Tips Cara Menulis Puisi yang Baik

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Kanggarda, Oct 16, 2013.

  1. Kanggarda

    Kanggarda Member

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    57
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Menulis puisi dengan baik itu gampang-gampang susah. Ada orang yang mengatakan “Saya bisa menulis puisi jika sedang berada di kamar yang sunyi.” Ada pula yang mengatakan “Saya bisa menulis puisi di mana saja.” Pendapat lain mengatakan “Saya bisa menulis puisi saat hati saya sedang sedih.”

    Ungkapan-ungkapan tersebut, hanya sebagian kecil saja pendapat orang tentang menulis puisi. Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan menulis puisi dengan baik & Benar.

    Puisi dapat ditulis berdasarkan catatan harian.
    Ikutilah langkah berikut ini jika Anda akan menulis puisi berdasar catatan harian: *belajar* *akhirnya*

    1. Baca dan renungkan isi catatan harian yang Anda miliki!

    2. Coretlah kata-kata yang tidak penting dan tambahkan katakata yang menurut Anda menarik untuk disertakan!

    3. Hapuslah baris-baris yang tidak penting!

    4. Atur dan urutkan kembali baris-baris yang sudah Anda pilih!

    5. Bacalah kembali hasil akhir baris-baris itu!

    6. Suntinglah kembali baris-baris itu sehingga menjadi barisbaris puisi yang menarik!



    Puisi juga dapat ditulis berdasarkan hasil perenungan. Langkah langkah menulis puisi dari hasil perenungan adalah:

    1. Duduklah di bawah pohon atau di tempat lain yang menyenangkan bagi Anda!

    2. Pejamkan mata Anda dan pikirkanlah tentang hal yang menyenangkan, misalnya berlibur ke daerah pegunungan!

    3. Hiruplah sejuknya udara dingin pegunungan!

    4. Dengarkan suara burung yang berkicauan di dahan pohon!

    5. Rasakan bahwa Anda sedang berada di tempat itu dan rasakan kenyamanannya!

    6. Renungkanlah apa yang Anda rasakan! Renungkanlah bahwa semua keindahan itu merupakan karunia Tuhan!

    7. Resapkanlah dalam hatimu yang telah Anda rasakan dan buka mata Anda perlahan!

    8. Ungkapkanlah apa yang telah Anda rasakan, Anda lihat, Anda sanjung dalam renungan Anda dalam bentuk puisi!

    Hal Hal yang Harus Kita Perhatikan Ketika Menulis Puisi :

    IRAMA
    Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi, irama berupa pengulangan yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan. Irama dapat juga berarti pergantian keras-lembut, tinggirendah, atau panjang-pendek kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan gelombang yang memperindah puisi. Perhatikan puisi DOA karya Chairil Anwar! Dalam puisi tersebut terdapat pengulangan kata Tuhanku.

    RIMA
    Rima (persamaan bunyi) adalah pengulangan bunyi berselang, baik dalam larik maupun pada akhir puisi yang berdekatan. Bunyi yang berima itu dapat ditampilkan oleh tekanan, nada tinggi, atau perpanjangan suara. Perhatikan kutipan puisi DOA berikut ini!

    Tuhanku
    Dalam termangu
    Aku masih menyebut namaMu
    Biar susah sungguh
    mengingat Kau penuh seluruh

    Sumber
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. syukron nuryadi

    syukron nuryadi Member

    Joined:
    Aug 30, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    menulis puisi itu bakat bakatan,gan,kadang orangnya kelihatan sangar tapi bisa membuat puisi dengan baik
     
  3. sayangnya saya gak suka puisi gan
     
  4. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    638
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Menulis puisi bagi aku sama dengan mengespresikan diri. Cara meditasi yang bagus biar terhindar dari stres :")
     
  5. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Perlu penjiwaan yg begitu mendalam kayanya untuk buat 1 puisi penuh arti, agar tidak asal keluar hihi
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bener Gan Irfan, kalau yg jiwa seni nya kurang agak susah juga bikin puisi yg bagus
     
  7. Ridwan Ramadhan

    Ridwan Ramadhan New Member

    Joined:
    Feb 24, 2018
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Iya juga yaa, pantes aja aku tuh susah banget bikin puisi atau pantun gitu hehee, ga bisa sembarangan yaa
     
Loading...

Share This Page