Tips Membeli Motor Secara Online

Discussion in 'Otomotif' started by Hana07, Jun 21, 2018.

  1. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    130
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Sekarang apa-apa serba online, mau beli baju, peralatan rumah tangga, hingga kendaraan pribadi bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari saja. Beli motor pun kini enggak perlu ribet mesti datang ke dealer, karena saat ini sudah banyak situs online yang menjual motor bekas hingga motor baru.

    Namun, masih banyak masyarakat yang mempertanyakan dan ragu, aman nggak sih beli motor secara online? Gimana kalau sudah bayar mahal-mahal, tapi motor nggak juga dikirimkan oleh pihak yang menjual? Biar kamu nggak tertipu dan menyesal nantinya, yuk, simak dulu 5 tips aman beli motor online agar kamu tidak menyesal!



    Pilih Situs yang Terpercaya
    [​IMG]

    Sebelum memutuskan untuk kredit motor di sebuah website atau marketplace online, pastikan situs atau marketplace tersebut terpercaya. Jangan mudah tergoda dengan iklan yang muncul di Google atau Facebook.

    Cek dulu apakah ada testimonial dari orang yang pernah membeli apakah banyak buruknya atau baiknya, apakah mereka memiliki profil yang jelas, cek sosial medianya apakah aktif atau tidak, dan memiliki alamat kantor yang jelas. Cek juga berita terkait situs tersebut di Google, semakin teliti kamu, semakin kecil juga kemungkinan akan tertipu.



    Memiliki Kontak yang Mudah Dihubungi
    [​IMG]

    Tips aman beli motor online selanjutnya, yakni hal yang nggak kalah penting. Pastikan situs tersebut memiliki Customer Service atau orang yang mudah dihubungi layaknya asisten pribadi. Sehingga kamu bisa mengetahui dengan pasti proses pembelian motormu jika mengalami kendala setelah melakukan pembelian di tempat tersebut.



    Mencantumkan Harga yang Sesuai dengan Gambar
    [​IMG]

    Cek harga telah benar-benar sesuai dengan yang ada di gambar. Karena harga motor sering berganti-ganti, kadang tiap minggu atau bulanan. Jika stus online tersebut memiliki CS yang mudah dihubungi, enaknya kamu bisa bertanya langsung untuk mengkonfirmasi kebenaran harga maupun diskon yang tertera. Pada saat akan checkout keranjang belanjaan, pastikan juga harga yang tercantum telah benar.



    Memberikan Pelayanan yang Baik
    [​IMG]

    Tempat penjualan yang baik adalah tempat yang memiliki pelayanan yang baik. Bagi situs online sangat penting untuk memiliki pelayanan yang ramah dan baik pada calon konsumennya. Hal ini untuk meyakinkan orang-orang bahwa membeli motor secara online juga sama baiknya dengan membeli motor dengan datang ke dealer. Penting untuk Customer Service situs online memiliki kemampuan untuk meyakinkan calon konsumennya agar pembeli merasa nyaman dan aman. Misalnya saja, ada calon konsumen yang ingin bertanya-tanya tentang kredit Yamaha Fino, tempat yang baik biasanya memiliki CS yang selalu sabar menghadapi pertanyaan dari calon konsumennya sampai berhasil terjadinya transaksi.



    Memiliki Metode Transaksi yang Aman
    [​IMG]

    Tips aman beli motor online yang terakhir adalah memiliki metode transaksi yang aman. Pada saat akan membayar, lihatlah nomor rekening bank yang dituju. Tempat yang baik adalah memiliki nomor rekening bank yang sesuai nama situsnya atau menggunakan nama perusahaan. Jika menggunakan nama perorangan, maka hal itu patut dicurigai. Baiknya lakukan konfirmasi dengan CS tempat kamu membeli untuk lebih amannya.

    Itu tadi tips beli motor secara online yang aman dan nyaman. Jadilah pembeli yang teliti dan cerdas sebelum memutuskan untuk membeli di situs online, agar kamu tidak tertipu.
     
    Last edited: Jun 22, 2018
  2. keandragan

    keandragan New Member

    Joined:
    Jun 19, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sekarang semuanya serba online, tapi kalau mau beli motor online mesti di tempat yang sudah kredible supaya aman...
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,446
    Likes Received:
    104
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya belum berani beli motor secara online
    sering belinya motor bekas saja, meskipun memanfaatkan iklan online tapi ketemunya offline untuk melihat kondisi motornya
     
  4. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    542
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  5. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    130
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    boleh klik langsung yang ada di signature ane bro:D
     
  6. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    130
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    iya betul banget bro
     
  7. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,635
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    yang link kedua di signature-nya error, emang sengaja ?
     
Loading...

Share This Page