Tips dan Trik Endorsement untuk Online-Shop

Discussion in 'Online Business' started by JaringanHosting, May 19, 2015.

  1. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    ENDORSEMENT

    Istilah Endorsement mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis online di Indonesia, karena sudah begitu banyak yang melakukan praktik endorse ini.

    Endorsement atau yang lebih dikenal dengan Endorse adalah memberikan dukungan terhadap suatu produk. Hal ini biasanya dilakukan dengan Anda (sebagai seller) memberikan produk Anda secara gratis kepada seorang artis atau public figure, dengan timbal balik artis atau public figure tersebut mempromosikan produk Anda.

    Namun, untuk lebih membantu menjelaskan, kami akan bantu dengan memberikan ilustrasi.
    [​IMG]

    Skema Endorsement :

    · Anda selaku penjual memberikan endorsement pada artis atau public figure pilihan Anda , biasanya berupa produk/jasa secara gratis dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama di awal perjanjian endorsement.

    · Setelah Artis/Public Figure menerima produk Anda, maka sebagai timbal baliknya Artis / Public Figure tersebut akan mempromosikan produk Anda melalui berbagai media.

    · Promote ini bisa berlangsung hanya 1 kali post, bisa juga beberapa kali, tergantung kesepakatan antara Anda dengan Endorser.


    Tentu saja trik Endorsement ini bisa menjadi salah satu trik paling booming dan bisa memberi ledakan visitor maupun buyer untuk Anda.

    Tapi, meskipun terlihat mudah, sebenarnya Endorsement ini juga perlu taktik khusus loh :D

    Ini dia Tips dan Trik Endorsement ala tim Jarhost

    1. Produk. Lihat dulu produk apa saja yang akan Anda endorse pada Public Figure pilihan Anda, sesuaikan supaya produk Anda benar-benar memenuhi kriteria dari Public Figure tersebut.

    2. Pilih dan hubungi Public Figure yang sudah Anda incar menjadi endorser. Jangan salah pilih, pastikan public figure tersebut cukup berpengaruh sehingga bisa membawa dampak positif bagi Anda. Supaya Anda tidak rugi sudah meng-endorse J

    3. Kesepakatan. Buat kesepakatan sejak pertama kali menghubungi public figure yang akan di endorse. Jika mereka sudah sering menerima endorsement, biasanya sejak awal mereka akan bertanya tentang kesepakatannya, apa saja timbal balik yang Anda minta dari mereka. Pastikan dalam membuat kesepakatan ini Anda juga diuntungkan, simbiosis mutualisme deh kalau istilah biologinya :D

    4. ACTION ! setelah kesepakatan sudah ada, Anda sebaiknya se-segera mungkin melunasi janji endorse Anda supaya bisa secepatnya di promosikan oleh public figure yang sudah Anda hubungi tadi.


    Sekarang, Anda sudah tahu tentang Endorsement.

    Tertarik untuk mencoba?

    Tips dan Trik Endorsement ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang bergelut di dunia toko online / onlie shop untuk meningkatkan penjualan dan menambah pangsa pasar Anda.


    Semoga bermanfaat *bagus*

    Sumber Artikel di SINI
     
  2. Novita Amanda

    Novita Amanda Member

    Joined:
    May 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    oo, jadi nanti kita akan menggunakan popularitas artis pilihan kita. Tapi mas, untuk mendapatkan produk yang cocok dengan artis pilihan kita kan susah, apalagi jika tokonya sudah jadi dan mengeluarkan modal yang cukup banyak mas. Kalo gitu gimana mas atau ada cara lain yang cocok buat pemula di bidang online shop.. soalnya saya juga lagi coba peruntungan di online shop..!! :)
     
  3. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Muantap banget Den @JaringanHosting, salah lagi trik jitu anda keluarkan, bener2 jurus kelas wahid semua
    untuk pertanyaan Jeng @Novita Amanda, sebaiknya tunggu juga dari Den @JaringanHosting y, cuma saya kasih saran aja deh
    Sebenernya kalo usaha offline tidak perlu artis jika tidak beriklan di media cetak atau televisi y, cukup dengan misalnya tokoh yang berpengaruh di daerah tersebut, atau ketua RT/RW bahkan Camat deh. Kalau soal online, jika ada mau mencoba peruntungan tanpa modal serta mau belajar trik tahan banting ala online shop, coba daftar ke tokoped** atau bukalap**, jika modal anda lumayan, nah itu coba bertanya secara pribadi dengan Aden @JaringanHosting, maksudnya membuat Web/Blog tentang online shop anda sendiri dan cara promosinya banyak cara (media sosial, misal bersosial.com ini) tapi gimana tips dan triknya
    hubungi aja yang buat thread ini deh, dia lebih mahir ilmunya
     
  4. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    ini sebelumnya jeng @Novita Amanda punya toko offline ya? lalu mau coba jual produk secara online?
    kalau gitu menurut saya langkah pertama siapkan dulu media online nya, bisa di e-commerce yg sudah jadi ky tokopedia dkk gitu, atau mau main sosmed (facebook / twitter / instagram) setelah itu baru coba hubungi artis/public figure yang menurut jeng Nov sesuai lah dengan produk yang dijual

    misal : jual baju untuk ibu hamil (cari artis yg sedang hamil dan dia biasanya mau di endorse ** karena tidak semua artis terima endorse)
    gitu jeng.. :)

    ah den @AquariuZ Aquaristik bisa aja .
    ni masih belajar banyak nih den, :D
    itu boleh juga apa saya harus endorse pak camat dulu ya biar punya website ? *ketawa4*
     
  5. Novita Amanda

    Novita Amanda Member

    Joined:
    May 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Toko offline sih belum punya mas, baru merintis toko online dengan sistem dropship.. Jadi masih promosi via facebook sama twitter aja mas.. Pake blog juga belum bisa banget, apa itu namanya SEO gitulah, gak ngerti.. :(
     
  6. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    gini jeng kalo menurut saya, sementara dicukupkan dulu pakai facebook dab twitter, biar sampai settle (stabil) dulu. sambil bisa sekalian coba belajar blog dan teknik-tekniknya supaya nambah ilmu juga.
    kalau di facebook mungkin endorsement ini jarang diterapkan jeng, lebih fokus di twitter karena sekarang lagi rame banget dan di twitter juga ada buzzer, atau yang lebih dikenal sebagai selebtwit, ada banyak referensinya kok jeng :D
     
  7. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Jeng @Novita Amanda, seperti kata Bro @JaringanHosting, bisa mulai dari FB dan Twit dulu, sambil main di situ, sebaiknya Ajeng juga coba main-main ke tokoped** dan bukalap**
     
  8. Novita Amanda

    Novita Amanda Member

    Joined:
    May 27, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Iya mas akan saya terapkan, terima kasih sarannya ya mas :)
     
  9. aria34

    aria34 Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    41
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Yup betul sekali..... Sudah lazim sekarang menggunakan metode endorsement untuk menaikkan status produk dan juga agar produk tersebut dikenal masyarakat.
     
  10. ihsan mufthi

    ihsan mufthi Member

    Joined:
    Feb 5, 2015
    Messages:
    348
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    teknik endorsment ini sering dilakuka di instagram :) dan terbukti ningkatin trust dari calon pembeli :)
     
Loading...

Share This Page