Tips Cara Merawat Mobil Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Discussion in 'Otomotif' started by JMKM, Sep 6, 2017.

  1. JMKM

    JMKM New Member

    Joined:
    Apr 12, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mobil adalah alat transportasi yang dulunya diciptakan hanya untuk kalangan tertentu saja. Namun, seiring berjalannya waktu, transportasi beroda 4 ini dapat dimiliki oleh siapa saja. Saat ini, kebanyakan orang mempunyai mobil untuk berbagai alasan, mulai dari untuk kegiatan acara keluarga atau untuk berbagai kepentingan lainnya.
    [​IMG]

    Meskipun mobil telah dapat dimiliki oleh semua orang, namun tidak semua orang yang memiliki mobil mampu untuk menguasai mobil tersebut sepenuhnya. Hal ini tidak jarang membuat mobil yang dimilikinya tidak bertahan lama karena salah dalam perawatan dan pemakaiannya. Terdapat beberapa tips dan trik mengenai perawatan mobil yang dapat dilakukan bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

    Jika Anda sering memakai mobil Anda ke daerah pantai, sebaiknya cuci mobil Anda di tukang cuci mobil yang terpercaya. Hal ini dikarenakan mobil yang sering digunakan ke pantai jika tidak bersih dalam membilasnya terutama di bagian kolong mobil, akan semakin meningkatkan efek korosi pada mobil. Selain itu, untuk merawat mobil Anda agar dapat berjalan mulus tanpa hambatan, jangan pernah lupa untuk melakukan spooring roda serta memeriksa kampas rem.

    Pengecekan tie-rod, baut pada suspensi, kaki dan ball join juga sebaiknya Anda lakukan agar mobil Anda tetap nyaman. Perawatan mobil lainnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa air aki serta kapasitas oli. Jika telah mendekati batas maksimal yang telah ditentukan, alangkah baiknya Anda tambahkan segera, sebab jika dibiarkan mengering akan dapat merusak sel pada mesin Anda. Untuk oli, sebaiknya Anda ganti jika telah mobil Anda telah mencapai jarak 2000 km agar mesin mobil tidak cukup berat dalam bekerja.

    Pengecekan lain yang harus Anda lakukan pada mobil Anda, antara lain yaitu:

    · Perhatikan masalah V-belt apalagi jika telah mengeluarkan suara mendecit

    · Jangan lupa untuk membersihkan saringan udara menggunakan kompresor pada bilah saringan mulai dari bagian dalam ke bagian luar.

    · Jika mobil Anda masih menggunakan karburator, maka Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan khusus atau dengan injector cleaner jika mobil Anda menggunakan sistem injeksi.

    Itulah beberapa tips dan trick dalam merawat mobil, agar mobil Anda tetap awet dan nyaman ketika digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  3. JMKM

    JMKM New Member

    Joined:
    Apr 12, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    terima kasih atas komentarnya ^-^
     
  4. sangat membantu sekali gan, thanks gan infonya
     
  5. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Pernah pengamanan Masalah Vbet, untung putusnya dirumah, itu udah ada gejala sebenarnya, dari mulai mendecit hingga bunyi"an aneh, lebih baik langsung kebengkel, jangan paksain jalan, kalau dimana" berabe deh, apalagi aki, aku sih selalu bawa aki cadangan buat jumper
     
    HanyaSatu likes this.
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Pada bagian saringan udara, karena letaknya didalam, kadang terlupakan yaa, tau" angin yg keluar bau kan jadi ga enak sendiri
     
  7. dataeka

    dataeka Member

    Joined:
    Jan 18, 2015
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Ane paling males nih untuk ngelakuin spooring roda sama periksa kanpas rem... :-D
    Mau mobil kek, mau motor kek, ane paling gak bisa ngerawat bagian yang berhubungan dengan rem.
     
  8. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Makasih infonya bermanfaat buat ane kalo nanti punya mobil hehe
     
  9. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    tapi kita juga harus cermat ketika membeli mobil gan, apa lebih baik nyicil mobil baru atau nyicil mobil bekas.
    karena itu banyak berbagai macam pertimbangan penting untuk kelanjutannya
     
  10. Nurdiansyah

    Nurdiansyah New Member

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Setuju banget nih, kadang masalah terbesar adalah malas nya itu, malas nyari info, malas ngerjain, kan lebih murah dan lebih tenang kalau kita tahu sendiri dan mengerti unsur kerja di sistem mobil yaa
     
Loading...

Share This Page