Tips Memilih Jenis Atap Rumah agar Tidak Menguras Kantong

Discussion in 'General Business' started by AhmadCholid, Feb 9, 2020.

  1. AhmadCholid

    AhmadCholid New Member

    Joined:
    Jan 20, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menentukan jenis dan model atap rumah adalah salah satu hal yang sangat penting. Salah salah memilih jenis atap rumah akan menjadikan budget membengkak. Rumah tidak nyaman ditempati. Dan juga tidak indah dipandang. Maka dari itu memilih jenis atap rumah terdapat beberapa pertimbangan dan tips yang harus diperhatikan.
    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips memilih atap rumah agar sesuai dengan budget dan tetap terlihat kesan artistik.
    Berikut ini tips tips memilih atap rumah.

    1. Pastikan sesuai dengan kondisi cuaca
    [​IMG]
    [​IMG]

    Hal yang pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih atap rumah adalah memastikan atap yang akan kamu pakai sesuai dengan cuaca di daerah kamu.
    Seperti contoh cuaca yang ada di negara indonesia terutama di bagian pesisir makan terasa sangat panas ketika musim kemarau. Maka mereka yang tinggal di pesisir makan tidak sangat disarankan memakai dan galvalume seng dan juga atap yang berbahan dari metal.
    Pasalnya atap yang berbahan dari metal akan menjadikan ruangan menjadi sangat panas. Penggunaan seng dan atap dari metal ini bisa digunakan bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan yang memiliki hawa sejuk.

    2. Pertimbangkan jenis atap yang dipakai
    [​IMG]

    Di pasaran sudah banyak sekali jenis-jenis atap yang bisa digunakan untuk berbagai model atap rumah. Sehingga kita harus benar-benar jeli mempertimbangkan jenis atap yang akan kita pakai.
    Saat kita memilih material atap yang akan kita pakai akan menentukan hal hal berikut:

    Seberapa tahan lama?
    Dalam beberapa kondisi jenis atap tidak sesuai dengan cuaca sehingga life time atap tidak mampu bertahan lama. Seperti contoh genting tanah liat pada cuaca dingin dan lembab. Akan cepat lapuk dan tergerus.

    Seberapa mahal?
    Penggunaan atap pada rumah yang sederhana tidak memungkinkan menggunakan atap untuk rumah mewah. Sehingga perlu di sesuaikan harga atap dengan model rumah.
    Misal, atap rumah minimalis cocok dengan jenis atap genteng pvc lapis pasir. Atau menggunakan atap galvalum.

    Faktor keamanan dan keselamatan?
    Rumah dengan kerangka baja ringan tidak mampu menahan beban yang berat. Seperti menggunakan atap genteng beton.
    Pemilihan atap harus mempertimbangkan faktor kemanan dan keselamatan. Sehingga waktu rumah dihuni tidak was-was akan ancaman atap roboh.

    Faktor keindahan?
    Keindahan sebuah rumah adalah penentu pemakaian jenis atap rumah. Tetapi yang tidak kalah penting adalah keindahan atap rumah juga sebanding dengan biaya, kualitas dan juga keamanan.

    Dari pertimbangan tersebut kita akan menemukan jenis atap rumah yang cocok dan pas di hati. Cocok kualitas, daya tahan, keamanan, keselamatan dan tentunya tidak menguras kantong.

    3. Pertimbangkan kerangka atap
    Mempersiapkan dan mempertimbangkan kerangka atap tidak kalah penting dengan mempersiapkan atap itu sendiri. Pasalnya mempersiapkan kualitas kerangka atap lebih penting daripada mempertimbangkan jenis atap yang akan dipakai.
    Bisa kebayangkan apabila kamu membangun rumah dengan model dan jenis atap yang mewah tetapi kerangka atap yang tidak aman dan nyaman selama menghuni rumah.
    Maka dari itu mempertimbangkan kerangka atap tidak boleh kamu sepelekan.

    4. Model instalasi atap
    [​IMG]
    Jenis rumah minimalis dan mewah memiliki modal instalasi atap yang berbeda dan beragam. Jika kamu ingin membangun rumah yang minimalis modern kamu bisa memilih model-model yang kekinian tidak hanya melulu model pelana ataupun limasan.
    Rumah dengan model instalasi atap yang kekinian akan menjadikan kesan unik dan juga estetik. Sehingga mempertimbangkan model dan jenis atap rumah juga penting.

    5. Kualitas produk
    Setelah memilih model instalasi atap kerangka atap dan jenis atap yang akan kita pakai. Tidak kalah penting yang perlu kita pertimbangkan adalah kualitas dari produk atap tersebut.
    Penggunaan atap dari bahan seng dan galvalum kita pertimbangkan sampai berapa tahun atap tersebut bisa bertahan?

    6. Pertimbangkan anggaran
    Yang tidak kalah penting dari semua itu adalah mempertimbangkan anggaran yang akan kita kumpulkan untuk membuat atap rumah. Dengan menyesuaikan anggaran akan mempermudah kita untuk menutup seluruh bagian drama kita dengan atap tanpa terkecuali.
    Bisa di bayangkan ketika kita membuat rumah salah perhitungan karena tidak mempertimbangkan anggaran. Bisa jadi akan menjadikan kantong kering bisa juga rumah yang akan kita tinggali tidak tertutupi atap secara keseluruhan.
    Demikian tips memilih atap rumah sesuai budget. Semoga kamu bijak dan mempertimbangkan semuanya dan semoga sukses.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Jenis atap apa yang murah tapi bagus dan ringan
    apakah galvalum masuk pada kategori ini,
    kalau soal kuat dari terjangan angin mungkin genting beton piihanya
     
  3. duhil

    duhil New Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    pemilihan atap rumah itu ga bisa sembarangan sih emang, soalnya salah2 milih bahan justru bikin rumah jadi panas. apalagi sekarang ini cuacanya semakin ekstrim, dan kalo udah panas itu kadang ac aja ga berasa dinginnya. kalo di rumah aku sih masih pake atap tanah liat cuma ditambahin insulasi gitu jadi ga panas2 banget kalo siang hari.
     
Loading...

Share This Page