Tips Memilih Asuransi Visa Schengen yang Tepat untuk Liburan Anda ke Eropa

Discussion in 'Tourism' started by Faniditya Ramadhan, Nov 25, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Visa Schengen merupakan suatu dokumen cukup penting yang diberikan oleh pihak imigrasi untuk Anda yang ingin bepergian untuk mengunjungi daerah Schengen. Untuk bisa mendapatkan Visa Schengen, Anda diharuskan memiliki asuransi perjalanan terlebih dahulu karena itu merupakan salah satu syarat utamanya. Nah, agar Anda tidak keliru dalam memilih asuransi visa Schengen, berikut tips-tips yang mungkin bisa Anda terapkan.

    Tentukan Berapa Lama Durasi Perjalanan Anda

    Setelah Anda memastikan bahwa produk asuransi yang Anda pilih mencakup semua wilayah di Schengen, saatnya untuk menentukan durasi perjalanan Anda. Anda dapat melakukan perhitungannya dimulai ketika hari keberangatan dari Indonesia hingga kembali ke Indonesia lagi.

    Mengapa hal ini cukup penting? Sebab durasi perjalanan Anda akan sangat berpengaruh terhadap biaya premi yang harus Anda bayarkan.

    Adapun kategori durasi perjalanan yang ditawarkan pihak asuransi Visa Schengen adalah asuransi perjalanan sekali jalan dan asuransi perjalanan tahunan. Bila memang Anda sering bepergian ke wilayah Schengen, sebaiknya untuk mempertimbangkan membeli asuransi dengan polis tahunan dibandingkan sekali jalan agar lebih hemat.

    Pastikan Mencakup Negara Tujuan Anda

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu saat ingin memilih asuransi Visa Schengen adalah memastikan apakah cakupan area asuransi perjalanan yang Anda pilih sesuai dengan negara yang Anda ingin tuju.

    Adapun wilayah Schengen antara lain seperti Jerman, Austria, Denmark, Belgia, Republik Ceko, Estonia, Finlandia, Prancis, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malta, Vatikan, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, hingga Belanda.

    Sesuaikan Jumlah Anggota Keluarga yang Akan Pergi

    Jika memang Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke Eropa bersama dengan keluarga, tercinta, ada baiknya untuk memilih asuransi Visa Schengen dengan polis yang dikhusususkan untuk keluarga. Asuransi dengan polis keluarga ini tentunya akan jauhg lebih hemat dibandingkan Anda membelinya dengan polis untuk individual.

    Pastikan Sistem Reimbursement atau Cashless

    Umumnya, asuransi Visa Schengen menawarkan sistem reimbursement. Di mana Anda harus membayar terlebih dahulu biaya yang diperlukan. Kemudian setelah itu baru Anda bisa mengajukan klaim.

    Beda halnya jika asuransi Visa Schengen yang menggunakan sistem cashless. Sistem ini memungkinkan pemilik mendapatkan perawatan atau ganti rugi tanpa harus membayar terlebih dahulu.

    Kedua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bila memang saat perjalanan Anda membawa kartu kredit atau uang tunai lebih, asuransi perjalanan dengan sistem reimbursement tidaklah begitu masalah.

    Sedangkan untuk asuransi yang menggunakan sistem cashless biasanya digunakan untuk perjalanan dari perusahaan lantaran tidak akan merepotkan saat dalam perjalanan.

    Demikianlah beberapa tips memilih asuransi Visa Schengen yang bisa Anda terapkan sebelum bepergian ke Eropa. Namun, sebelum memilih asuransi perjalanan yang tepat, ada baiknya Anda membandingkan terlebih dahulu dengan asuransi perjalanan lainnya sehingga Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
     
  2. yasir tidung

    yasir tidung New Member

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    dimana harus mendaftarkan Visa Schengen tersebut ?
     
Loading...

Share This Page