Tips Membuat Rumah Agar Menjadi Lebih Personal

Discussion in 'Arsitektur' started by Nur Maulida, Sep 8, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Setiap orang tentu pernah merasa kehilangan arah dan tujuan hidup karena padatnya aktivitas yang mereka lakukan sehingga membuat mereka lupa untuk menikmati hidup ini.

    Terlalu bekerja keras dengan pekerjaan atau bisnis yang sedang kamu jalankan, mungkin saja membuat kamu menjadi lupa dan tidak sempat untuk beristirahat di rumah.

    Karena itu, kamu perlu membuat rumah yang kamu tempati menjadi lebih tenang, nyaman, serta terlindungi. Hal ini bertujuan agar segala rasa penat dan lelah bisa langsung hilang ketika beristirahat di rumah. Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu membuat rumah menjadi lebih personal.

    Hal yang terbaik untuk kesehatan jiwa dan raga adalah dengan membuat setiap bagian rumah yang kamu tempati menggambarkan diri kamu. Dengan begitu, maka pikiranmu akan menjadi lebih tenang dan rileks.

    Agar dapat mewujudkan hal tersebut, kamu dapat membangun kepercayaan serta mencintai diri sendiri dengan beberapa hal berikut ini agar rumah yang kamu tempat menjadi lebih personal, antara lain yaitu:

    1. Menyesuaikan Furnitur Sesuai Dengan Kebutuhan

    Agar rumah yang kamu tempati tampak lebih personal, maka pilihlah furniture yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebab, menurut pakar psikologi, pemilihan furniture adalah cerminan dari karakteristik penghuninya. Karena itu, jangan pernah ragu untuk menambah furniture yang sesuai dan menggambarkan diri kamu sendiri.

    Jika kamu adalah sosok yang suka dengan warna cerah, maka tidak ada salahnya untuk memilih furniture dengan warna-warna mencolok. Sebaliknya jika kamu menyukai warna pastel, maka pilihlah warna pastel atau monokrom untuk furniture yang akan kamu gunakan.

    2. Tambahkan Karya Seni atau Barang Antik

    Berdasarkan riset yang dilakukan kepada beberapa orang mengenai pengaruh karya seni terhadap mood mereka ketika berada di rumah, dapat disimpulkan bahwa ternyata barang antik atau karya seni mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap mood seseorang ketika berada di rumah.

    Selain itu, ternyata karya seni atau barang antic juga dapat mengurangi rasa lelah dan beban pikiran yang cukup berat setelah bekerja seharian. Karena itu, sangat direkomendasikan bagi kamu untuk membeli sebuah karya seni atau barang antik di rumah agar dapat memunculkan kenangan yang indah serta menambah pengalaman emosional.

    3. Ubah Cat Dinding

    Langkah selanjutnya yang bisa kamu gunakan agar rumah tampak lebih personal adalah dengan mengubah cat dinding rumah sesuai dengan keinginan dan kepribadian kamu. Jangan pernah merasa terikat dengan aturan ataupun tren warna yang sedang melanda. Buatlah warna rumah kamu sesuai dengan keinginan dan karakter kamu.

    Mengubah warna cat rumah secara otomatis juga akan mengubah kesan tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu, warna cat yang tepat dan sesuai dengan keinginan juga akan membantu mengembalikan semangat serta kepercayaan diri kamu.

    4. Manfaatkan Setiap Ruang yang Ada

    Jika rumah yang kamu tempati mempunyai banyak ruang, cobalah untuk memanfaatkan ruang yang ada semaksimal mungkin. Jika rumah yang kamu tempati mempunyai halaman, maka halaman tersebut bisa kamu manfaatkan dengan menanam berbagai tanaman atau bunga. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan halaman tersebut dengan peralatan BBQ ketika musim panas tiba.

    Seperti diketahui, memasak dan berkebun merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menghilangkan stress. Cobalah untuk menanam tanaman agar bisa kamu manfaatkan kembali, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. Namun sangat direkomendasikan untuk menanam bunga agar kamu bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan menyejukkan mata ketika di rumah.

    5. Berikan Ruang Terpisah untuk Penghargaan yang Kamu Raih

    Jika kamu mempunyai banyak penghargaan dari bidang tertentu, maka siapkanlah ruang tersendiri untuk menyimpan medali-medali tersebut. Hal ini karena adanya penghargaan tersebut akan membuat rumah yang kamu tempati mengekspektasikan diri kamu. Dengan kebanggaan tersebut akan membuat rumah yang kamu tempati menjadi jauh lebih personal.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,485
    Likes Received:
    111
    Trophy Points:
    63
    Biar rumahku tidak seindah istana raja
    tapi rumahku adalah surgaku,yang penting nyaman dan aman
    dimana anak-anak dapat tumbuh dalam kasih sayang Tuhan.
     
Loading...

Share This Page