Tips Memilih Anjing Peliharaan

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Nov 26, 2022.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    156
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Tips Memilih Anjing Peliharaan - Anjing merupakan hewan peliharaan dan teman yang baik bagi manusia. Bentuk fisiknya yang lucu dan sikapnya yang patuh terhadap pemiliknya menjadikannya hewan peliharaan yang cocok untuk dijadikan pelengkap keluarga di rumah. Anjing yang cerdas juga dapat dilatih untuk membantu meringankan pekerjaan manusia.

    [​IMG]

    Tidak hanya itu, memelihara anjing juga dapat menjadi penyemangat dan dapat menurunkan stres. Namun bagaimanakan mencari anjing yang tepat? Diantara banyak ras anjing, manakah yang cocok untuk Anda pelihara?

    Memilih anjing yang tepat biasanya diikuti oleh faktor kegunaan anjing itu sendiri dan kemampuan Anda dalam memeliharanya. Banyaknya ras anjing yang dierjual belikan di tempat jual anjing menjadikan banyaknya perbedaan sifat anjing antara ras satu dengan yang lainnya. Ole sebab itu, penting untuk mengetahui ras anjing apakah yang cocok untuk Anda pelihara dilihat dari kepribadian Anda dan karakteristik si anjing.

    Berikut akan diuraikan beberapa poin penting yang berpengaruh dalam memilih jenis anjing yang akan Anda pelihara :

    1. Ukuran Anjing

    Terdapat bermacam-macam ukuran anjing di dunia. Ada ras anjing yang memiliki ukuran sangat kecil hingga anjing dengan ukuran yang sangat besar. Penentuan ukuran anjing yang akan Anda pelihara berkaitan dengan luas ruang gerak anjing tersebut.

    Apabila Anda memiliki ruangan yang kecil untuk ruang gerak anjing Anda, jangan memilih anjing besar seperti Golden atau Husky yang membutuhkan ruang banyak untuk aktivitas mereka, kecuali Anda rela meluangkan waktu untuk berjalan-jalan keluar bersama dengan anjing Anda.

    Pilihlah anjing kecil seperti Cihuahua, Pomeranian, atau Miniatur Poodle apabila Anda tinggal di tempat yang tidak terlalu luas. Sedangkan jika Anda memiliki ruang yang cukup di rumah, memelihara anjing besar bukanlah masalah untuk Anda.

    2. Sesuaikan Fungsi Anjing dengan Karakternya

    Berikut ini fungsi anjing peliharaan sesuai karakternya :

    >> Sebagai Teman Bermain : Anjing yang baik sebagai teman bermain biasanya datang dari kelompok anjing Toy, dengan berat dibawah 10 Kg. Ras anjing yang masuk ke dalam tipe Toy ini antara lain, Pomeranian, Cihuahua, Miniatur Poodle, Miniatur Pincher, dan Pug.

    >> Sebagai Companion Dog atau Family Dog : Anjing keluarga merupakan tipe anjing yang ramah, penuh kasih sayang, dan kalem. Umumnya berukuran medium hingga besar. Namun seringkali anjing keluarga tidak dapat dijadikan anjing penjaga karena terlalu ramah dan bersahabat terhadap orang asing.

    >> Sebagai Guard Dog : Anjing penjaga umumnya merupakan anjing dengan wajah yang galak dan suka menggonggong. Anjing tipe penjaga memiliki karakter yang berani, selalu waspada, melindungi, dan dapat dilatih dengan baik. Anjing penjaga biasanya digunakan sebagai penjaga rumah, ruang penyimpanan, atau toko.

    >> Sebagai Breeding atau Anjing Show : Anjing yang digunakan sebagai indukan oleh breeder atau digunakan untuk keperluan show merupakan anjing yang baik, dilihat dari postur tubuhnya yang harus proporsional. Selain dilihat dari postur tubuhnya, anjing untuk keperluan show juga akan dilihat dari kesehatannya dan karakternya.

    3. Biaya Hidup Anjing

    Hal yang perlu diperhitungkan lainnya dalam memilih anjing yang akan dipelihara adalah biaya hidup anjing tersebut. Pada tahun pertama adopsi anjing, Anda mungkin akan merasa biaya yang dihabiskan untuk memelihara anjing Anda cukup banyak. Hal tersebut disebabkan oleh keperluan untuk membeli kandang, perlengkapan grooming, vaksinasi, vitamin, dan biaya dokter.

    Anjing dengan ras yang lebih besar akan menghabiskan lebih banyak biaya pada makanannya karena anjing ras besar pastinya memerlukan makanan yang lebih banyak ketimbang anjing ras kecil. Namun jenis bulunya juga dapat mempengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan untuk anjing Anda. Jenis anjing dengan bulu panjang akan memerlukan biaya lebih untuk melakukan grooming.

    4. Jenis Bulu

    Jenis bulu pada anjing menentukan pula banyaknya perawatan yang harus Anda berikan pada anjing Anda. Terdapat dua jenis bulu anjing yaitu Short hair (bulu pendek) dan Longe Hair (bulu panjang).

    Bulu pendek biasanya tidak memerlukan perawatan bulu yang khusus, malah dapat dibilang hanya memerlukan grooming yang minimalis. Sedangkan anjing dengan bulu panjang memerlukan banyak perhatian pada bulunya, terlebih apabila bulunya tebal. Anjing dengan bulu yang panjang akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk perawatan bulunya.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,266
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Kalau hewan ini sama sekali gak tertarik sih, lebih banyak menakutkanya.
    Dulu punya teman, anjignya kecil pulang-pulang suka bawa jemuran orang.
     
Loading...

Share This Page