Tips Jitu Melangkahkan Kaki ke Dunia Digital Marketing Bagi Bisnis Anda

Discussion in 'Internet Marketing' started by Maylo Ramadhan, Sep 12, 2017.

  1. Maylo Ramadhan

    Maylo Ramadhan New Member

    Joined:
    Sep 11, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hai! Apa kabar semua? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan relex ketika baca tulisan ini.

    Apa yang akan saya bahas disini merupakan hasil buah pemikiran saya beberapa minggu ini. Jadi tulisan ini merupakan sebuah opini seorang yang mencoba 'On The Shoes of Bisnis Owner' dimana mereka masih ragu atau bingung ketika hendak melakukan transformasi digital untuk bisnis mereka.

    Apapun yang akan dibahas disini bersifat opini dan sangat open untul berdiskusi, tuangkan apa yang anda pikirkan di kolom komen ya.

    So, mari kita mulai bahas dari persoalan yang ada:

    Belakangan ini, batas antara kegiatan di dunia nyata dan dunia maya makin samar. Sebagai contoh, ketika ada seseorang yang ingin membeli baju untuk kekasih mereka, ada dua opsi yang bisa mereka pilih. Pertama, dia bisa datang langsung ke toko dan beli baju yang diinginkan. Opsi kedua, dia bisa buka laptop atau smartphone, masuk ke situs penjual baju, dan beli baju yang diinginkan. Yup, benar sekali. Ini adalah yang dinamakan e-commerce dan efek besar dari kemajuan bisnis industri.

    Tapi yang jadi persoalan adalah tidak semua bisnis bisa di transformasi ke dunia digital dan kalaupun bisa, mereka biasanya bingung untuk memulainya dari mana.

    yang_mesti_dilakukan_saat_bingung.jpg


    Mereka sadar akan pentingnya merubah bisnis mereka ke arah digital dan dengan digital marketing komunikasi bisa berjalan dua arah antara klien -> customer dan sebaliknya tanpa repot.

    Saya sendiri punya usaha bisnis penjualan baju online lewat instagram dan website. Awalnya hanya sekedar berjualan lewat BBM, whatsupp dan tetangga sekitar. Pada awalnya memang saya bingung apa yang saya harus lakukan untuk meningkatkan revenue perbulan dan melebarkan bisnis saya. Saya sudah coba untuk menyuruh orang membuat website penjualan baju online, tapi tetap saja tidak banyak visitor yang masuk, bahkan penjualannya nihil.

    Sampai suatu saat teman saya yang bekerja sebagai Digital Marketer mengajak saya berkumpul untuk sekedar sharing-sharing karena memang sudah lama tidak bertemu. Dari obrolan tersebut saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang membuka pikiran saya. Nah hal ini yang akan saya berikan juga kepada pembaca agar ilmunya terus mengalir bagi mereka yang membutuhkan.

    Intinya, bagi anda yang ingin merubah bisnis anda agar lebih Digital dan meningkatkan revenue ada beberapa cara yang bisa anda coba :
    1. Lakukan research untuk target pasar anda. Hal yang perlu diperhatikan adalah dimanakah target pasar anda banyak menghabiskan waktu di media social. Apakah itu di facebook, twitter, instagram dan sejenisnya. Langkah ini sangat penting sebelum membuat akun digital karena dengan adanya data tersebut, anda bisa fokus ke media digital tersebut dan menyusun langkah selanjutnya.
    2. Susun strategi pemasaran digital anda dengan ahlinya. Jika anda punya banyak waktu mungkin anda bisa belajar dan melakukannya sendiri. Namun, jika tidak anda bisa menyewa jasa digital marketing agency untuk melakukan semuanya mulai dari perencaanaan, eksekusi hingga reporting bulanan. Itu juga kalau anda punya budget tersendiri ya, atau anda bisa menyewa freelane yang lebih masuk budget.
    3. Setelah semua strategi tersusun rapih, selanjutnya mulailah aktif dan mempromosikan akun anda tersebut kepada loyal customer anda ataupun teman dan sanak saudara dengna harapan mereka akan mengunjungi akun kita atau paling tidak share ke teman mereka.
    4. Berikan promo sebagai awal pembukaan bisnis anda di dunia digital. Tidak perlu promo besar-besaran, mungkin potongan harga 10% selama seminggu juga sudah cukup tergantung bisnis apa yang anda gandrungi.
    Untuk awal mungkin itu dulu tips yang bisa saya berikan, tidak banyak namun saya harap bisa membantu teman-teman semua. Jika anda punya case yang sama atau suatu masalah pada bisnis, yuk kita bahas bersama di komen bawah. Saya orangnya sangat suka berdiskusi hehe.

    Cheers!
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Untuk memasarkan bisnis, lebih baik melalui media apa ya yg efektif? apakah google adwords, facebook ads, atau lainnya?
     
  3. Maylo Ramadhan

    Maylo Ramadhan New Member

    Joined:
    Sep 11, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Untuk memilih media yang paling efektif bagi bisnis kita, itu tergantung kira2 potential customer kita lebih banyak berkumpul di media mana. Oleh karena itu, biasanya kita melakukan riset pasar terlebih dahulu dari berbagai social media.

    Misal kita bisnis jualan sepatu dan ingin tahu media yang paling banyak potential buyernya, saya pribadi bakal ngelakuin dibawah ini:
    1. Untuk cek pasar di media Google -> cek search voulme untuk beberapa keyword yang related dengan bisnis kita, misal jual sepatu murah, jual sepatu terbaru, dll. Kalau search voulumenya besar maka bisa dipastikan media Google banyak potential buyernya. Kamu bisa coba cek search volume di sini : https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner/
    2. Untuk cek pasar Facebook ads -> saya biasanya lakukan a/b testing fb ads untuk lihat minat pasar. Tapi sangat jarang akan terjadi conversion di facebook ads, media ini lebih cocok untuk branding produk kita aja.

    Hope this helps
     
  4. ANDHIMIND

    ANDHIMIND Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Informasi yang sangat tepat dan penting bagi pelaku bisnis pemula yang akan melangkahkan kakinya ke dunia digital marketing era sekarang ini. Awalnya memqng perlu belajar dan proses, tetapi lambat-laun pasti akan merasakan efek dari marketing digital ini. Semua terasa mudah bila Anda lakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.
     
  5. bagas35

    bagas35 Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    46
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sepertinya semua Industri dapat di digitalisasi mas, dikarenakan teknologi akan terus berkembang. Ketika Anda berdiam diri maka siap-siaplah untuk tertinggal bahkan terlindas oleh kompetitor Anda
     
Loading...

Share This Page