Tips Membangun Mental Kepemimpinan Pada Mahasiswa

Discussion in 'Education' started by bagusetiawan, Aug 18, 2016.

  1. bagusetiawan

    bagusetiawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2016
    Messages:
    126
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Halo gan! Adakah mahasiswa diantara para pembaca sekalian? kali ini saya akan berbagi tips untuk membangun mental kepemimpinan pada mahasiswa. Masa mahasiswa tentu berbeda sekali dengan ketika SMA. Menjadi mahasiswa
    bukan sekedar mahasiswa yang cemerlang di dalam kehidupan akademisnya saja, namun juga terampil untuk berkomunikasi, mengembangkan ide, dan mampu berkontribusi secara nyata untuk pengembanan diri dan lingkungan sekitar.

    Mentalitas ini adalah suatu hasil dari proses pelatihan dan pengembangan kapasitas diri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan mental jiwa kepemimpinan, seperti:

    1. Mengikuti organisasi kampus atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

    Mengikuti kegiatan kemahasiswaan di kampus akan mengasah kemampuan kita untuk berkomunikasi, bernegosiasi, dan membangun lingkaran sosial yang lebih besar. Setiap ide atau nilai dari berbagai kegiatan organisasi akan mengembangkan pola pikir kita untuk dapat melihat berbagai jenis perspektif.

    2. Menghargai pendapat dari teman, kolega, dan orang-orang disekitar

    Seorang pemimpin yang baik dapat membangun kepercayaan antar individu dan mampu menciptakan harmonisasi diatas keragaman perspektif, pendapat, dan tujuan. Kamu bisa mulai dengan belajar mendengarkan dan menganalisa, untuk kemudian dapat memahami alasan dan situasi yang menyebabkan perbedaan sikap, pendapat, dan lain sebagainya.

    3. Kebersamaan diantara tim, kelompok, atau grup

    Dengan memperkuat nilai-nilai kebersamaan, komunikasi yang tercipta satu sama lain akan didasarkan pada satu pengertian bersama yang dapat menjadi landasan untuk membuat gerakan atau sikap yang lebih besar.

    4. Berdayakan kemampuan sosial diri sendiri

    Mengembangkan jiwa kepemimpinan tidak melulu tentang organisasi, kontribusi, atau hal-hal besar lainnya. Cara paling sederhana untuk dapat memulai membentuk keterampilan ini adalah dengan memberdayakan diri sendiri melalui berbagai peluang yang ada. Misalnya, menjadi ketua kelompok tugas, menjadi asisten dosen, mengikuti program magang, mengambil praktek kerja, dan mengambil kerja paruh waktu. Ini adalah program pengembangan sistem dan prosedur kerja yang akan mengasah konsistensi dan kerja keras pada diri.

    5. Optimis dan positivisme

    Cara paling baik untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan segala sistem dan rutinitas yang telah kita lakukan selama ini adalah dengan berpikir positif dan belajar optimis. Antusiasme yang dibentuk melalui kecintaan terhadap tanggung jawab dan hak, dimana suatu proses akan selalu membuahkan hasil. Buktikan pada diri sendiri bahwa kita layak untuk merealisasikan setiap mimpi dan cita-cita yang kita bangun.

    Itulah beberapa tips agar bisa membangun mental kepemimpinan bagimu. Mahasiswa juga merupakan calon-calon penerus bangsa. Maka sikap-sikap positif sangat diperlukan untuk memberika perubahan dan pembangunan bangsa ini. Perubahan bisa dimulai dari diri sendiri dan saat ini juga. Semoga bermanfaat.
     
  2. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    informasi yg menarik
     
  3. Kuncen

    Kuncen Member

    Joined:
    Nov 12, 2016
    Messages:
    164
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    informasi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepemimpinan pada diri sendiri
     
Loading...

Share This Page