Tips Cara Membersihkan Bagian Dalam Knalpot Motor 4T

Discussion in 'Otomotif' started by arielriva, Jun 9, 2014.

  1. arielriva

    arielriva Member

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    295
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Salah satu yang menyebabkan tenaga mesin 4 tak anjlok adalah kotornya isi bagian dalam knalpot, akibat pemakaian. Umumnya knalpot motor akan kotor seiring waktu, biasanya terjadi pada rentang usia pemakaian di atas 80.000 atau 100.000 km. Penyebab utama kotornya ini adalah karena pemakaian yang selalu pelan dan lambat. Berkendara dengan pelan memang bagus untuk ke awetan sparepart kendaraan, namun akan beresiko besar jika cara berkendara seperti itu menjadi kebiasaan.berkendara pelan disini adalah selalu membiasakan membawa motor di bawah kecepatan 45km/jam.

    Ini sangat berbahaya karena timbal carbon sisa pembuangan akan menumpuk di ruang bakar dan knalpot, terutama untuk klep dan juga knalpot. Hal ini dapat menyebabkan klep bertabrakan dengan piston, sedang untuk knalpot bisa menyebabkan timbunan kerak karbon. Akibatnya lobang buang menjadi semakin sempit dan performa mesin pun menurun. Untuk mengatasi klep yang bermasalah anda harus pergi ke bengkel.

    Tapi untuk knalpot? Bisa di lakukan sendiri kok,

    Bagaimana cara membersihkan bagian dalam knalpot motor? Beginilah caranya:

    - Sumbat lobang kecil yang ada di bagian tengah bawah knalpot (lobang kecil pembuangan air), knalpot tak usah di bongkar,biarkan saja.

    - Tuangkan oli baru sebanyak seperempat liter kedalam knalpot motor 4T anda melalui lobang gas buang knalpot,dan panaskan mesin.

    - Pastikan oli tidak ada yang bocor, lalu biarkan mesin langsam/stationer hingga oli di dalam knalpot mendidih dan knalpot mengepulkan asap pekat.

    - Tarik gas agak dalam agar semua oli di dalam knalpot mendidih, knalpot harus bener bener panas, atau di bawa keliling keliling sejauh 5km juga tidak apa apa.

    - Setelah itu,matikan mesin,dan buka lobang kecil pembuangan air yang ada di bawah knalpot.

    - Lihat hasilnya, Menakjubkan, Semua kerak kerak rontok total dan oli drastis menjadi super kental karena kotoran karbon, persis seperti oli mesin diesel yang udah menempuh jarak 10.000km.

    Itulah tips untuk membersihkan bagian dalam knalpot anda, semoga bermanfaat :)

    Source
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalau untuk motor matic bagaimana? Apakah sama juga?
     
  3. Andi Liryk

    Andi Liryk Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    iya tu mass , apakah sama aja . sampai sekarang aku masih bingung
     
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    bagus nih tipsnya... kalau untuk mobil juga dilakukan perawatan yang sama??
     
  5. arielriva

    arielriva Member

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    295
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Untuk matic sih kayaknya bisa. Tapi rentan euy, soalnya matic kan rendah banget tuh knalpotnya. takutnya malah masuk, leleh dan ga ngangkat si oli nya. Mending lepas dulu kalo Matic, jaga jaga :D
     
Loading...

Share This Page