Tips Membangun Startup Bisnis Awal

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by bayukurniawan, Nov 1, 2017.

  1. bayukurniawan

    bayukurniawan New Member

    Joined:
    Jun 5, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Membuat startup bisnis yang sukses akan berpotensi memberikan massive income untuk anda, membantu orang lain yang tak memiliki pekerjaan serta memberikan manfaat bagi konsumen. Ide nya pun sangat sederhana, yang penting merupakan inovasi dan berguna untuk masyarakat.

    Dalam membuat startup bisnis tentunya kita perlu menyiapkan diri dari segi mental, modal, waktu, ataupun skill keahlian sehingga kita dapat mengelola semua proses startup bisnis yang akan kita bangun. Bila kita hanya ingin mendapatkan hasil tanpa harus terlibat dalam proses maka kita adalah berinvestasi buka berbisnis.

    Minimum Viable Product

    Istilah Minimum Viable Product sudah harus menjadi acuan di langkah awal berdirinya startup. Menjadi penting bagi startup untuk mendapatkan MVP yang sempurna sejak awal. Buatlah prototipe atau desain awal yang masih dalam format draft atau versi awal, coba tawarkan layanan atau produk tersebut ke target pasar dan dapatkan feedback dari orang-orang, untuk meningkatkan produk awal secara cepat sesuai dengan produk yang ingin diwujudkan.

    Meluncurkan versi beta untuk kalangan terbatas
    Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah ketika MVP sudah didapatkan segar untuk membuat produk tersebut dalam versi beta untuk kalangan terbatas. Dari sana nantinya Anda bisa melihat kekurangan, fitur terbaik dan koreksi yang harus dilakukan, berdasarkan feedbackdari orang-orang terdekat yang telah mencoba versi beta sebelumnya.

    Merekrut tenaga kerja
    Ketika Anda sudah mulai membuat produk sudah waktunya untuk mempekerjakan tenaga ahli yang bisa membantu proses lebih cepat. Dalam hal ini ada baiknya Anda mulai merekrut developer atau mengajak seorang Co-founder yang memiliki pengalaman berbeda dengan Anda. Carilah tenaga kerja baru dalam jumlah kecil terlebih dahulu di awal startup, agar bisa membantu Anda membawa startup ke level selanjutnya.

    Desain ulang / koreksi produk
    Setelah uji coba telah dilakukan langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengoreksi kekurangan atau kesalahan dari produk hingga desain yang ada. Coba fokuskan prioritas Anda terkait aspek yang harus dikerjakan terlebih dahulu, lakukan proses ini usai versi beta untuk kalangan terbatas dilakukan.

    Peluncuran versi beta untuk publik
    Setelah versi beta untuk kalangan terbatas dicoba, koreksi, dan perbaikan produk telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah meluncurkan versi beta untuk publik. Saat proses ini dilakukan, bersiaplah untuk menerima keluhan dan feedback dari orang banyak usai versi beta diluncurkan. Cara terbaik untuk menangani proses ini adalah dengan menyiapkan tim humas atau agensi kehumasan untuk membantu startup menjalankan proses tersebut.

    Pembuktian model bisnis
    Usai versi beta diluncurkan kepada publik, secara organik startup akan mulai menunjukkan siapa target pengguna yang tertarik dan fitur seperti apa yang berfungsi dengan baik dan berpotensi untuk dijual. Matangkan konsep dan produk yang ada dengan melakukan koreksi dan penambahan fitur yang lebih sempurna. Tahap ini menjadi krusial bagi startup, sebelum meluncurkan eksistensi startup secara resmi kepada publik dan tentunya investor.

    Pendanaan tahap pertama
    Tahap yang satu ini merupakan akhir dari proses membangun startup saat tahap awal, yaitu meyakinkan kepada investor untuk memberikan investasi berdasarkan produk yang ada. Siapkan faktor pendukung untuk bisa meyakinkan investor, mulai dari data, testimoni pengguna, target dan rencana serta potensi bisnis yang dimiliki, berdasarkan proses sebelumnya yang telah dijalankan startup.

