Tips Buang Air Kecil yang Bersih dan Sehat

Discussion in 'General Lifestyle' started by bontilicious, Aug 12, 2019.

  1. bontilicious

    bontilicious Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    35
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Buang air kecil atau BAK merupakan kebutuhan setiap manusia. Dalam satu hari seorang manusia bisa berkali-kali BAK untuk melakukan metabolisme tubuhnya. BAK juga diperlukan untuk mengatur suhu tubuh, sebagai contohnya adalah tubuh yang tinggal di daerah dingin akan lebih sering BAK dibandingkan mereka yang berada di suhu yang lebih panas. Karena itu buang air kecil bisa dilakukan saat Anda berada di rumah ataupun di tempat lain misalnya di kantor dan di mall.

    Pada beberapa kasus lansia, buang air kecil bisa tidak terduga kapan datangnya. Dalam ilmu kedokteran hal ini disebut inkontinensia atau tidak dapat berfungsinya otot dalam mengatur buang air kecil. Ketidak normalan ini kerap terjadi di kalangan lansia atau orang-orang tua yang umurnya sudah lanjut. Meskipun begitu, orang yang di dera masalah kesehatan bisa juga terkena masalah ini. Salah satu solusi yang dianggap praktis adalah dengan menggunakan popok.

    Popok yang dimaksud adalah popok orang dewasa celana atau perekat yang memang di desain secara khusus bagi penderita inkontinensia. Tidak terduganya kapan Anda harus BAK mengakibatkan Anda juga harus sering melakukannya di toilet umum yang kurang terjaga kebersihannya. Pada saat Anda melakukan BAK di toilet adalah saat Anda lebih mudah terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit. Seperti di ketahui bahwa toilet adalah tempat BAK dan BAB yang merupakan sarang kuman. Jika toilet sendiri kurang terjaga kebersihannya maka besar kemungkinan Anda bisa terkontaminasi. Dan jika kondisi tubuh kurang fit, bisa jadi kuman penyebab penyakit tersebut bisa menimbulkan penyakit di tubuh Anda.

    Agar terhindar dari penyakit akibat kontaminasi di toilet, berikut ini adalah tata cara yang perlu Anda lakukan saat akan melakukan BAK baik di toilet rumah ataupun di toilet umum:

    1. Cuci tangan saat masuk ke kamar mandi.
    Tempat toilet yang baik adalah yang memiliki bak cuci tangan di luar toilet. Gunakan untuk cuci tangan Anda sebelum masuk ke toilet.

    2. Gunakan toilet yang sesuai gender.
    Selalu gunakan toilet sesuai dengan jenis toilet yang ditentukan. Hal ini penting agar Anda nyaman saat melakukan BAK dan BAB serta menjaga agar tidak terjadi tindakan asusila.

    3. Guyur sebelum digunakan.
    Baik di toilet rumah ataupun toilet umum, selalu guyur-guyur toilet sebelum menggunakannya untuk melarutkan kotoran ataupun kuman. Jika menggunakan toilet duduk, maka tutup toilet terlebih dahulu sebelum mengguyur.

    4. Gunakan toilet sesuai dengan jenis toiletnya.
    Ada banyak jenis toilet yang ditemui di dunia. Gunakan toilet sesuai dengan jenis penggunaannya. Jangan jongkok di toilet duduk dan begitu juga sebaliknya. Gunakan tombol flush yang disediakan untuk mengguyur kotoran.

    5. Gunakan tissue.
    Gunakan tissue untuk kontak terhadap benda di toilet. Gunakan tissue untuk membersihkan diri jika dibutuhkan. Namun jangan buang tissue ke dalam closet karena akan menyebabkan penyumbatan.

    6. Guyur ketika sudah selesai.
    Jangan lupa guyur closet setelah selesai digunakan sesuai dengan penggunaannya.

    7. Cuci tangan kembali.
    Setelah keluar dari toilet, cuci kembali tangan Anda dengan sabun agar kuman yang ada mati seketika dan tidak mengakibatkan penyakit.

    8. Gunakan toilet paling dekat pintu.
    Jika berada di toilet umum, gunakan toilet yang paling dekat dengan masuk yang secara penelitian lebih minim terkena kontaminasi kuman.

    Itulah tata cara buang air kecil yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kontaminasi kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Untuk menghindari penggunaan toilet umum, lakukan BAK secara rutin dan sebelum berangkat bepergian. Pilihlah toilet yang paling bersih untuk digunakan. Jangan ragu untuk keluar kembali dan berganti toilet jika memang toilet tersebut terlalu kotor untuk dipakai.

    Untuk toilet di rumah sendiri, jaga kebersihannya dengan cara menggosoknya setiap hari menggunakan cairan pencuci toilet yang mengandung zat anti kuman. Sediakan cairan pencuci tangan untuk membersihkan tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan toilet agar kuman di kamar mandi tidak ikut keluar dan mengkontaminasi rumah.

    Pelajari selengkapnya mengenai buang air kecil, mulai dari kebersihannya dan kondisi dimana buang air kecil terlalu sering melalui url ini https://tanyaconfidence.com/gejala-penyakit-sering-buang-air-kecil-cara-mengatasinya/
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,148
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Ada istilah dari para kuli, kencing saja bayar apalagi nyuruh orang , di kota-kota mah ada toilet umum tapi memang jarang yang gratis, paling gak bayar 2000 rupiah, tapi yah daripada kesakitan menahan kencing bisa jadi penyakit nantinya
     
Loading...

Share This Page