Tips Membuka Usaha Makanan Khas Daerah

Discussion in 'General Business' started by bagusetiawan, Feb 7, 2017.

  1. bagusetiawan

    bagusetiawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2016
    Messages:
    126
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Mencoba berbisnis masakan daerah sebenarnya sangat sedap dan pasarnya pun terbuka luas. Karena semua orang ingin dapat mencicipi masakan yang unik dan otentik dari daerah tersebut. Banyak orang yang menekuni bisnis makanan daerah karena ingin membuat peluang usaha di bidang kuliner dan juga mendukung adanya pelestarian budaya kampung halamannya.

    Alasan lainnya mengapa para pebisnis masakan daerah menjalani usaha tersebut adalah karena adanya pesaing untuk beberapa jenis masakan daerah tertentu namun jumlahnya lebih sedikit. Bisa jadi karena memang sulit di dalam hal pembuatan masakan tersebut. Hal inilah menjadi peluang yang bagus untuk membuka bisnis masakan daerah. Lantas apa sajakah trik untuk membuat bisnis makanan daerah yang kita jalani disukai oleh banyak orang? Inilah 2 trik yang bisa dilakukan:

    Temukan ciri khas dari produk makanan daerah yang Anda miliki

    Temukanlah apa yang menjadi ciri khas pada jenis masakan daerah yang dipilih untuk menjadi produk jual Anda. Beberapa di antaranya seperti,
    • Rasa serta penataan sajian masakan
    Rasa yang enak serta penataan yang cantik tentu akan sangat menarik perhatian konsumen. Maka dari itu selalu jagalah rasa serta kecantikan dalam hal penyajian.
    • Inovasi dalam pemakaian bahan
    Pakailah bahan yang berbeda tetapi mempunyai cita rasa yang unik namun tetap enak untuk dikonsumsi. Hal itulah yang membuat konsumen jatuh hati pada masakan Anda.
    • Tambahkanlah kelebihan pada produk Anda
    Anda dapat menambahkan kelebihan pada produk sebagai contohnya dengan menambahkan pemakaian bahan organik dan masih banyak lagi. Dengan cara ini, konsumen merasa ada sesuatu yang lebih ketika mengkonsumsi produk makanan Anda.
    • Memiliki harga serta pelayanan yang dapat menarik perhatian konsumen
    Tetaplah memberikan harga yang bersaing namun dengan pelayanan yang jauh lebih baik tentu akan dapat membuat usaha menjadi lebih disukai oleh konsumen.

    Buatlah brosur yang menarik

    Sangatlah penting dalam membuat brosur sebagai langkah awal dalam membuka usaha bisnis makanan daerah. Walaupun saat ini telah banyak pebisnis yang memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran melalui sosial media. Tetapi tak ada salahnya untuk juga memperkenalkan produk makanan kita dengan cara konvensional yakni memakai brosur. Terlebih jika makanan tersebut tak dapat awet lama.

    Hal itu dimaksudkan untuk meraih minat konsumen yang masih berada di dalam 1 kawasan seperti 1 provinsi atau daerah di sekitarnya terlebih dahulu. Hal penting untuk membuat brosur yang menarik dengan cara:
    1. Menyiapkan brosur yang dibuat dari jenis kertas yang telah disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.
    2. Pilihlah desain yang menarik dan sesuai dengan target market di mana isinya menjadikan orang ingin membeli produk Anda
    3. Pastikanlah kelengkapan dari isi browser telah terpenuhi seperti kontak, alamat, paket promosi sebagai penawaran yang menarik dan juga foto produk.
    Itulah beberapa hal yang penting dilakukan sebagai tahap awal dalam memulai bisnis makanan daerah. Paling penting dalam memilih sebuah bisnis ialah tidak mudah menyerah dalam melakoni berbagai rintangan yang terasa berat ketika membuka usaha. Di samping itu dengarkanlah saran dan kritik yang membangun dari para konsumen dan para sahabat tentang produk yang Anda jual. Sumber berita.
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    mantap nih tipsnya buat yang mau usaha kuliner
     
Loading...

Share This Page