Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis UMKM

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Triana A., Aug 31, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kemasan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Apabila kemasannya menarik, pembeli bisa secara tidak langsung mempromosikan produk yang kamu jual dengan membagikannya di media sosial.

    Sekarang ini, kemasan bukan lagi sekadar sebagai pelindung produk. Kemasan juga menjadi medium komunikasi brand terhadap konsumen, bahkan sebagai simbol estetika. Dengan kemasan produk yang tepat, kamu bisa menyampaikan identitas bisnismu dan menciptakan first impression yang baik. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis kuliner online, desain kemasan produk bisa sangat mempengaruhi ketertarikan pelanggan.

    Namun, kemasan produk ini sendiri masih menjadi tantangan bagi banyak UMKM. Sebenarnya ada banyak UMKM yang menjual produk lokal berkualitas. Namun, karena kemasan produk yang kurang menarik akhirnya kalah bersaing dengan brand-brand besar atau internasional.


    Pilih Materi Sesuai Produk
    Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat kemasan produk adalah fungsi dari kemasan tersebut. Sesuaikan materi kemasan dengan produk yang dijual agar produk bisa diterima konsumen dalam keadaan aman. Apabila produk yang diterima konsumen tidak optimal, kesan pelanggan terhadap bisnismu bisa kurang baik.

    Selain itu, gunakan juga bahan yang sesuai dengan berat produk. Hindari kemasan yang terlalu berat atau ringan dibanding produk yang dijual. Apabila kemasan berat tetapi produknya ternyata ringan, konsumen bisa merasa tidak puas. Sebaliknya, apabila produknya berat, kemasan yang terlalu ringan bisa rusak karena tidak kuat menahan beban produk.

    Sesuaikan dengan Brand dan Target Konsumen
    Kemasan juga menjadi bagian dari pemasaran. Maka itu, sebaiknya sesuai keseluruhan kemasan produkmu dengan brand dan target konsumen mulai dari desain, warna, hingga font. Misalnya jika kesan yang ingin dibangun adalah semangat, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah. Jika produk yang kamu jual adalah produk premium, kamu bisa memilih desain kemasan produk yang terlihat elegan dan prestisius.

    Identitas Produk
    Agar konsumen semakin kenal dengan produkmu, jangan lupa untuk mencantumkan informasi produk pada kemasan seperti nama, tagline, dan informasi pendukung lainnya. Misalnya jika kamu menjual makanan siap saji, cantumkan informasi mengenai cara penyajian, komposisi, fakta nutrisi, dan tanggal kedaluwarsa.

    Jika ukuran kemasan besar dan masih banyak sisa ruang kosong, kamu bisa menambahkan narasi mengenai asal usul bisnismu. Ringkas informasi dengan singkat dan jangan lupa untuk menyesuaikan tata letak informasi dengan desainnya. Dengan informasi yang jelas, kamu bisa membangun kepercayaan konsumen. Untuk semakin meningkatkan kepercayaan konsumen, kamu juga bisa menambahkan informasi atau logo sertifikasi misalnya izin dari BPOM atau sertifikasi halal.

    Ramah Lingkungan
    Sekarang ini, kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan sudah semakin meningkat. Konsumen pun semakin banyak yang tertarik pada brand yang berkontribusi terhadap isu ini. Sebagai pebisnis, kamu bisa mendukung gerakan ramah lingkungan tidak hanya dari produk saja tetapi juga dari kemasan produk yang ramah lingkungan.

    Selain itu, kemasan produk yang ramah lingkungan juga bisa menjadi daya tarik sendiri bagi produk yang dijual. Tak sedikit juga konsumen yang rela membayar sedikit lebih mahal untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.

    Kemasan Edisi Spesial
    Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menarik lebih banyak konsumen baik yang baru maupun yang lama adalah dengan membuat kemasan khusus untuk momen-momen spesial, misalnya saat Hari Kemerdekaan atau Tahun Baru. Strategi ini terutama cocok dilakukan untuk pebisnis yang menjual produk dengan kemasan yang bisa dipakai berkali-kali, misalnya minuman kopi. Dengan cara ini, konsumen jadi semakin tertarik untuk membeli karena bisa mengoleksi edisi-edisi khusus. Dengan kemasan yang menarik, produk dapat terlihat lebih berkualitas dan menarik sehingga bisnis UMKM pun bisa semakin berkembang.

    Sumber: Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik untuk Bisnis UMKM
     
  2. Faizal Santria

    Faizal Santria New Member

    Joined:
    Aug 7, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips yang bermanfaat, sayangnya tidak ada ilustrasi contoh kemasan yang sesuai dengan penjelasan diatas
     
Loading...

Share This Page