Tips Memilih Layanan Web Hosting Yang Baik

Discussion in 'Web Hosting' started by Aceii, May 30, 2020.

  1. Aceii

    Aceii Member

    Joined:
    Mar 19, 2020
    Messages:
    25
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Memilih sebuah layanan web hosting yang baik sebenarnya susah – susah gampang. Anda harus memperhatikan beberapa hal ketika akan memilih layanan web hosting ini, agar Anda bisa mendapatkan layanan yang memiliki kualitas baik dengan harga yang terbaik pula.

    Berbicara layanan web hosting, bagi Anda yang mungkin baru atau belum terlalu paham tentang hal ini. Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan berbagai informasi, gambar , video dan konten dalam bentuk lainnya yang nantinya akan diakses melalui sebuah website.

    Tips Menentukan Layanan Web Hosting Yang Baik
    Karena layanan web hosting ini sangat berpengaruh sekali kepada kelangsungan hidup website Anda. Tentu saja Anda harus benar- benar memperhatikan banyak hal ketika memilih layanan web hosting. Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih web hosting.

    Jenis Hosting
    Sebelum memilih hosting ini sendiri, pastikan jenis web hosting seperti apa yang cocok untuk Anda gunakan, karena pada dasarnya terdapat beberapa jenis layanan web hosting yang tersedia, seperti :

    • Shared Hosting
    Shared Hosting adalah layanan hosting yang hanya menggunakan 1 server saja. Jenis hosting ini bisa dibilang kurang fleksibel dibandingkan jenis hosting lainnya.

    • Cloud Hosting
    Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan banyak server namun terpusat pada sistem cloud. Jadi sebenarnya file website Anda tidak hanya berada pada satu server, namun ada di beberapa server lainnya yang dihubungkan oleh internet. Cloud Hosting ini dinilai cukup unggul karena lebih powerful dan reliable. Salah satu kelebihannya juga adalah jika ada server yang bermasalah, maka file website tersebut akan dipindahkan ke server lainnya.

    • VPS (Virtual Private Server)
    VPS atau Virtual Private Server atau yang biasa disebut dengan Virtual Server atau Virtual Machine ini adalah suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Ketika memilih VPS maka diperlukan suatu kemampuan dasar manajemen dan juga maintenance server.

    • Dedicated Hosting
    Dedicated Hosting adalah layanan hosting dimana semua akses kontrol diberikan kepada user. User akan diberikan full akses kontrol sebagai root atau administrator. User akan bertanggung jawab terhadap semua maintenance, hardening, kontrol serta security.

    • Colocation Server
    Colocation Hosting ini hampi sama dengan Dedicated Hosting karena user memiliki kendali penuh terhadap server. Hosting jenis ini juga memberikan akses fisik server kepada user. User juga harus melakukan maintenance fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server dan hal teknis lainnya.

    Dari beberapa jenis hosting tadi Anda bisa memilih kira- kira jenis hosting mana yang cocok untuk digunakan. Anda bisa mempertimbangkannya dengan budget dan juga kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tersedia.

    Performa Server
    Performa server ini cukup penting untuk diperhatikan, karena nantinya akan berpengaruh kepada mudah atau tidaknya website tersebut diakses, cepat atau lambat hingga beberapa kasus yang berhubungan langsung dengan para pengunjung website.

    Beberapa parameter untuk melihat performa server diantaranya adalah :

    • Lokasi server berada
    • Teknologi server
    • Prosesor yang digunakan
    • Kapasitas RAM
    • Jenis & kapasitas penyimpanan
    • Network speed
    Dari beberapa hal tadi Anda bisa membandingkan dan menentukan performa server seperti apa yang terbaik untuk Anda pilih.

    Pelayanan Support
    Pelayanan dari Support atau Customer Service pada sebuah layanan web hosting adalah hal yang sangat sensitif ketika sedang memilih layanan hosting. Bisa saja Anda menemukan layanan hosting dengan jenis yang cocok dan performa server terbaik menurut Anda tapi pelayanan dari supportnya lambat, sudah bisa dipastikan layanan tersebut sangat tidak direkomendasikan.

