Tips Jualan Online di Semua Marketplace yang Wajib Kamu Perhatikan

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Jul 23, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    44
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tips Jualan Online di Semua Marketplace yang Wajib Kamu Perhatikan

    Saat kamu berjualan online di marketplace mungkin kamu melewatkan hal penting yang tidak boleh ketinggalan, misalnya membuat nama produk yang benar dan juga deskripsi yang menarik.

    Mari kita membahas tentang hal penting yang harus dilakukan supaya produk kamu tampil teratas pada saat pencarian. Sebelumnya, coba pahami terlebih dahulu logika aplikasi marketplace pada umumnya.

    Bagaimana suatu produk bisa dengan mudah tampil paling pertama saat kita melakukan pencarian produk? Jadi sistem marketplace seperti Tokopedia ataupun Shopee, ketika pembeli mengetik produk yang akan dicari maka sistem akan mencatat kata pencarian tersebut, lebih jelasnya mari kita ulas.

    Saat pembeli mengetikkan kata kunci “Smartphone” maka sistem akan sendirinya menyimpan kata kunci tersebut. Kemudian saat pembeli memilih salah satu produk yang ingin ditampilkan detailya, maka sistem akan mencatat bahwa produk yang diklik pertama adalah produk yang diminati oleh pembeli.

    Kesimpulan dari pemikiran diatas adalah bahwa gunakan kata kunci yang tepat pada produk yang kamu jual, supaya bisa muncul pertama kali pada deretan pencarian. Dan sebisa mungkin jangan menggunakan simbol yang tidak penting seperti “-,!,_” dan simbol lainnya. Karena coba bayangkan saja tidak mungkin pembeli akan mengetikkan simbol tersebut saat melakukan pencarian.

    Jika produk terlihat sangat menarik maka pembeli akan tertarik untuk melihat detailnya. Berikan deskripsi yang jelas dan mudah dipahami oleh pembeli karena semakin pembeli lama berada di halaman kamu maka secara tidak sengaja produk kamu akan meningkat dengan sendirinya.

    Lalu ini dia langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan saat membuat produk di marketplace.

    1. Penulisan Judul Produk yang Menarik

    Judul adalah hal yang paling utama untuk digunakan di pencarian marketplace. Membuat judul tidaklah mudah, kamu harus benar benar memberikan judul dengan nama yang menarik dan relevan supaya satu kalimat tersebut bisa mendeskripsikan produk saat mesin pencarian digunakan oleh pembeli. Judul produk jika ditambah dengan simbol-simbol maka akan semakin sulit dicari oleh mesin pencari yang ada di marketplace.

    2. Gambar Produk yang Jelas

    Selain perlu menggunakan gambar asli produknya, kamu juga perlu sedikit mengedit terlebih dahulu gambar yang akan menjadi tampilan depan dari produk kamu, misalnya lebih terang atau perlu kamu crop terlebih dahulu. Gambar produk adalah yang pertama kali menarik perhatian pembeli saat berkunjung ke dalam marketplace.

    Usahakan gambar terlihat jelas dan menarik, kamu juga bisa menggunakan latar yang cerah dan juga polos supaya gambar produk bisa terlihat jelas, dan jangan menggunakan latar dengan corak berlebihan.

    3. Deskripsi Produk yang Jelas, Singkat, Padat

    Deskripsi produk adalah hal yang sangat penting sekali, seperti apa yang sudah dijelaskan diatas semakin pembeli tertarik pada produk kamu, maka produk penjualan juga akan meningkat. Cara menulis deskripsi, kamu bisa membayangkan ketika kamu menjadi pembeli. Tentunya kamu ingin mengetahui informasi yang lengkap tentang produk tersebut bukan.

    Jadi, usahakan kamu menulis setiap informasi tentang produk yang dijual ke dalam kolom deskripsi ya.


    4. Perbandingan Harga

    Harga juga mungkin menjadi salah satu patokan pembeli memasukkan barang kamu ke keranjang belanja mereka. Namun bukan berarti harga menjamin suatu produk itu dapat laku atau tidaknya. Karena tetap saja faktor judul, foto produk, testimoni dan tingginya rating pembeli yang menjadi faktor larisnya produk jualan kamu.

    Memang harga tetap menjadi bahan pertimbangan pembeli. karena jika di toko kamu menjual produk dengan harga lebih murah jangan heran jika banyak pembeli yang akan melihat dan membeli produk kamu.

    5. Pemilihan Kurir

    Sebagai penjual kamu harus peka terhadap kebutuhan pembeli. Jumlah jasa pengiriman produk harus kita cantumkan sebanyak mungkin. Karena jika kita mencantumkan banyak jasa pengiriman, maka produk kamu setingkat lebih tinggi dari produk lainya yang hanya mencantumkan satu dua jasa kurir saja. Terkadang pembeli ingin barangnya sampai dengan cepat maka mereka bisa memilih jasa kurir yang lebih cepat atau sebaliknya.

    Begitulah beberapa tips menjual produk di marketplace yang perlu kamu perhatikan, agar daganganmu semakin ramai dan mendapatkan cuan lebih banyak!

    Dan jangan lupa, kamu dapat menggunakan softwear yang membantu dan memudahkan bisnis online kamu. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
     
Loading...

Share This Page