Tips Cerdas Mengelola Gaji Kecil

Discussion in 'General Discussion' started by kursitamu, Jul 25, 2015.

  1. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Buat Budget Bulanan
    Terlihat seperti perhitungan memang, tapi percaya atau tidak, hal ini bisa membantu Anda untuk mengontrol dan mengelola gaji Anda untuk 30 hari ke depan. Anggaplah gaji per bulan Anda Rp 5 juta.

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buat budget yang sudah pasti terlebih dahulu, seperti tagihan listrik Rp 183 ribu, tagihan air Rp 90 ribu, tagihan internet dan Televisi Rp 165 ribu, belanja bahan dapur Rp 1 juta, transportasi Rp 300 ribu, dan sebagainya, segala pengeluaran yang pasti dalam setiap bulannya.

    Kedua, buat budget untuk kebutuhan tersier, seperti liburan dan shopping Rp 500 ribu, dana darurat Rp 500 ribu, dan lain-lain.

    Berarti anggaran wajib per bulan Anda adalah kurang lebih Rp 2,8 juta. Masih tersisa Rp 3,8 juta.

    Lunasi Hutang Dan Cicilan
    Segera lunasi segala tagihan dan cicilan yang belum dibayar setelah menerima gaji. Ini dapat membantu perhitungan anggaran jangka panjang Anda. Jika Anda tidak dapat melunasi hutang dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran lagi hingga hutang tersebut lunas. Jangan sampai pendapatan Anda habis hanya untuk membayar cicilan barang. It can be a nightmare!

    Catat Setiap Dana Yang Anda Pakai
    Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan ini, cukup luangkan waktu Anda sekitar 15 menit sehari di malam hari untuk mencatat semua pengeluaran di hari tersebut. Bila Anda belanja di modern market, jangan buang struk belanjanya, ini dapat membantu Anda menghitung pengeluaran di hari itu.

    Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank
    Anda wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama dapat Anda gunakan untuk semua transaksi, seperti terima gaji, bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll.

    Sementara untuk tabungan yang kedua, digunakan untuk menabung. Buat aturan, setidaknya Anda harus menabung per bulan minimal Rp 1 juta. Dengan adanya aturan ini, Anda akan lebih bijak untuk menggunakan uangnya. Pilih bank yang biaya administrasi tiap bulannya kecil dan dengan fasilitas mesin ATM yang sedikit. Anda pun bisa menyimpan kartu ATM nya di tempat yang tidak mudah dilihat. Usahakan jangan pernah menggunakan uang yang ada di bank kedua. Namun jika Anda terpaksa harus mengambil uang dari bank kedua, pastikan saat tanggal gajian telah tiba, langsung ganti uang yang digunakan di rekening kedua tersebut.
    https://kreditgogo.com/
     
    Wiji Astuti likes this.
  2. M Fery

    M Fery Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    294
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
  3. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Hehehe jadi problem banget buat kita juga toh gan :D
     
  4. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    akan lebih dahsyat, kalau gajinya ditabung untuk di investasikan di bisnis... biar hasilnya berkali-kali lipat dan tdk akan pusing lg dengan gaji kecil karena pendapatan kita naik..
     
  5. abditea

    abditea Member

    Joined:
    Sep 24, 2014
    Messages:
    503
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    tipsnya sangat mudah, tapi pas mau dijalanin kadang susah juga harus catat setiap pengeluran malah pusing:D
     
Loading...

Share This Page