Tips Memilih Kamera Digital yang Baik

Discussion in 'Photography' started by elizato, Oct 23, 2016.

  1. elizato

    elizato New Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    [​IMG]
    elizato.com

    Ada macam macam kamera digital di dunia ini untuk dipilih dengan berbagai bentuk dan ukuran. Berkat teknologi digital dalam dunia fotografi menjadikan kita lebih mudah untuk mendesain kamera sesuai selera.

    Namun sebelum menentukan jenis kamera yang akan dipilih, ada baiknya mengetahui lebih dulu kriteria kualitas macam macam kamera digital:

    Kualitas Gambar
    Kualitas gambar merupakan salah satu hal penting dalam menentukan kriteria kualitas kamera. Kualitas gambar dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu, ukuran sensor dan prosesor gambar yang digunakan.

    Ukuran sensor pada gambar bukanlah jumlah megapixel, melainkan ukuran fisik dari sensor gambar, seperti umumnya kamera DSLR atau sistem mirrroless yang memiliki ukuran sensor gambar lumayan besar, yaitu berukuran APS-C sekitar 2,3 x 1,5 cm.

    Oleh sebab itu kualitas gambarnya lebih baik jika dibanding dengan sensor gambar yang terletak pada kamera ponsel atau kamera saku.

    Di era digital ini, kualitas dan kecepatan prosesor gambar juga perlu diperhatikan. Prosesor generasi baru umumnya lebih baik, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan juga meningkat.

    Prosesor yang bagus dapat membuat gambar lebih tajam dan mulus, noise juga dapat ditekan saat memakai ISO tinggi atau shutter speed lambat.

    Kamera yang semakin baru pada prosesornya umumnya juga semakin bagus, jadi walaupun ukuran sensor gambarnya sama, kualitas pada kamera yang 2-3 tahun lebih baru bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus.

    Kinerja
    Kinerja sebuah kamera juga sangat perlu menjadi bahan pertimbangan. Kinerja kamera perlu diperhatikan untuk melihat seberapa cepat kamera dalam memproses sebuah instruksi.

    Misalnya, seberapa siap kamera saat dihidupkan untuk memotret, seberapa cepat dalam melaksanakan foto berturut-turut, seberapa cepat dan akurat sistem autofokusnya.

    Kinerja sebuah kamera umumnya sangat erat kaitannya dengan prosesor kamera. Jadi, semakin baru sebuah kamera, maka semakin cepat pula kinerjanya.

    Untuk keperluan fotografi aksi seperti olahraga, candid, dan fotojurnalisme, kinerja sebuah kamera adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, bahkan bisa lebih penting dari kualitas gambar.

    Kemampuan baterai juga masuk dalam kriteria ini. Semakin tinggi kapasitas baterai, kinerja yang dihasilkan juga lebih baik dan bisa menghemat biaya ataupun waktu saat memotret seharian ful.

    Ekosistem
    Ekosistem meliputi seberapa lengkap koleksi aksesoris seperti lensa dan layanan purna jual. Sistem kamera yang memiliki ekosistem bagus akan memudahkan dalam mencari aksesoris atau lensa saat membutuhkan pelayanan kamera yang perlu diperbaiki karena rusak.

    Ekosistem kamera yang baik juga akan memudahkan dalam belajar baik melalui seminar, workshop, atau bertanya kepada teman yang mempunya kamera dengan jenis yang sama.

    Kenyamanan
    Kriteria ini juga perlu diperhatikan, yaitu seberapa nyaman kamera ini saat dibawa/pegang, terlalu berat atau terlalu ringan? terlalu besar atau terlalu kecil? Nyamankah dengan posisi tombol-tombolnya, nyamankah jari tangan dalam menjangkaunya? Mudahkah dalam mengakses menu atau mengubah setting dengan cepat?

    Karena umumnya calon pembeli hanya melihat pada perbandingan spesifikasi tanpa peduli memperhatikan kriteria diatas.
     
    Last edited by a moderator: Oct 23, 2016
  2. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    gan rekomendasi kamera yang murah tp kualitas ga muraahan.,.,., apa .,,. ?
     
  3. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    yang penting hasil gambarnya berkualitas
     
  4. nanank123

    nanank123 New Member

    Joined:
    Jun 4, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  5. Rima

    Rima Guest

    sekarang lagi musim xiaomi sama gopro tuh, gimana sih gan buat bedain mana yang asli sama mana yg tiruan??
     
  6. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  7. Ayu Melati

    Ayu Melati New Member

    Joined:
    May 24, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Milih kamera itu tergantung tujuan dan kebiasaan kita motret juga. Kalau untuk sekadar upload di internet, tidak perlu mengejar kamera dengan resolusi yang terlalu tinggi. Lha wong kamera resolusi tinggi nanti dikompresi lagi supaya resolusinya lebih kecil upload sama downloadnya jadi lebih cepet. Kalau dipakainya untuk jalan-jalan, cari yang ukurannya kecil rentang zoom lensanya panjang. Misal, kamera dengan teknologi mirrorless. Kalau untuk profesional baru cari yang high-end.
     
  8. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalau dari saya sih lihat isi dompet dulu baru lihat-lihat tipe dan merk kamerannya :D hhehehehe
     
  9. lolPhotobooth

    lolPhotobooth New Member

    Joined:
    Nov 27, 2019
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    riset semua merk, kira2 mana yg bisa mendukung kegiatan fotografi
     
Loading...

Share This Page