Tips Jitu Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Discussion in 'Internet Marketing' started by Fahrul Rozi, Oct 8, 2015.

  1. Fahrul Rozi

    Fahrul Rozi New Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan adalah usaha kuliner. Karena makanan merupakan kebutuhan banyak orang yang tidak akan pernah habisnya. Dalam setiap usaha, pasti memerlukan sebuah tips jitu agar usaha yang dijalankan bisa berkembang dan tetap berjalan dengan baik, termasuk juga bisnis kuliner tentunya. Tips tersebut meliputi banyak hal yang tentunya akan berguna untuk menjadi pilar dasar kokohnya sebuah usaha.

    Anda yang baru saja ingin terjun di dunia bisnis kuliner, juga memerlukan banyak tips. Sebab, tidak serta merta usaha baru Anda tersebut akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika sebelumnya Anda tidak mempersiapkan sebuah strategi yang mungkin akan sangat membantu usaha Anda jika diterapkan dengan baik.

    Tips Memulai Bisnis Kuliner

    Nah, tips dan strategi tersebutlah yang akan saya bahas kali ini, di mana dengan ini setidaknya mudah-mudahan usaha baru Anda bisa berkembang dan menghasilkan. Jika bisa sukses, itu lebih baik lagi.

    Oke, tak panjang lebar lagi berikut tips memulai bisnis kuliner untuk pemula dengan modal kecil.

    1. Tentukan Jenis Kuliner Sesuai Keahlian Anda

    Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan jenis bisnis kuliner apa yang paling Anda kuasai. Atau, paling tidak Anda memiliki keinginan dan gairah yang kuat untuk membuat kuliner jenis tersebut.

    Ada banyak jenis kuliner yang bisa Anda jual. Hanya saja, untuk memulai usaha kuliner pertama kalinya saya rasa cukup sulit untuk menjual semua jenis makanan.

    Contoh: Anda pandai membuat kue, membuat sayur, dan membuat berbagai olahan khas daerah misalnya. Nah, di sini pilihlah jenis makanan yang paling Anda kuasai untuk membuatnya. Sebab, dengan memilih jenis makanan yang Anda kuasai, akan membuat apa yang Anda buat tersebut pasti akan siap untuk dijual. Saya rasa Anda pasti mengerti apa yang saya maksud.

    2. Riset pasar

    Riset pasar yang saya maksud adalah melakukan penelitian terhadap minat konsumen di sekitar daerah usaha baru Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana perilaku loyalitas konsumen terhadap makanan yang akan menjadi target Anda. Jika hasilnya memuaskan, silahkan lanjutkan kuliner apa yang akan Anda jual.

    Riset pasar di sini juga untuk melihat, seberapa banyak persaingan antara penjual di daerah Anda. Jika memang peluangnya masih besar, maka besar pula kemungkinan untuk sukses di usaha tersebut. So, lanjut ke tips berikutnya.

    3. Sempurnakan Calon Jualan Anda

    Memang, fakta membuktikan bahwa tidak ada makanan yang selalu sempurna. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berusaha untuk paling tidak mendekati titik kesempurnaan dari makanan yang Akan Anda jual kepada orang lain. Mungkin menyempurnakan soal rasa, aroma, warna dan hal-hal lainnya agar lebih memuaskan pelanggan Anda.

    Intinya, saat Anda mulai membuka bisnis kuliner Anda, maka barang dagangan Anda pun harus benar-benar memiliki nilai jual. Agar Anda yakin apakah makanan Anda sudah pantas dijual atau belum, silahkan bandingkan dengan bisnis kuliner di tempat lain yang menjual dagangan serupa dengan dagangan Anda.

    4. Tentukan Harga Yang Pantas

    Tips keempat, Anda harus menentukan harga yang pantas terhadap barang jualan Anda. Pantas di sini dalam artian tidak terlalu mahal, tidak juga terlalu murah. Sebab Anda pasti sadar bahwa menjual makanan terlalu mahal dapat membuat calon pembeli berfikir dua kali untuk membeli makanan Anda. Begitu juga sebaliknya, menjual terlalu murah juga bisa membuat Anda rugi sendiri.

    O iya, Anda juga jangan lupa ya, untuk menghitung berapa modal Anda, sehingga Anda dapat menentukan harga yang pantas untuk dagangan Anda. Malahan jika diperlukan lakukan pengecekan harga di tempat lainnya agar Anda bisa membandingkan dengan makanan Anda, sehingga Anda bisa menentukan berapa harga yang kiranya sesuai untuk makanan Anda.

    5. Memilih metode penjualan

    Metode panjualan yang saya maksud contohnya: berjualan keliling, berjualan di tempat, atau sistem titip di kios-kios. Pilih saja mana yang paling Anda sukai. Yang penting, Anda berjualan di tempat yang ramai pembeli pasti makanan Anda akan laris manis.

