    Sumber: 9 Strategi Bersaing Agar Bisnismu Unggul dari Kompetitor
     
  2. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Menciptakan kesan diferensiasi ini sangat sulit sepertinya... Perlu jam terbang yang lama dan pengetahuan yang dalam di suatu produk
     
Loading...

Share This Page