Tips Membangun Channel YouTube Dari Nol Agar Menjadi YouTuber Sukses

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by One's Excellent, Aug 16, 2021.

  1. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    180
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bersosial - Apakah pernah bermimpi menjadi YouTuber sukses yang bisa menghasilkan banyak uang seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan YouTuber berhasil lainnya?

    Kemudian apakah mimpi Anda tersebut mau jadi kenyataan?

    Asalkan kemauan serta tekad yang kuat, maka mimpi Anda tersebut bisa terbukti. Memang jadi YouTuber sukses itu banyak orang dambakan. Pasalnya uang akan mengalir terus ke dompet.

    Namun, jangan langsung lihat enaknya saja ya!

    Anda harus tahu dan paham proses awal mereka seperti apa jatuh bangun untuk membangun channel mereka dari nol sampai menjadi terkenal.

    Terdapat beberapa faktor untuk menjadi YouTuber sukses dan menghasilkan banyak uang.

    Selanjutnya perlu Anda ingat! Kunci utama kesuksesan adalah sebuah doa serta kerja keras pantang menyerah.

    Tips Membangun Channel YouTube dari Nol

    1. Membuat Channel YouTube

    Tentu saja yang pertama harus Anda miliki adalah channel YouTube. Tidak mungkin juga Anda ingin menjadi YouTuber tapi tidak memiliki channel YouTube.

    Lalu bagaimana cara membuat channel YouTube?

    Sebenarnya dengan memiliki akun Google lalu Anda sinkronkan dengan YouTube, otomatis Anda sudah mempunyai akun YouTube. Tapi supaya tidak bingung saya akan jelaskan di bawah ini.

    Melalui Komputer:
    • Buka youtube.com di browser. Kemudian Anda Sign In;
    • Login pakai akun Google yang Anda punya;
    • Kalau sudah berhasil login, sekarang Anda bisa akses menu profil YouTube. Selanjutnya untuk membuat channel, Anda klik ikon profil yang ada di sebelah kanan atas lalu pilih menu Settings;
    • Langkah selanjutnya pada tab Accounts, Anda pilih menu Create a New Channel;
    • Selanjutnya Anda akan diminta nama channel yang mau Anda buat. Kalau sudah klik tombol Create Channel;
    • Untuk mempercantik tampilan channel, klik tombol Customize Channel. Masukkan foto profil dan header banner;
    • Selesai.
    Melalui Handphone:
    • Buka aplikasi YouTube yang sudah Anda download dari Play Store atau App Store;
    • Login pakai akun Google kemudian tap ikon profil yang berada di pojok kanan atas;
    • Pilih menu Your Channel lalu Anda tap ikon gear untuk mengatur tampilan profil channel;
    • Selesai.
    Modal awal Anda untuk jadi YouTuber sudah selesai, sekarang tinggal langkah selanjutnya.

    2. Membuat Akun AdSense

    Kalau ingin memperoleh uang dari video yang Anda upload di YouTube, pastikan Anda juga harus membuat akun AdSense yang nanti akan menyalurkan iklan di video Anda.

    Anda cuma diperbolehkan mempunyai satu akun AdSense. Hal ini untuk memudahkan Anda ketika pembayaran.

    Sedangkan untuk menautkan channel video dengan AdSense setidaknya Anda memerlukan 3 video original yang sudah Anda upload.

    Jangan mengira jika sudah membuat akun AdSense lalu memiliki 3 video yang Anda upload kemudian otomatis seketika memperoleh uang.

    Perlu Anda ingat regulasi atau peraturan YouTube soal AdSense ini selalu berubah. Mulai dari jumlah minimal subscribers, waktu tayang video sampai jenis konten apa yang mendapatkan AdSense.

    Saat ini jumlah minimal subscribe agar bisa mengaitkan AdSense dengan channel Anda adalah 1.000 subscribe. Kemudian waktu tayang video Anda minimal sudah mencapai 4.000 tayang.

    3. Tentukan Ide dan Konsep Channel

    Untuk menjadi YouTuber sukses Anda harus memikirkan dengan matang masalah konten yang akan Anda buat. Apakah konten memiliki tujuan untuk menghibur orang, edukasi, dan sebagainya.

    Lalu konten apa saja yang kemungkinan dapat menghasilkan uang di YouTube saat ini?

    Daily Vlog

    Salah satu konten yang sangat kerap Anda temukan di YouTube adalah daily vlog. Ide konten YouTube yang satu ini bisa jadi sesuai untuk Anda yang suka mendokumentasikan aktivitas yang Anda alami tiap hari.

    Pada umumnya konten daily vlog tidak terlepas dari aktivitas yang sering orang lakukan sehari-hari semacam aktivitas di sekolah, di rumah, atau di kantor. Sebagian kreator YouTube Indonesia yang dapat Kamu jadikan rujukan adalah Rafa Dhafina dan Beby Tsabina.

    Kecantikan

    Banyaknya beauty vlogger merupakan fakta mengapa topik kecantikan terkenal di kreator YouTube Indonesia. Mulai dari Suhay Salim, Devienna Makeup, serta banyak lagi. Tidak cuma tata cara makeup saja, Anda dapat membuat ide konten YouTube kecantikan lainnya.

    Mukbang

    Sebagian dari Anda mungkin telah akrab dengan sebutan mukbang. Mukbang ataupun siaran makan jadi salah satu ide konten YouTube yang lumayan terkenal. Sebagian channel seperti, Tanboy Kun dapat Anda jadikan rujukan bila mau membuat konten dengan topik mukbang.

    Podcast

    Ide konten YouTube selanjutnya adalah dengan membuat podcast. Sebagian artis seperti Amel Carla dan Karin Novilda telah memberikan bagian khusus dalam channel mereka untuk konten podcast.

