Tips Membersihkan Sepatu Sneakers Supaya Tetap Kinclong

Discussion in 'General Sports' started by Triana A., Jun 29, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. New Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Untuk orang hobi dan sering berolahraga, biasanya sepatu akan cepat kotor atau bahkan bau. Padahal maunya sepatu tetap kinclong walaupun sudah dipakai berulang kali. Lalu bagaimana caranya supaya sepatu bisa bersih dari debu dan kotoran yang menempel?

    Tentu cara membersihkan tiap sepatu berbeda-beda ya tergantung bahannya. Nah tips di bawah ini akan menjelaskan cara membersihkan dan merawat sneakers kesayangan kamu supaya tetap bersih.

    Cuci dengan Tangan
    Salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah membersihkannya dengan tangan. Pertama-tama, lepaskan dulu tali sepatu dan sol bagian dalam. Kemudian, bersihkan dulu keduanya.

    Untuk membersihkan tali sepatu dan sol, gunakan deterjen dan sikat yang halus supaya tidak rusak. Kamu juga bisa membeli produk khusus seperti minyak esensial untuk menghilangkan bau. Untuk menghemat, bisa juga dengan menggunakan baking soda. Kalau ada area yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan cotton bud.

    Setelah membersihkan tali sepatu dan sol, selanjutnya bersihkan sneakers. Untuk membersihkan permukaan sepatu, kamu bisa menggunakan cairan pembersih sepatu yang dicampur dengan air hangat. Untuk menyikatnya, gunakan sikat halus atau sikat khusus supaya permukaan tidak kasar. Cara ini juga efektif untuk membersihkan bagian-bagian sepatu yang susah dijangkau.

    Mesin Cuci
    Selain dengan tangan, kamu juga bisa membersihkan sepatu dengan mesin cuci. Sama seperti sebelumnya, bersihkan dulu tali sepatu dan sol seperti langkah-langkah di atas.

    Setelah melakukan hal tersebut, baru selanjutnya cuci sepatu di mesin cuci. Jangan langsung memasukan sepatu ke mesin cuci. Masukkan dulu ke dalam sarung bantal atau tas khusus laundry, kemudian ikan dengan kencang supaya saat dicuci sepatu tidak keluar.

    Kemudian gunakan deterjen yang memang cocok untuk mencuci sepatu sehingga bahan tidak rusak. Selain itu, atur mesin cuci dengan kecepatan rendah dan suhu yang tidak terlalu tinggi supaya warna tidak pudar. Setelah selesai, keringkan di bawah matahari.

    Laundry
    Cara terakhir adalah dengan membawa sepatu sneakers kamu ke laundry khusus sepatu. Saat ini sudah ada banyak laundry yang menawarkan deep cleaning untuk sneakers. Jadi kalau sepatu sneakermu ada noda atau kotoran yang tidak bisa hilang walaupun sudah dicuci dengan 2 cara di atas, kamu bisa membawanya ke laundry.

    Saat dibawa ke laundry, jelaskan bagian-bagian yang kamu ingin bersihkan ya supaya tidak ada yang terlewat. Jika bahan sepatumu khusus, jelaskan juga supaya ditangani dengan baik. Beberapa laundry juga menawarkan berbagai jenis perawatan tambahan.

    Nah untuk kamu yang gak mau ribet, kamu bisa mengirimkan sepatu sneakersmu ke tempat laundry sepatu dengan jasa pengiriman barang seperti Lalamove. Tinggal order lewat aplikasi, nanti sepatu kamu langsung dijemput oleh driver dan diantar ke tempat laundry. Setelah selesai, kamu juga bisa kembali order untuk mengirimkan kembali sepatu sneakersmu dari tempat laundry.
     
Loading...

Share This Page