Tips Membangun Konten Medsos Berkualitas Untuk Bisnis Modal Kecil Online

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Sep 20, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    121
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Di masa yang semakin canggih ini, penggunaan teknologi telah berkembang pesat dan hampi semua serba online. Hal ini pun tidak luput dari pemanfaatan dalam berbisnis dengan menggunakan media internet sebagai tempat berjualan mereka. Terdapat banyak bisnis modal kecil hingga menengah yang memanfaatkan internet untuk berjualan bahkan perusahaan besar. Umumnya mereka bisa berjualan dengan membuat toko online secara gratis di situs jual beli online yang kini sudah banyak tersebar di internet, ataupun memilih membangun website hosting pribadi untuk berjualan produk dan bisnis mereka.

    Bagi anda pelaku bisnis modal kecil online, yang namanya konten sangat penting peranannya dalam mempengaruhi penjualan anda. Maka dari itu penting untuk membangun suatu konten yang baik, efisien, dan bersifat informatif agar bisa diserap oleh audiens dengan baik. Hingga saat ini, banyak pelaku bisnis modal kecil online yang memanfaatkan teknologi jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Youtube sebagai sarana promosi dalam menyebarkan konten bisnis online mereka. Konten ini pun bisa beragam jenisnya, bisa berupa tulisan, gambar, dan video sesuai dengan kebutuhan konten.

    Maka dari itulah mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa sebuah konten berperan penting bagi bisnis modal kecil online mereka. Dengan membuat suatu konten yang bagus dan berkualitas, anda akan mendapatkan feedback yang baik dari audiens, meningkatkan nilai brand produk anda dan tidak menutup kemungkinan berpotensi meningkatkan penjualan anda. Lalu bagaimana cara membangun konten yang bagus dan berkualitas untuk bisnis modal kecil online saya ?

    Oke, menurut Patrix Tenario (Creative Content Director, Connect Part of GroupM) ada 5 hal utama dalam membangun konten yang menarik dan berkualitas untuk meningkatkan bisnis modal kecil online anda tersebut, yaitu :

    Buat Rencana Publikasi Konten Anda
    Dalam membuat rencana yang matang tidak hanya diperlukan pada saat membangun rumah atau membuat gedung, namun dalam membuat konten juga diperlukan yang namanya perencanaan yang matang. Bila anda membuat konten tidak dengan perencanaan matang, hal ini dapat memicu terjadinya suatu hal yang dapat membuat semua jadi berantakan karena tidak dibuat sesuai rencana awal. Rencanakan berbagai konten yang ingin anda buat agar dapat membuatnya dengan hasil yang maksimal, hal ini tentu berdampak pada bisnis modal kecil online anda nantinya, bisa berupa feedback yang baik hingga menghasilkan penjualan.

    Membuat Tema Konten
    Setelah merancang rencana yang matang terhadap konten untuk media sosial bisnis modal kecil online anda, hal lain yang dapat meningkatkan feedback ialah dengan membuat konten yang bertema dan sesuai dengan target sasaran atau niche market anda. Sebelum melakukan hal ini, sebelumnya anda memang sudah mengetahui niche market anda. Jika belum, sebaiknya anda belajar untuk menganalisa terkait hal ini, ini penting karena akan berpengaruh pada tingkat efektivitas konten anda nantinya. Jika target pasar anda orang tua, kan tidak mungkin anda menyajikan konten untuk usia anak-anak, begitu juga sebaliknya. Untuk itulah mengapa penting untuk menganalisa dan mencari tahu siapakah niche market anda, apakah kalangan anak muda, orang dewasa, atau lansia, apakah pria atau wanita.

    Gunakan Prinsip ATM
    Prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) ini sudah menjadi salah satu cara efektif jikalau anda sedang tidak memiliki ide konten untuk akun bisnis modal kecil online anda itu. Bahkan hal seperti ini sudah biasa terjadi di berbagai media jejaring sosial, namun yang perlu diingat adalah yang anda lakukan itu untuk idenya atau polanya saja. Dan kata tiru pada prinsip ATM ini bukan berarti anda mengambil konten mereka secara utuh, yang ada anda malah melanggar hak cipta dan bisa dituntut nantinya. Merepotkan bukan ? Jadi buatlah dengan menggunakan gaya anda sendiri.

    Jangan Malu Untuk Menunjukkan Kreasi Anda
    Patrix Tenario mengatakan bahwa selain poin-poin diatas, ada juga hal lain yang penting untuk diketahui, yaitu kreativitas dalam berkreasi. Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda dan mengasahnya menjadi hal penting. Anda tidak perlu risau terhadap masalah trial and error disaat menjalankan konten tersebut, karena jika tidak dicoba maka anda tidak akan tahu bukan ? Siapa tahu konten yang anda buat berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis modal kecil online anda ini.
     
  2. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    240
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Hasil dari pronsip ATM ini adalah INOVASI
     
  3. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    121
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Betul, dari ide yang pernah ada lalu di inovasikan sehingga menghasilkan ide yang baru lagi
     
Loading...

Share This Page