    Unboxing

    Ide konten YouTube unboxing termasuk simpel, tetapi dalam kenyataan banyak peminatnya. Supaya lebih menarik penonton, Anda dapat unboxing produk yang sedang viral.

    4. Belajar Editing dan Beli Kebutuhan Videografi

    Untuk menjadi YouTuber sukses dengan modal handphone saja tidak cukup! Memang tidak ada yang tidak mungkin tapi pada kenyataannya untuk membuat konten bagus serta menarik akan memerlukan pengorbanan.

    Untuk tahap awal jika dana Anda terbatas, Anda bisa memilih kamera serta komputer yang sesuai dengan keuangan. Jika nanti Anda sudah ada rezeki lebih baru membeli perangkat yang mumpuni.

    Sebetulnya ini hanya alat pendukung saja. Pada dasarnya selama konten Anda bermanfaat dan disukai orang lain, maka orang tidak akan melihat perangkat apa yang Anda pakai.

    5. Jangan Asal Upload Video

    Ketika Anda akan upload video, terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Karena percuma juga jika konten Anda sudah menarik serta berkualitas namun dari tampilan tidak menggoda untuk orang tonton. Jadi Anda harus perhatikan dulu hal berikut:
    • Judul Video = Gunakan judul yang mengandung kata kunci, karena bagaimanapun juga Anda harus menggunakan trik SEO (Search Engine Optimization) supaya video Anda muncul di pencarian yang terkait dengan konten video;
    • Thumbnail = Adalah gambar di bagian depan video atau cover video. Usahakan Anda harus membuat thumbnail yang menarik orang lain serta thumbnail bisa mewakili keseluruhan dari video Anda;
    • Deskripsi = Tentukan deskripsi video yang jelas, padat, serta tidak kaku dan yang paling penting pastikan juga mengandung kata kunci;
    • Tag Relevan = Jangan lupa selalu cantumkan tag yang berhubungan dengan video karena tag itu semacam kategori video sehingga tag yang bagus dan sesuai dengan video bisa membawa banyak penonton;
    • Kualitas Internet = Ukuran file video berkualitas memang tidak terhitung lagi dengan ukuran MB, tapi ratusan MB bahkan hitungan GB. Kalau Anda hanya mengandalkan sinyal 3G, tentu akan lama ketika upload video.
    6. Promosi Channel dan Video

    YouTuber pemula tentu saja belum mempunyai jumlah subscribe yang banyak. Atas dasar itu, video yang sudah Anda upload tentu saja tidak akan langsung bisa dilihat banyak orang.

    Kurang lebih satu tahun untuk menaikkan subscribers dan menaikkan traffic secara alami. Jangan menyerah! Anda promosikan channel dan video ke lingkungan terdekat seperti keluarga, saudara dan teman.

    Promosikan juga di sosial media yang Anda miliki, grup Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

    7. Niat dan Semangat Pantang Menyerah

    Hal terpenting kalau Anda mau jadi YouTuber hebat, maka niat itu tidak akan mengkhianati hasil!

    Jadi selama Anda bersungguh-sungguh dengan yang Anda kerjakan, maka Anda akan menikmati hasilnya.

    Bersabar adalah kunci segalanya!

    Mungkin sebagian orang bisa sukses dan terkenal dengan cara mudah. Tetapi pada umumnya kesuksesan itu harus mereka raih dengan bersusah payah dan berdarah-darah. Kalau Anda yakin bahwa menjadi YouTuber merupakan cita-cita Anda, maka raih mimpi Anda dari sekarang!

    Totorial: https://info-menarik.net/cara-membuat-channel-youtube/

    Baca Juga:
     
    Last edited: Aug 18, 2021
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,807
    Likes Received:
    128
    Trophy Points:
    63
    Kayaknya perlu juga promosi channel supaya ada pelanggan baru yang mengikuti, kalau cuma sekedar membuat video lalu upload, sulit berkembang tanpa ada promosi channel, padahal minimal pelanggan harus 1000 orang.
     
    One's Excellent likes this.
  3. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,530
    Likes Received:
    229
    Trophy Points:
    63
    boleh nanya ya den @One's Excellent
    cara penulisan judul, deskripsi apa ada panduannya untuk seo di youtube. misal panjang judul berapa kata atau deskripsi berapa kata.
    terus apakah penggunakan #hastag di youtube baik atau buruk?

    saya kebetulan baru mulai lagi kelola youtube. buat chanel dari 2009 baru dapat 588 subcriber (itupun kayaknya sudah banyak menghilang) :(
     
    One's Excellent likes this.
  4. Jumadil

    Jumadil Member

    Joined:
    Mar 15, 2015
    Messages:
    222
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  5. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    180
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Betul mas, tidak semudah membalikkan tangan ...
     
  6. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    180
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Saya juga kurang tahu pasti jawaban tepatnya bang! Sepertinya intinya penulisan judul dan deskripsi itu baiknya harus mengandung keyword yg dibidik. 1 lagi thumbnail juga harus dibuat menarik bang ...
    Untuk hastag bisa coba ini : https://support.google.com/youtube/answer/6390658?hl=id
     
  7. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    180
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Lagi coba dibangun gan setelah lama ga update video. Dulu bikin channel hanya untuk daftar AdSense untuk blog aja. Soalnya daftar langsung via web ditolakm mulu ... ;)
     
  8. limenotlemon

    limenotlemon New Member

    Joined:
    Oct 28, 2019
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    thanks gan udah share, untuk video tekno gitu yang memahas seperti tutorial agak susah ya monetnya?
     
  9. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    306
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    lagi merencanakan anak ane buat minatnya menjadi youtuber kelak...
     
  10. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    106
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page