    Semua metode memiliki kelebihan masing-masing.Berjualan keliling capek, tapi tidak perlu menyediakan tempat atau menyewanya jika Anda belum memiliki tempat sendiri. Berjualan di tempat, berarti butuh modal lagi untuk membuat bangunan atau menyewa tempatnya. Tapi enaknya Anda tidak terlalu capek. Silahkan pilih mana yang Anda sukai.

    Tambahan, sekarang ada juga metode penjualan online, yang tentunya bisa Anda gabungkan dengan penjualan offline. Saya yakin hasilnya lebih bagus. Sebab penjualan online pasarnya lebih luas lagi. (sekedar masukan)

    6. Jangan cepat puas atau bersedih di hari-hari pertama

    Hal yang pasti terjadi saat hari-hari pertama pembukaan bisnis kuliner Anda adalah ramai atau sepi pembeli. Jika ramai, jangan puas dulu. Bisa jadi pembeli banyak, hanya karena penasaran dengan makanan Anda. Kalau pembeli sepi, jangan juga terlalu bersedih. Sebab, yang namanya usaha baru itu kebanyakan seperti itu.

    Tetap semangat dan optimis serta cari tahu mengapa usaha Anda sampai sepi. Jangan lupa teruskan berinovasi untuk usaha kuliner Anda agar banyak pelanggan yang tertarik lagi dengan apa yang telah Anda cipatakan.

    7. Berdo’a

    Berdo’a ada di bagian akhir dari tips memulai usaha kuliner ini. Namun, bukan berarti ini kurang penting, akan tetapi inilah yang harus Anda lakukan sejak awal. Saya menaruhnya di bagian terkhir agar ini adalah hal terakhir yang harus Anda ingat, agar menjadi hal pertama yang harus Anda lakukan.

    Berdo’a sebelum memulai usaha sangatlah penting. Sebab tuhanlah yang memberikan rizki kepada kita. Jika do’a Anda terkabulkan, bersiap-siaplah untuk menyandang kesuksesan untuk usaha Anda.

    Nah, itulah tips jitu memulai bisnis kuliner yang harus anda ketahui. Baiklah, saya rasa cukup panjang juga ulasan kali ini. Dan saya berharap agar apa yang saya berikan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Tetap optimis,, jangan mudah putus asa. Kesuksesan Anda telah menunggu di depan mata.. salam…
     
    anton_sudibyo likes this.
  2. jshikamaru

    jshikamaru Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    264
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    yup, bener banget, bisnis makanan memang tidak mudah KO di saat krisis global.
    selama masih ada orang laper, selama itu kuliner tetap peluang yang menguntungkan.
    belum lagi dengan bermain resep khusus, keuntungan bisa 200 % dari modal.
     
  3. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    641
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    mantap bos semoga tambah sukses
     
  4. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    568
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih banyak atas tips usahanya. Insyaallah saya akan membuat usaha toko kue. Semoga kita semua diberikan kelancaran ya, aamiin. Good luck!
     
  5. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    28
    kalo memang harus minim modal, sepertinya bisnis jasa yang paling cocok..
     
  6. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
  7. Infopangan

    Infopangan Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    bisnis kuliner perlu keahlian khusus..disambing strategi pemasaran dan juga keahlian memasak harus ada..
     
  8. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    753
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    coba saja berinovasi dengan makanan, entah mulai dari rasa, tampilan atau yang lainya. karena konsumen sekarang ini suka dengan hal yang unik.
     
  9. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    48
    ane udah pernah mencoba, tapi gak nyampe setengah jalan,,, *depresi2*
     
  10. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Yang pasti harus berani gagal. Sebenernya ini prinsip di bisnis apa pun sih.
    Kadang orang sekali gagal langsung nggak berani coba lagi :)
     
    mlxjakarta likes this.
  11. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Bener banget gan. Sering malah baru gagal sedikit, langsung down. Yang penting punya mental baja dan pantang menyerah sih. Bisnis apapun bakal berhasil kalau punya pemikiran seperti itu
     
  12. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Oke juga tuh tips nya terimaksih gan udah share :D
     
  13. dmoss

    dmoss Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalo mau membangun bisnis memang hal yang paling diutamakan memang mentalnya gan, kalo misalnya gampang down ya susah juga, perlu mental baja supaya ga gampang down kayak gini. Misal usahanya lancar atau memang udah mapan jangan lupa buat terus minta konsultasi ataupun saran-saran lagi supaya bisa makin top, apalagi bisnis makanan memang menjanjikan sih *yipee*
     
  14. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Setuju sekali, tapi harusnya berdoa ada di posisi pertama, baru berusaha hihi
     
  15. hiacewisata

    hiacewisata Member

    Joined:
    Jun 16, 2017
    Messages:
    71
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    pembahasan modalnya gak ada niee
     
Loading...

Share This Page