Tips Cara Memberikan Rasa Aman Rumah Saat Mudik Natal dan Tahun Baru

Discussion in 'General Lifestyle' started by pasitive, Dec 4, 2018.

  1. pasitive

    pasitive Member

    Joined:
    Nov 27, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Saat ini kita sudah berada pada bulan terakhir tahun 2018. Bulan ini juga sebagian banyak orang dikenal dengan bulan liburan akhir tahun karena pada bulan ini sebagian pekerja baik itu negeri atau pun swasta mengambil jatah libur cuti tahunan mereka.

    Bertepatan dengan itu, pada bulan ini juga terdapat satu perayaan keagamaan yaitu perayaan Natal yaitu sebuah perayaan keagamaan yang diperingati oleh umat Kristiani setiap tanggal 25 Desember dan dilanjutkan dengan peringatan akhir tahun baru 2019. Karena itu momen ini banyak dimanfaatkan orang untuk kembali ke kampung halaman sebagai cara untuk bertemu sanak saudara.

    Tapi jika rumah Anda kosong karena ditinggal mudik, akan rawan terjadi tindakan kejahatan seperti pencurian dan kejadian rawan lainnya. Di artikel kali ini, akan di bahas bagaimana memberikan #RasaAman rumah Anda saat ditinggal mudik Natal dan Tahun Baru.

    1. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Sudah Terkunci

    Hal paling penting yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengunci semua jendela dan pintu. Pintu dan jendela merupakan pilihan pertama para pencuri untuk masuk kedalam rumah. Setelah mengunci semua pintu dan jendela, jangan sekali kali meletakkan kunci rumah di tempat yang mudah ditebak para pencuri seperti di bawah keset, pot dan tempat lainnya.

    2. Cabut Semua Colokan Listrik dan Gas

    Langakah ini dilakukan untuk menghindari terjadikan konseleting listrik yang berakibat terjadinya kebakaran. Pastikan Anda sudah mencabut semua colokan listrik yang ada di dalam rumah. Selain mencabut colokan listrik, jika Anda menggunakan gas untuk memasak, pastikan juga untuk mencabut selang gasnya untuk menghindari gas bocor dan menyebabkan kebakaran.

    3. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

    Saat mudik, tentunya Anda tidak bisa membawa semua barang yang ada di dalam rumah. Untuk itu, Anda harus menyimpan barang yang berharga seperti surat surat berharga dan perhiasan di tempat yang aman. Anda bisa menyimpan barang barang tersebut di lemari atau jika ada, Anda bisa menggunakan safety box seperti brankas sebagai tempat untuk menyimpan barang barang berharga.

    4. Tutup Semua Lubang Pembunagan

    Lubang pembungan adalah salah satu jalan masuk untuk hewan seperti kecoa dan tikus. Mnutup lubang pembungan dapat mencegah hewan hewan tersebut masuk kerumah Anda dan membuat kotor dan berantakannya isi rumah. Juga jangan lupa untuk membuang sampah yang ada ditempat sampah untuk menghindari bau busuk rumah saat ditinggal mudik.

    5. Lapor Pada RT dan Petugas Keamanan

    Sebelum meninggalkan rumah, lebih baik terlebih dahulau Anda melapor pada RT atau memberi tahu kepada petugas keamanan dan tetangga bahwa Anda akan pergi. Dengan cara ini maka ada orang yang tahu bahwa Anda sedang pergi dan mereka bisa membantu memperhatikan rumah yang sedang Anda tinggal pergi.

    6. Memasang Kamera Pengintai

    Sebagai pendukung dan memberikan #RasaAman untuk rumah Anda memasang kamera pengintai seperti cctv bisa menjadi cara untuk memberikan keamanan ekstra. Dengan memasang kamera cctv Anda bisa memantau dan melihat keadaan sekitar rumah Anda dari jarak jauh dimana pun dan kapan pun melalui paket cctv yang bisa terhubung ke internet. Bila terjadi sesuatu yang mencurigakan, Anda pun bisa langsung menelpon keamanan di tempat tinggal Anda untuk melakukan pengecekan.

    Semoga tips mengamankan rumah saat mudik di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Selingilah usaha untuk mengamankan rumah dengan doa agar rumah Anda terjaga lebih maksimal.
     
Loading...

Share This Page