    Berikut diatas merupakan tips cara membangun bisnis untuk startup awal yang dapat anda terapkan untuk memulai membangun bisnis startup. Tentunya tips tips diatas belum sepenuhnya akan menjadikan startup milik anda menjadi cepat berkembang.
     
  2. Wawan Purnama

    Wawan Purnama New Member

    Joined:
    Nov 1, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    diawal setup pasti padat modal sekali ya bro.. Beruntungnya kalau baru memulai starup sudah dapet Anggel Investor..
     
  3. fajarsunan

    fajarsunan New Member

    Joined:
    Oct 24, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Iya, desain produk emang penting sekaligus susah soalnya biasanya orang cuma mau beli produk yang unik dan "aneh" aja. Disitu harus muter otak gimana caranya biar produk kita desainnya unik. Sekedar tambahan nih, biasanya untuk bisnis startup suka butuh supply produk dalam jumlah besar, untuk menghemat dana operasional sebetulnya bisa aja pakai jasa maklon untuk memproduksi barang dengan merek sendiri tanpa harus ribet mikirin tenaga kerja yang banyak. Tapi tergantung sih startupnya di bidang apa hehe
     
  4. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    834
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  5. sonny

    sonny New Member

    Joined:
    Jan 12, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    managemen sdm jg sangat penting utk awal2 usaha,susah kalau awal usaha tdk di dukung oleh tenaga kerja yg loyal dan baik. royalmika,com
     
    Last edited by a moderator: Jan 16, 2018
  6. Nurdiansyah

    Nurdiansyah New Member

    Joined:
    Jan 23, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Persiapannya harus benar" matang sekali ya, terlebih masalah merekrut karyawan, saran saja sih untuk awal, kalau bisa dikerjain sendiri kerjain dulu aja semampunya, nanti kalau sudah ada penghasilan baru bisa rekrut karyawan supaya tidak terlalu berat
     
  7. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bener tuh, semakin banyak Portfolio/pembuktian agar nanti semakin membuat orang percaya... dari kepercayaan satu dua orang nanti bisa merambat seperti konsep viral marketing
     
  8. tommy renaldi

    tommy renaldi Member

    Joined:
    Jan 30, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Untuk bisa memasarkan produk agar bisa diterima oleh konsumen, bisa dibantu jelaskan gan?
     
  9. Firman Maulana

    Firman Maulana New Member

    Joined:
    Jan 31, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setuju banget gan, karena di dunia online kan orang ga ketemu langsung, musti dibuat percaya customer baru kita
     
  10. ANDHIMIND

    ANDHIMIND Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Mantap ini ketujuh tips membangun startup bisnis dari awal. Saya ANDHIMIND juga meniru langkah-langkah ini dalam bisnis sampingan ini. Dengan harapan dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen dan adanya awareness dari konsumen perlu adanya pengenalan awal yang masiv. Untuk manajemen SDM, saya masih percayakan diri saya sendiri untuk mengurangi cost. Bila untuk desain produk, logo dan banner memang perlu mengorek kantong, apalagi saya juga membuat situs lapak pribadi dengan modal yang lumayan. Tapi memang perlu adanya modal awal dulu, walaupun ide bisnis awal itu yang terpenting. Kalau hanya ide saja tanpa action ya tidak jalan. Dengan harapan ada teman atau kolega yang akan ingin mengembangkan bisnis saya ini atau berjalan bersama untuk memajukan brand ini.
     
  11. stefanus09

    stefanus09 New Member

    Joined:
    Jul 19, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul sekali, karena itu ppenting juga untuk mengikuti program pengembangan dan pelatihan SDM supaya pihak manager bisa mengupgrade kemampuan diri dan bisa memaksimalkan kinerja karyawannya melalui motivasi, sistem reward, dll yang diberikan. supaya karyawan bisa bekerja dengan loyal dan semangat.
     
Loading...

Share This Page