Tips dan Trik Mancing Ikan Di Musim Hujan Paling Mantap

Discussion in 'General Sports' started by Blok B 3, Dec 9, 2019.

  1. Blok B 3

    Blok B 3 Member

    Joined:
    Feb 24, 2016
    Messages:
    335
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bagi para penghobi mancing tentu tidak akan peduli jika cuaca sedang panas, mendung, bahkan hujan sekalipun.

    Namun, sebenarnya mancing saat musim hujan bisa menimbulkan kesulitan, dimana suhu air yang turun membuat ikan malas untuk memakan umpan. Belum lagi pelampung yang selalu bergerak sehingga sulit membedakan umpan umpan sudah disambar ikan atau belum.

    Agar lebih cepar dalam memancing saat musim hujan, berikut kami berikan Tips dan Trik Mancing Ikan Di Musim Hujan Paling Mantap.

    1. Gunakan Pakaian Pelindung

    Pakaian pelindung berguna agar tubuh tidak basah oleh air siraman air hujan. Karena menurut pemancing, tubuh yang terus menerus tersiram air hujan bisa menyebabkan hipotermia yang ditandai dengan tubuh menggigil dan tremor atau tidakmampuan dalam mengendalikan pancing dan joran. Maka dari itu, usahakan menggunakan pakaian pelindung.

    2. Gunakan Teknik Melayang

    Saat hujan lebat ikan menjadi malas bergerak kepermukaan, sehingga penggunaan pelampung harus disetel agak naik. Karena pelampung agak naik bisa mengakibatkan pemberat bergerak lebih cepat ke dalam hampir mencapai dasaran. Dengan posisi umpan melayang, membuat ikan berukuran besar cenderung lebih senang memakan umpan. Teknik melayang sangat cocok untuk mancing ikan di musim hujan.

    3. Hindari Tempat Terbuka

    Hindari tempat terbuka jika keadaan hujan lebat disertai petir. Hal ini untuk menghindari resiko terkena petir dan juga meminimalisir kontak air hujan yang bisa mengakibatkan turunnya suhu permukaan tubuh.

    4. Hindari Mancing Di Tengah Aliran Sungai

    Kondiri aliran sungai sangat berubah-ubah, kadang banjir datang secara tiba-tiba. Maka dari itu, hindari mancing di atas bebatuan ditengah sungai. Karena jika banjir datang secara tiba-tiba, anda akan kesulitan lari kepinggir sungai. Dan bagi anda yang mancing di bibir sungai, pastikan sudah mengetahui jalur evakuasi yang akan dilewati jika terjadi banjir bandang.

    5. Gunakan Barel Swivel

    Menurut para pemancing handal, dikatakan bahwa menggunakan penuntun umpan atau barel swivel bisa memperbesar peluang keberhasilan mancing saat turun hujan. Dan dikatakan juga bahwa penggunaa barel swivel dapat berfungsi sebagai stoper timah, dimana umpan bisa terlihat bergerak secara alami mengikuti arus ikan sehingga ikan menjadi tertarik mendekat pada kail.

    6. Sesuaikan Umpan Yang Digunakan

    Sesuaikan umpan yang digunakan dengan jenis ikan yang akan dipancing. Misalkan, target ikan nila menggunakan umpan cacing posphor. Sedangkan umpan ulat daun pisang untuk target ikan mujair. Apabila anda menyesuaikan jensi umpan dengan target ikan, maka peluang keberhasilan anda akan semakin besar. Mancing dimusim hujan usahakan umpan yang digunakan lebih amis agar tidak kalah dengan aroma air hujan.



    Sumber :
    https://dapuressen.com/tips-dan-trik-mancing-ikan-di-musim-hujan/
     
Loading...

Share This Page