Tips Diet Sehat dan Cepat Dengan Beras Merah

Discussion in 'Health & Medical' started by itaoktavian, Mar 31, 2016.

  1. itaoktavian

    itaoktavian Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Mungkin sudah sering kita dengar bahwa para ahli gizi merekomendasikan untuk mengganti konsumsi beras putih untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan beras merah yang merupakan karbohidrat kompleks. Beras merah juga lebih cocok sebagai bagian dari menu diet sehat dan cepat karena mengandung zat antosianin yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti antioksidan, antiglisemik, antikanker, dan antihipertensi.

    Zat antosianin ini adalah lapisan merah yang terlihat pada permukaan butir beras. Anda juga disarankan mengonsumsi beras merah pada saat menjalani program diet karena kalori beras merah lebih rendah daripada beras putih.

    Mengapa Memilih Diet Sehat dan Cepat dengan Beras Merah
    Beras merah direkomendasikan sebagai bagian dari program diet karena mempunyai berbagai manfaat seperti dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena beras merah merupakan karbohidrat kompleks dan mempunyai kandungan serat yang tinggi. Selain beras merah, gandum atau oatmeal juga tergolong bahan pangan yang merupakan karbohidrat kompleks. Beras merah juga baik untuk pencernaan kita karena melancarkan metabolisme tubuh, meminimalkan resiko terserang kanker, dapat mengendalikan kadar gula darah juga kolesterol, dan dapat meringankan penyakit wasir.

    Beras merah juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga memperbaiki kualitas program diet yang Anda jalankan. Ini dikarenakan beras merah mempunyai banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti zinc dan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Beras merah juga mempunyai kandungan zat yang berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel DNA. Tetapi Anda dianjurkan untuk mengonsumsi pula menu pendukung lain untuk meraih hasil diet yang lebih maksimal. Konsumsi beras merah dengan lebih teratur akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bertenaga karena kandungan vitamin B kompleksnya bertanggungjawab pada proses pengolahan energi.

    Tips Diet Sehat dengan Beras Merah
    Cara paling mudah sebagai tips diet sehat dan cepat menggunakan beras merah yang dapat Anda lakukan adalah mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah. Pada pagi hari awali program diet Anda dengan mengonsumsi segelas air hangat yang telah diberi perasan jeruk lemon yang berkhasiat untuk meluruhkan lendir sisa metabolisme tubuh, mengaktifkan enzim tubuh, detoksifikasi, sekaligus memberi tonik pada hati Anda. Setelah itu Anda dapat sarapan berupa buah potong dengan 2 atau 3 jenis buah yang mengandung banyak air. Pilihlah buah-buahan lokal yang sedang musim.

    Saat makan siang Anda dapat mengonsumsi nasi merah dengan sayuran mentah sebagai lalapan, diolah menjadi sup, atau oseng. Sebaiknya menu sayuran lebih banyak daripada nasi. Anda juga boleh mengonsumsi lauk berupa tahu dan tempe dengan olahan sesuai selera. Di sore hari Anda bisa kembali mengonsumsi buah potong jika merasa lapar atau minum segelas susu kedelai. Untuk makan malam, Anda dapat menikmati nasi merah masih dengan sayur dan lauk yang merupakan protein nabati atau mengonsumsi daging atau ikan dengan sayuran tanpa menu karbohidrat. Nah, tak sulit bukan menerapkan tips diet sehat dan cepat ini?

    Sumber : sehatalamiku.com
     
  2. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Iya nih, inul daratista aja makan nha oake beras merah ... ( korban nonton gosip )
    Hehehe
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    saya pernah konsumsi beras merah tapi rasanya kurang enak di makan, kayak banyak ampas padinya :(
     
  4. babolonly

    babolonly Member

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    544
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    jangan lupa olahraga juga, gimana bisa menurunkan berat badan kalau kalori dalam tubuh tidak dibakar. nah, caranya yaitu dengan olahraga
     
  5. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Di daerah masih agak susah dapat beras merah......
     
  6. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Bagus nih emang pake beras merah cukup efektif juga karena rendah kalori
     
  7. itaoktavian

    itaoktavian Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    iya memang berasa merah rasanya kurang enak.. nggak seperti beras putih yang manis. :D
     
  8. Risky Devitasari

    Risky Devitasari Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    121
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    peralihan dari beras merah ke berasa putih rada susah gan, rasanya beda sekali.
     
  9. Yayan Casper

    Yayan Casper Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    679
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    buat referensi nih,, cucok den :D
     
  10. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    makan beras merah rasanya aneh banget kalau untuk saya
     
  11. Hety Ira Susanti

    Hety Ira Susanti New Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Wah ternyata beras merah juga bagus untuk diet ya?... hehehe baru tahu saya.. Selama ini yang saya tahu bagus untuk mencegah diabetes
     
  12. Beras merah gimana rasanya, tapi pasti beda ya rasanya ? Terbiasa dengan beras putih, asal sering olahraga dan bisa ngatur pola makan juga kayaknya bakal turun berat badan :p
     
  13. Ayuni Sabila

    Ayuni Sabila New Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    beras merah sekilonya mahal banget :( nanti aku cobain deh tipsnya kalo kerasa gemukan :D
     
  14. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Beras merah memang cocok untuk program diet, tapi sayang di daerah saya sudah jarang yang tanam, rata2 tanam beras putih semua,,,
     
Loading...

Share This Page