    Mengapa begitu ? karena sebaik apapun kualitas dari sebuah layanan hosting, ketika pelayanan supportnya sulit atau lambat nantinya akan mempersulit Anda untuk berkomunikasi ketika terjadi satu hal yang tidak diinginkan.

    Kecepatan pelayanan support dari sebuah layanan hosting ini juga nantinya akan sangat berpengaruh kepada kredibiltas website Anda dimata pengunjung. Jadi selain kualitas, pelayanan dari layanan hosting tersebut juga harus sama – sama baiknya.

    Harga Yang Sesuai
    Ketika mencari layanan web hosting jangan mudah tergiur oleh tawaran harga yang murah. Meski ditawari layanan terbaik ditambah dengan harga yang murah, sebaiknya Anda cari tahu dulu kebenarannya. Tidak jarang apa yang ditawarkan tersebut berbeda dengan apa yang terjadi ketika Anda sudah menggunakan layanan tersebut.

    Jadi benar – benar objektiflah ketika membandingkan harga dengan kualitas layanan yang Anda dapatkan. Jangan mudah tergiur dengan harga miring, dan juga terlalu berfikir bahwa harga mahal berarti berkualitas terbaik.

    Pastikan juga layanan tersbeut memiliki garansi uang kembali. Beberapa layanan biasanya menjanjikan pengembalian dana ketika kepuasan pelanggan tidak terpenuhi. Pastikan berbagai ketentuan dan persyaratan dari garansi tersebut, agar setidaknya Anda bisa lebih menekan angka kerugian ketika sudah menggunakan layanan tersebut dan dirasa kurang cocok.

    Fitur – Fitur Tambahan
    Selain fitur utama, penyedia layanan hosting ini juga menawarkan berbagai fitur tambahan yang bisa Anda pertimbangkan. Biasanya ada banyak sekali fitur tambahan yang ditawarkan, saking banyaknya kadang membuat Anda kurang fokus melihat fitur – fitur tersebut penting atau tidak.

    Ada beberapa fitur yang bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih seperti SpamAssassin Protection, BitNinja Smart Security dan SpamExperts. Fitur proteksi dan keamanan ini bisa membantu Anda untuk mengatasi spam, malware dan berbagai ancaman lainnya.

    Anda juga bisa memperhatikan fitur – fitur yang bisa mempermudah dalam membangun atau mengubah website. Seperti Website Buikder, Softaculous, Auto Installer dan sejenisnya.

    Legal Atau Tidak Melanggar Hukum
    Pastikan juga layanan web hosting tersebut tidak terlibat atau mendukung aktivitas yang melanggar hukum. Karena saat ini banyak juga layanan web hosting yang terindikasi melakukan penyalahgunaan hosting serta spamming.

    Kurangi resiko – resiko tersebut, karena jika penyedia hosting tersebut mengalami permasalahan hukum maka website Anda juga akan ikut terkena imbasnya. Dan bisa saja karena hal tersebut website Anda akan dimatikan oleh pihak berwajib.

    Itu dia beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih layanan web hosting terbaik yang akan Anda pilih. Seperti yang dikatakan sebelumnya memilih layanan web hosting ini sebenarnya susah susah gampang.

    Jika Anda masih merasa kurang paham atau kebingungan, sebaiknya mintalah bantuan kepada orang atau pihak yang memang paham dibidang ini agar Anda tidak akan salah pilih dan mengalami kerugian kedepannya.

    Sumber : https://www.8digital.co.id/tips-memilih-layanan-web-hosting-yang-baik/
     
Loading...
Similar Threads - Tips Memilih Layanan
  1. dafi
    Replies:
    3
    Views:
    2,552
  2. bayukurniawan
    Replies:
    2
    Views:
    992

Share This Page