Tips Cerdas dan Tepat Membeli Rumah KPR

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by anwarfahmi93, May 12, 2017.

  1. anwarfahmi93

    anwarfahmi93 New Member

    Joined:
    Feb 8, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Tips Cerdas dan Tepat Membeli Rumah KPR

    Untuk membeli rumah memanglah bukan hal mudah. Selain harus cermat dalam memilih, dana tentunya memegang peranan yang sangat besar dalam hal ini. Ya, bayangkan saja bagaimana caranya membeli rumah tanpa uang ? Harga rumah pun tidak murah, meski memang juga ada yang lebh terjangkau seperti berbagai perumahan yang dibangun oleh Perumnas dan merupakan perumahan bersubsidi. Dibalik mahalnya harga rumah, beruntungnya perbankan-perbankan di Indonesia menyediakan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), yang mana dengan fasilitas ini masyarakat dapat membeli rumah dengan cara mengangsur pembayarannya. Membeli rumah KPR pun tidak bisa dikatakan sebagai cara membeli rumah yang gampang. Sama halnya dengan membeli cash, perlu cermat dan teliti untuk membelinya. Di bawah ini tips cerdas dan tepat untuk membeli rumah KPR :

    1.Tentukan janga waktu KPR. Jangka waktu KPR ada bermacam-macam. Semakin lama waktu kredit, maka semakin besar juga total bunga yang harusnya dibayar, meski besar cicilan mungkin lebih minim. Sesuaikan panjangnya waktu KPR ini dengan kemampuan finansial anda juga.
    2.Siapkan uang tunai. Meskipun anda membeli rumah dengan fasilitas KPR yaitu dengan cara mengangsur, namun uang tunai haruslah disiapkan. Untuk apa ? Banyak, mulai dari untuk booking fee, untuk uang muka, administrasi kredit, provisi sampai dengan biaya untuk ke notaris.
    3.Bandingkan macam fasilitas KPR. Supaya anda juga bisa menemukan fasilitas KPR yang terbaik. Karena masing-masing bank bisa saja punya fasilitas KPR maupun sistem yang berbeda. Sehingga anda harus bisa lebih cermat memilih yang terbaik dan cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan survei dari bank ke bank untuk cari tahu seperti apa fasilitas yang dihadirkan, kemudian barulah bandingkan serta pilih yang terbaik untuk membeli rumah KPR harapan anda.
    4.Track record juga merupakan bagian dari hal penting untuk diperhatikan sebagai tips dalam membeli rumah. Rekaman transaksi anda haruslah bisa dijaga dengan baik di bank mana saja. Karena track record anda sebagai nasabah bank dapat mempengaruhi proses permohonan KPR yang anda ajukan. Jika catatan bagus di bank, maka bank pun akan mudah untuk menyetujui permohonan KPR. Namun begitu sebaliknya, jika ternyata pemohon masuk dalam catatan hitam bank, maka KPR akan sulit disetujui bahkan bisa gagal memperoleh rumah KPR.
    5.Yakinkan bahwa anda layak untuk mendapatkan fasilitas KPR. Dengan cara apa ? Salah satunya adalah patuh terhadap aturan KPR, segera kumpulkan berkas-berkas dan dokumen yang menjadi persyaratan, tak perlu mengulur-ulur waktu. Cara yang sederhana ini menunjukkan keniatan anda untuk membeli rumah dengan KPR.
     
    Last edited: May 15, 2017
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    bermanfaat nih tulisannya buat beli rumah
     
  3. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page