Tips Keberhasilan Resolusi 2017

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Dewanstudio, Jan 17, 2017.

  1. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tahun 2016 masih berbekas dalam ingatan. Semua hal-hal yang kita lewati hanya sebatas kenangan. Dan seperti biasanya setiap awal tahun akan selalu ada harapan. Harapan untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih sukses, menjadi lebih kaya, menjadi lebih terkenal dan banyak lagi harapan kita untuk tahun 2017 yang sudah didepan mata. Harapan itu akhirnya kita jadikan kedalam satu bahasa “Resolusi”. Namun kenyataannya beberapa resolusi dibuat sebenarnya hanya untuk dilanggar, hanya sebagai suatu cadaan atau tantangan lucu-lucuan dengan teman sejawat atau keluarga. Tanpa kita sadari nanti 1 tahun sudah kita lewati tanpa ada perubahan apapun dalam hidup kita seolah- olah “Life is jus the way it is” padahal “ Life is a hope, life is something that you should fight for”. Hidup itu tidak begitu saja, hidup adalah harapan dan sesuatu yang harus diperjuangkan dan cara menghargai hidup adalah dengan membuat resolusi.

    Resolusi paling tidak akan membuat kita menetapkan tujuan dan arah hidup kita baik dalam keluarga, bisnis dan masyarakat, walaupun mungkin seiiring perjalanan waktu kita lupa dengan resolusi itu.

    Dalam membuat resolusi itu kita harus mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan kita sendiri. “ Change is Hard”. Perubahan itu pasti sulit karena sebenarnya kita sendiri yang membuat kebiasan itu.

    Nah sebelum kita membuat resolusi tahun 2017, kenali dulu kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi saat membuat resolusi.

    1. Harapan terlalu tinggi
    Misalnya resolusi kita ; “ Saya tidak akan boros, bekerja lebih keras dan dipromosikan.” Ketiga hal itu adalah inspirasi yang kuat dan bagus, tapi apabila Anda benar-benar dalam lingkungan yang supporting, aktif dan mendukung tentunya tidak masalah. Namun apabila terlalu besar resolusi itu maka akan kecenderungan gagal. Langkah utama keberhasilan memenuhi resolusi adalah memulai dari 0 itu satu hal. Tetapkan satu saja tujuan Anda, namun lakukan check up sesuai kenyataan. Lihat level komitmen Anda yang sekiranya bisa membantu mencapai tujuan itu.

    2. Tidak Spesifik
    Salah satu kegagalan resolusi adalah tidak spesifik, misalnya resolusi th 2017 “ Tidak Boros”. Tidak boros masih tidak mempunyai kejelasan batasan. Berapa rupiah batasan tidak boros? 250.000, 500.000 atau 1.000.000 ? Mungkin lebih baik seperti ini “ Saya hanya akan membelanjakan uang saya maksimal 1 minggu 500.000. atau lebih detail lebih baik “ Saya hanya akan membelanjakan uang saya maksimal 1 minggu 500.000 untuk pengeluaran hura-hura.” Semakin spesifik akan memudahkan kita patuh dengan resolusi itu.

    3. Tulis resolusi Anda
    Pernah ikut pelatihan motivasi atau MLM? Pada kesempatan motivasi mereka selalu semangat menginformasikan goal mereka. Berlibur ke Paris, Roma atau Jepang. Goal itu selalu diucapkan, banner, flyer dibagi-bagi dan ditempel.

    Ternyata orang yang menuliskan Goal atau resolusi mereka akan memiliki komitmen dan kesempatan yang lebih tinggi untuk mencapainya. Tulis goal Anda dan tempel di kulkas, di meja kerja, sabagai wall screen laptop Anda atau tulis dalam jurnal.

    4. Umumkan resolusi Anda
    Kemungkinan besar resolusi bisa tercapai adalah apabila kita umumkan ke publik, ke teman, saudara, keluarga. Lebih baik lagi ajak teman Anda untuk membantu Anda dalam mencapainya. Teman bisa membuat kita stay on tract .

    5. Check regular resolusi Anda
    Setiap minggu , bulan atau per periode Anda perlu melakukan pengecekkan ulang resolusi Anda. Cek kembali pola hidup , ritme dan tujuan Anda dan pastikan masih sesuai dengan resolusi Anda.

    6. Jangan diabaikan keberhasilan kecil .
    Jangan terlalu focus pada akhir tujuan, berilah reward kepada diri sendiri untuk setiap keberhasilan yang Anda capai. Misalnya Anda mau turun 5 kg berat badan, rayakan keberhasilan apabila bisa turun walo baru 0,5 kg. Setiap keberhasilan kecil akan membuat kita lebih percaya dan yakin bisa mencapai tujuan akhir Resolusi kita.



    Didalam menetukan resolusi bisnis dan resolusi pribadi tidak jauh beda, pada prinsipnya adalah bagaimana kita konsisten karena dibutuhkan mental dan dedikasi tinggi dalam mencapai hal itu. Apabila Anda berhasil mencapai resolusi pribadi, maka tentunya resolusi bisnis akan lebih mudah.

    Jadi jangan anggap remeh resolusi kita, a big thing can happen even from a small thing.

    Belum punya resolusi digital 2017? Konsultasikan dengan Dewanstudio.com
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    sip,, menata tahun ini dengan lebih bail lagi///
     
  3. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  4. framdani86

    framdani86 Member

    Joined:
    Apr 12, 2016
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  5. Dewanstudio

    Dewanstudio Member

    Joined:
    Aug 21, 2015
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  6. Deti Tensai

    Deti Tensai Member

    Joined:
    Mar 7, 2017
    Messages:
    48
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    yagn bikin resolusi ke Jepang, dah jadi jalan-jalannya?
     
  7. Kembar

    Kembar New Member

    Joined:
    Apr 18, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Baru denger ni om masalah resolusi keberhasilan... keren dah :D
     
Loading...

Share This Page