Tips Membuat Resume

Discussion in 'General Discussion' started by elizato, Sep 25, 2017.

  1. elizato

    elizato New Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Sebuah resume adalah iklan pribadi yang jika dilakukan dengan benar, menunjukkan bagaimana keahlian, pengalaman, dan prestasi Anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang Anda inginkan. Panduan ini menyediakan tiga contoh gratis dimana Anda dapat mendasarkan resume Anda. Ini juga akan memandu Anda melalui pengaturan dan meletakkan konten untuk menyoroti keahlian Anda dan menarik perhatian pembaca.

    Format teks Anda Hal pertama yang mungkin akan ditampilkan atasan pada contoh CV Anda adalah teksnya. Oleh karena itu, sangat penting agar Anda memberi kesan pertama yang benar. Pilih font profesional dalam ukuran 11 atau 12. Times New Roman adalah font serif klasik, sedangkan Arial dan Calibri adalah dua pilihan yang lebih baik untuk sans-serif. Meskipun font sans serif lebih populer untuk resume, Yahoo mengutip Helvetica sebagai font terbaik yang digunakan untuk resume Anda.
    • Banyak orang menemukan bahwa Times New Roman agak sulit dibaca di layar.Jika Anda mengirim email ke resume Anda, pertimbangkan untuk menggunakan Georgia sebagai pengganti font serif yang lebih mudah dibaca.
    • Anda dapat menggunakan beberapa font untuk berbagai bagian resume Anda, namun cobalah untuk membatasinya menjadi dua. Alih-alih mengubah antara font, cobalah menguatkan atau memberi label pilihan teks tertentu.
    • Ukuran font untuk header Anda dan pendahuluan pada bagian mungkin 14 atau 16, namun sebaliknya, Anda harus memilih 11 atau 12.
    • Teks Anda harus selalu dicetak dengan tinta hitam solid. Pastikan untuk menonaktifkan hyperlink (seperti email, alamat, dan nomor telepon Anda) sehingga tidak dicetak dengan warna biru atau warna non-hitam lainnya.
    Siapkan halaman. Halaman Anda harus memiliki margin satu inci sepanjang jarak sekitar 1,5 atau 2 baris baris. Tubuh resume Anda akan diselaraskan ke kiri dan header Anda harus dipusatkan di bagian atas halaman Anda.

    Buat judul Anda Ini adalah bagian di bagian atas resume Anda yang memberikan informasi kontak Anda termasuk nama, alamat, email, dan nomor telepon Anda.Nama Anda harus dalam ukuran yang sedikit lebih besar - baik font 14 atau 16 titik.Cantumkan nomor rumah dan ponsel Anda.

    Tentukan tata letak. Ada tiga format umum untuk membuat resume: kronologis, fungsional, atau kombinasi. Riwayat pekerjaan dan jenis pekerjaan yang Anda lamar akan menentukan gaya tata letak yang harus Anda gunakan.
    • Riwayat kronologis digunakan untuk menunjukkan pertumbuhan yang stabil di bidang karir tertentu. Ini paling baik digunakan untuk seseorang yang melamar pekerjaan di dalam jalur karir mereka untuk menunjukkan peningkatan tanggung jawab dari waktu ke waktu.
    • Resume fungsional difokuskan pada keterampilan dan pengalaman daripada riwayat pekerjaan. Ini paling baik digunakan untuk seseorang yang mungkin memiliki lubang dalam riwayat pekerjaan mereka atau yang telah mendapatkan pengalaman menjadi wiraswasta untuk sementara waktu.
    • Resolusi kombinasi, seperti kedengarannya, kombinasi dari sebuah kronologis dan resume fungsional. Ini digunakan untuk memamerkan keterampilan tertentu dan bagaimana mereka memperolehnya. Jika Anda telah mengembangkan keahlian khusus dari bekerja di berbagai bidang terkait, inilah pilihan resume terbaik untuk Anda.
    Cantumkan riwayat pekerjaan Anda. Karena ini adalah resume kronologis, pekerjaan Anda harus tercantum dalam urutan kronologis terbalik dengan pekerjaan terakhir Anda terlebih dahulu. Sertakan nama perusahaan, lokasinya, judul, tugas dan tanggung jawab Anda saat bekerja di sana, dan tanggal dimana Anda dipekerjakan di sana.
    • Mungkin akan menguntungkan untuk mencantumkan judul Anda terlebih dahulu, untuk memamerkan posisi Anda di setiap pekerjaan. Anda juga bisa memilih untuk mencantumkan nama perusahaan terlebih dahulu. Terlepas dari apa yang Anda pilih, konsistenlah keseluruhan daftar Anda.
    • Untuk setiap daftar, tulis bagian "prestasi besar" atau "prestasi" dengan deskripsi singkat tentang sesuatu yang penting yang Anda capai untuk pekerjaan itu.
    Berikan riwayat pendidikan Anda. Sama seperti pekerjaan Anda, Anda harus mencantumkan semua pendidikan Anda secara kronologis dengan pendidikan terakhir Anda terlebih dahulu. Sertakan gelar perguruan tinggi, sekolah perdagangan, atau magang yang mungkin Anda ikuti. Jika Anda lulus dengan gelar, cantumkan nama gelar dan juga tahun Anda menerimanya. Jika Anda belum lulus, cukup nyatakan tahun-tahun Anda telah mengikuti program ini dan juga tanggal kelulusan yang diharapkan.
    • Untuk setiap daftar, berikan nama universitas / program, alamat mereka, dan gelar atau bidang studi Anda.
    • Jika Anda memiliki IPK kumulatif 3,5 atau lebih tinggi, pastikan untuk mencantumkannya bersama dengan informasi sekolah / gelar Anda.
    Berikan kualifikasi atau keterampilan khusus. Setelah Anda mencantumkan informasi terpenting - pengalaman dan pendidikan kerja Anda - pada dasarnya Anda dapat memilih untuk memasukkan hal lain yang menurut Anda penting. Buat bagian berjudul "Keterampilan Khusus" atau "Kualifikasi Unik" dengan daftar hal-hal ini.
    • Jika Anda fasih dalam lebih dari satu bahasa, daftarkan beberapa bahasa di sini.Pastikan untuk mencatat tingkat pengetahuan Anda - misalnya, pemula, menengah, pemula, maju, lancar, dll.
    • Jika Anda berpengalaman dalam bidang pekerjaan khusus yang mungkin tidak dimiliki pemohon lain - seperti pemrograman komputer - pastikan untuk menyertakan tingkat keahlian Anda di sini.
    Berikan referensi anda Anda perlu memberikan 2-4 referensi profesional (orang-orang yang bukan keluarga atau teman) dengan nama, hubungan dengan Anda, dan informasi kontak termasuk nomor telepon, alamat, dan email mereka.
    • Referensi terbaik untuk digunakan adalah manajer atau atasan dari Anda dalam pekerjaan Anda, atau mungkin seorang profesor perguruan tinggi yang kelasnya Anda ikuti dengan baik.
    • Tempat yang Anda lamar dapat menghubungi orang-orang ini, jadi selalu hubungi mereka terlebih dahulu untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menggunakannya untuk referensi dan saat ini melamar pekerjaan.
     
Loading...

Share This Page