Tips Jitu Memilih Spot Mancing Ikan Patin Di Sungai Paling Ampuh

Discussion in 'General Discussion' started by Blok B 3, Aug 13, 2019.

  1. Blok B 3

    Blok B 3 Guest

    Menentukan spot mancing memang sangat penting, karena percuma jika saja kita seharian mancing dengan mengandalkan umpan jitu namun spot yang kita tempati nyatanya tidak terdapat ikan patin.

    Dan jika anda memilih spot mancing disungai jangan sembarangan, apabila para pemancing berharap mendapatkan hasil tangkapan dalam jumlah banyak maka pemilihan spot mancing sangat perlu diperhatikan adalah aliran airnya, apakah deras atau tidak ?

    Pilih juga spot mancing yang tepat dan pas sehingga anda bisa terhindar dari istilah keboncosan pada saat memancing. Dengan anda memiliki berbagai teknik mancing, spot manapun tidak perlu anda cemasi.

    [​IMG]
    Spot atau titik mancing ikan patin sangat diperngaruhi oleh cuaca dan musim. Karena pada saat musim kemarau mendatang ikan patin akan dengan senang hati berada di lubuk-lubuk yang memang tempat tinggal nya. Sedangkan pada saat musim hujan, ikan patin akan berpencar atau berpindah tempat dari lubuk-lubuk ke arah hilir.

    Berikut ada 3 spot yang biasa ditempati oleh ikan patin, simak ulasannya berikut ini :

    1. DISEKITAR RUMPON ALAMI

    Rumpon adalah tempat atau spot mancing yang dibentuk secara alami, seperti bekas pohon tumbang. Biasanya tempat tersebut dijadikan sebagai tempat tinggal ikan predator, seperti ikan lele dan ikan patin. Tempat ini sangatlah pas untuk melempar umpan, dan untuk ikan patin yang berdiam diri di spot tersebut bisa memiliki bobot yang beragam, mulai dari 1 kg hingga babon.

    2. DISEKITAR KERAMBA

    Keramba merupakan spot terfavorit ikan patin. Dimana umpan pelet yang jatuh ke dasar dari keramba menjadikan tempat tersebut sebagai titik huni ikan yang beragam, salah satunya ikan patin. Anda bisa mencoba mancing disekitar keramba, namun jangan terlalu dekat karena bisa mengakibatkan kail tersangkut keramba besar.

    3. PINGGIR DANAU, WADUK, DAN RAWA.

    Meskipun satu spot ini kurang ampuh dibanding rumpon dan keramba, karena kita hanya perlu menunggu ikan patin ini lewat untuk mencari makanan di pinggiran. Namun pastikan anda mencari daerah yang paling dalam dan juga spot yang sering dipancing. Usahankan juga umpan berupa pelet atau alami, seperti cacing dan lainnya yang ada di spot tersebut. Bisa dipastikan ikan berkumpul di spot tersebut.

    Waktu yang sangat pas untuk mancing ikan patin adalah pada saat musim hujan tiba. Dimana populasi ikan patin akan banyak menyebar ke penjuru sungai, namun anda juga masih tetap bisa memancing di musim kemarau namun bisa menjadi lebih sulit.

    Ikan patin ini termasuk jenis ikan yang memiliki sifat nokturnal atau aktif mencari makan di malam hari, dimana akan sangat jelas bahwa mancing ikan patin di malam hari akan sangat lebih ampuh. Namun sifat tersebut hanya berlaku pada ikan patin liar saja, karena ikan patin yang ada dikolam sudah beradaptasi dan terbiasa mencari makanan pada saat sedang lapar saja.


    *** Itulah tips jitu memilih spot mancing ikan patin di sungai paling ampuh yang kami informasikan bagi anda. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba. Salam Joran Melengkung!






    Sumber materi :
    https://dapurumpan.com/tips-jitu-memilih-spot-mancing-ikan-patin/
     
Loading...

Share This Page