Tips Membangun Brand Awareness untuk Bisnis Online

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Nov 30, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Menjalankan bisnis online pasti membutuhkan pelanggan loyal yang selalu mengingat produk kamu. Itu semua membutuhkan brand awareness untuk meningkatkan itu semua.

    Brand awareness sendiri adalah kemampuan pelanggan dalam mengenali atau mengingat sebuah merek bisnis, termasuk nama, logo, dan slogan-slogan. Nama brand yang baik akan memberikan efek di benak masyarakat sehingga dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian barang.

    Ingin brand bisnis kamu dikenal pelanggan? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness:

    1. Melakukan Promosi di Media Sosial

    Media sosial menjadi bagian penting dari strategi pemasaran sebuah brand. Media sosial menjadi jembatan untuk usaha kamu dengan calon pelanggan secara langsung. Media sosial juga bisa menjadi tempat melihat reaksi dan respon pelanggan terhadap produk yang kamu jual, sehingga dapat membantu kamu menyusun strategi promosi.

    Kamu bisa menyusun strategi secara tepat setelah melihat reaksi dan respon pelanggan. Misalnya, kamu memiliki produk baru yang ingin ditawarkan ke pelanggan. Maka, kamu bisa mencoba foto yang menarik, lalu atur agar produk yang kamu unggah ke media sosial tampil pada waktu yang tepat.

    Selain mengunggah produk, kamu dapat membangun interaksi dengan merespon para calon pelanggan apabila mereka mengajukan pertanyaan di kolom komentar ataupun memberikan pesan secara langsung.

    2. Menggunakan Marketplace

    Bergabung dengan marketplace akan meningkatkan brand awereness yang baik bagi brand kamu, karena secara otomatis produk yang dijual akan muncul setiap orang melakukan pencarian sesuai deskripsi produk pada situs marketplace yang kamu gunakan. Pastikan situs marketplace yang kamu pilih sudah sangat dikenal masyarakat dan memiliki kredibilitas yang baik.

    Ditambah, barang yang tersedia di dalam marketplace sangat beragam dan memiliki harga yang juga sangat bersaing. Konsumen hanya duduk manis dirumah, memilih barang yang mereka inginkan, dan proses pesanan tersebut akan diproses oleh penjual. Hal ini membuat konsumen lebih nyaman untuk melakukan transaksi lewat marketplace.

    Mungkin memang solusi omnichannel marketplace kedengarannya cocok untuk semua bisnis online. Misalnya dengan melakukan integrasi marketplace. Menggunakan aplikasi omnichannel marketplace dapat memberikan kemudahan kamu untuk mengintegrasikan berbagai macam marketplace ke dalam satu sistem.

    3. Menjalankan Content Marketing

    Setelah membuat media sosial dan marketplace untuk kegiatan brand awareness, kamu harus memperhatikan konten yang akan dibuat. Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.

    Perlu diingat bahwa content marketing bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna, bukan sekadar untuk menjual barang atau jasa. Content marketing yang dimaksud di sini adalah konten yang positif dan informatif, berisi keterangan mengenai keunggulan produk, dan informasi produk yang dijual secara detail.

    4. Menggunakan Influencer

    Kamu juga bisa menggunakan jasa influencer marketing, strategi pemasaran yang dilakukan dengan bantuan influencer. Strategi ini biasanya dilakukan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, blog dan lain sebagainya.

    Influencer sendiri adalah orang yang dianggap memiliki kemampuan kuat untuk mempengaruhi, serta disukai dan dipercaya oleh pengikutnya. Apa yang mereka sampaikan dan lakukan bisa mempengaruhi para pengikut untuk mencoba bahkan membeli produk tertentu. Sudah banyak yang memanfaatkan influencer untuk membantu mereka dalam meningkatkan brand awareness untuk mencapai target pelanggan, ataupun hanya memperkenalkan produk.

    Itulah beberapa tips untuk membangun brand awareness bagi bisnis online kamu.
     
  2. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    menggunakan influencer emang ngeboost tinggi banget sih, apalagi buat yang ngefans banget dan mengikuti si influencer banget. Apa aja pasti di beli, no debat wkwk
     
  3. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    "just do it" nike ✓

    setuju banget membuat content marketing untuk mengenalkan keunggulan produk apalagi juga menampilkan sesuatu yang unik dari brand(bisnis online) seperti logo dan slogan
     
  4. Chandra Devi

    Chandra Devi New Member

    Joined:
    Feb 22, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Di medsos kebanyakan orang tanya beli kagak kalau produk2 yang dijual mahal harganya :D Tapi memang bener bisa meningkatkan penjualan dan nama brand sih...
     
  5. Gifterindo

    Gifterindo Member

    Joined:
    Nov 20, 2020
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Wah brand awareness penting banget sih buat edukasi calon customer juga, jadi customer bisa tau barang apa yang mau dia beli
     
Loading...

Share This Page