Tips Kumpulkan Uang DP dengan Cepat. Nomor 3 Wajib Kamu Lakuin!

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Feb 14, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    80
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Uang muka alias DP (Down Payment) adalah satu hal yang wajib untuk dimiliki saat akan mengajukan kredit, baik itu kredit hunian, kendaraan atau barang. Nah, besaran kredit ini tergantung pada harga barang yang akan dibeli.

    Kalau untuk kredit apartemen (KPA) Bank Indonesia telah menetapkan DP 15% dari yang sebelumnya 20% – 30%. Misal, kamu ingin membeli apartemen seharga Rp 900 juta, maka uang DP yang harus disiapkan adalah Rp 180 juta.

    Jumlah tersebut tentu bukanlah jumlah yang sedikit. Karena itulah, agar apartemen impian cepat terbeli, kamu harus mempunyai strategi dalam mengumpulkan uang DP. Nah, daripada penasaran, simak tips-tipsnya di bawah ini yuk. Check it out!

    Tentukan Apartemen yang Diinginkan

    Apartemen seperti apa sih yang ingin kamu tinggali? Dimana lokasinya? Apakah apartmen tersebut harus memiliki fasilitas yang lengkap?

    Semua pertanyaan tersebut harus sudah memiliki jawaban sebelum kamu mulai menabung DP apartemen. Hal ini karena faktor-faktor tersebut sangatlah mempengaruhi harga dari suatu apartemen.

    Tentukan Target

    Kalau sudah memiliki gambaran mengenai apartemen yang diinginkan, kamu pasti sudah bisa memperkirakan berapa harga apartmen tersebut. Nah, langkah selanjutnya adalah buat target kapan apartemen harus terbeli dan kapan uang untuk membayar DP harus terkumpul. Target ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan selama jangka waktu yang ditargetkan.

    Jangan lupa juga untuk memperkirakan kenaikan harga properti yang terjadi setiap tahun saat membuat perhitungan. Missal, tahun ini DP apartemen yang kamu incar sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun kamu harus mengumpulkan Rp200 juta.

    Nabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

    Penting! Sisihkan 10% – 20% gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk kebutuhan lain. Jika ingin uang DP apartemen lebih cepat terkumpul, kamu bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30%. Nah, supaya tabungan bisa lebih mudah diatur, buatlah rekening khusus tabungan DP apartemen yang berbeda dengan rekening yang biasa digunakan.

    Buat Autodebet

    Jika sudah mengetahui jumlah uang yang harus dikumpulkan, kamu juga bisa memperkirakan berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya. Nah, agar tabungan DP apartemen nggak terpakai untuk kebutuhan lain, buatlah instruksi autodebet sejumlah uang ke rekening lain ketika tanggal gajian tiba.

    Berinvestasi

    Kamu juga bisa lho menginvestasikan tabungan dalam bentuk deposito atau logam mulia seperti emas. Kedua investasi ini akan memberikan keuntungan berupa timbal balik dalam bentuk bunga dan selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang. Dengan begini, nilai uang jadi lebih aman.

    Nah, itulah beberapa tips mengumpulkan DP apartemen dengan cepat. Yang terpenting adalah tetap konsisten, berdoa dan bersabar. Yakinlah bahwa targetmu akan tercapai. Selamat mencoba!
     
Loading...

Share This Page